KODE DISKON 30% Kursus Perangkat Desa = CIPTACENDEKIA30

  • Tidak ada produk dalam keranjang.

  • LOGIN

Apa itu kisi-kisi soal? Mengapa ini penting kamu tahu?

Pasti banyak diantara kalian yang bertanya tentang apa itu kisi-kisi. Iya kan?

Bahkan, pada saat menjelang ujian, tidak jarang guru kalian memberikan kisi-kisi untuk kamu pelajari tetapi kamu masih bingung, buat apa sih kisi-kisi tersebut? Apa manfaatnya buat kamu yang ingin menghadapi ujian?

Nah, melalui tulisan ini saya akan menjelaskan pengertian kisi-kisi, fungsinya, dan manfaat kisi-kisi bagi kamu yang sedang belajar mempersiapkan diri menghadapi ujian. Sehingga harapannya, setelah kamu mempelajari semua tulisan ini, kamu akan paham bahwa ternyata memahami kisi-kisi secara benar dan tepat itu merupakan hal yang penting dan bisa jadi modal berharga bagi kamu dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Selanjutnya, yuk kita bahas apa itu kisi-kisi.

Apa itu kisi-kisi?

Untuk menjelaskan tentang kisi-kisi, saya ingin mengajak kamu mengingat kembali tentang proses pembuatan layang-layang. Pernah kan membuat layang-layang? Bahkan ada lagu khusus yang membahas tentang layang-layang kan?

kerangka layang-layang

Nah, ketika kamu membuat layang-layang, pertama kali apa sih yang kamu lakukan?

Pasti membuat kerangkanya kan?

Ya, benar.

Untuk membuat layang-layang, kita harus membuat kerangkanya dulu. Tentu saja, hal tersebut dimaksudkan agar layang-layang tersebut bisa kokoh dan bisa diterbangkan.

Lalu apa hubungannya antara kisi-kisi dengan layang-layang?

Hmmm… kalau dalam layang-layang kita mengenal kerangka, maka dalam pembuatan soal oleh guru atau si pembuat soal, kita nanti akan mengenal istilah kisi-kisi.

Jadi apa itu kisi-kisi?

Seperti halnya kerangka pada layang-layang, kisi-kisi soal merupakan kerangka dalam pembuatan soal.

Oh, seperti itu…

Iya benar. Hehehe…

Kalau lebih tepatnya, kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk  menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes.

Paham!?

Pasti tidak kan? Hehehe….

Intinya, kisi-kisi itu merupakan pedoman si pembuat soal (guru) sebelum membuat soal yang akan diujikan kepada kamu.

Nah, sekarang menjadi lebih paham kan?

Apa Fungsi dari Kisi-Kisi?

Nah, setelah kamu memahami tentang pengertian kisi-kisi, sekarang kita akan membahas fungsi kisi-kisi soal ya…

Kita bahas dari sudut pandang fungsi atau kebermanfaatannya bagi guru dulu, selanjutnya nanti kita akan bahas fungsi kisi-kisi bagi siswa.

Fungsi Kisi-Kisi bagi Guru

a. Panduan/pedoman dalam penulisan soal yang hendak disusun

Coba kamu bayangkan jika guru tidak mempunyai pedoman penulisan soal. Pasti akan bingung kan mau membuat soal seperti apa. Nah, kisi-kisi ini dimaksudkan sebagai pedoman penulisan soal bagi guru ketika hendak memberikan soal kepada siswa. Pedoman tersebut akan menjadi acuan bagi guru dalam penulisan soal sehingga akan memudahkan dalam pembuatan soal yang akan diujikan kepada kamu selanjutnya.

b. Penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.

Lagi-lagi coba mari kita bayangkan apa jadinya jika guru memberikan materi padamu tentang membuat puisi tetapi malah memberikan tugas padamu untuk berlari mengelilingi halaman sekolah. Tentu tidak nyambung kan?

Karenanya, itulah pentingnya ada kisi-kisi soal. Jika guru menggunakan kisi-kisi dalam perakitan soal, tentu soal-soal yang dibuat akan sesuai dengan tujuan tes yang sebenarnya.

Jika guru melatih kamu membuat puisi, tentu saja soal yang akan diujikan nanti harus berkaitan dengan proses dan hasil dari latihan kamu membuat puisi. Masuk akal kan?

c. Penulis soal yang berbeda akan menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, dari segi tingkat kedalamannya dan segi cakupan materi yang ditanyakan.

Pasti kamu sedikit bingung memahami kalimat di atas.

Untuk lebih mudahnya, mari kita ingat-ingat lagi saat kita belajar atau sedang diajari oleh guru.

Biasanya, guru yang baik akan menjelaskan tentang tujuan pembelajaran sebelum melanjutkan ke materi pelajaran. Coba ingat, apakah gurumu juga melakukan hal demikian?

Jika ia, mari kita ilustrasikan dengan perumpamaan berikut ini.

Misal, tujuan pembelajaran pertemuan hari ini membahas tentang : siswa dapat membuat puisi bertema pendidikan dengan tepat.

Kira-kira, jika semua guru di Indonesia membuat soal untuk mengetes kemampuan kamu dalam menguasai tujuan pembelajaran tersebut, soalnya seperti apa ya?

Apakah masing-masing guru mempunyai soal yang berbeda?

Bisa jadi berbeda, tetapi harusnya masing-masing penulis soal (guru) akan menghasilkan soal yang relatif sama.

Nah, itulah manfaat atau fungsi dari kisi-kisi soal bagi guru.

Sekarang, mari kita lihat fungsi dari kisi-kisi soal bagi siswa.

a. Memudahkan belajar

Ini jelas, karena siswa bisa lebih mudah mempunyai gambaran seperti apa soal yang kira-kira akan diujikan nanti. Tentu saja, hal tersebut akan sangat menghemat waktu, tenaga, dan pikiran dalam mempelajari setiap materi yang akan diujikan.

b. Melatih kemampuan memprediksi dengan baik

Kalau kamu paham fungsi dari kisi-kisi soal bagi guru atau penulis soal, bisa jadi kamu nanti akan mempunyai kemampuan memprediksi soal-soal yang mungkin keluar. Dan karena kamu mempunyai gambaran soal-soal yang mungkin keluar, tentu saja kamu lebih mudah mempersiapkan diri sejak dini.

Kemampuan seperti ini sangat penting ketika kamu dewasa nanti, mengapa?

Karena kemampuan memprediksi ini digunakan oleh ilmuwan, pengamat, bahkan dokter dalam mereka bekerja dalam kehidupan nyata.

Seorang ilmuwan akan memprediksi apa yang terjadi jika suatu zat x dicampur dengan zat y dengan perbandingan sekian dan sekian.

Seorang pengamat politik akan bisa memprediksi siapa yang kira-kira menjadi seorang presiden dimasa depan hanya dari melihat sosok dan pendukung masing-masing partai politik.

Dan seorang dokter mampu memprediksi kapan seorang pasien bisa sembuh hanya dari melihat gejala dan resep obat yang diberikan.

Oleh karenanya, kamu perlu menguasai kemampuan memprediksi agar kelak kamu menjadi manusia yang hebat di masa mendatang.

Setuju ya…

Dan kabar baiknya, kamu bisa berlatih dari mempelajari kisi-kisi soal yang diberikan kepadamu.

Dari semua itu, ada satu hal penting yang perlu kamu ingat. Kamu harus selalu mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam mempersiapkan masa depan.

c. Kemampuan manajemen waktu

Inilah hal yang sangat penting kamu kuasai untuk bisa menjadi orang yang hebat di masa mendatang. Yaitu kemampuan memanajemen atau mengelola waktu.

Mengapa kemampuan ini penting?

Alasan utamanya adalah karena waktu kita terbatas. Semua orang mempunyai waktu 24 jam dalam sehari, dan 7 hari dalam seminggu. Tapi mengapa ada orang yang berhasil dan ada orang yang sering mengalami ketidakberhasilan dalam hidupnya.

Salah satu faktornya adalah kemampuan manajemen waktu.

Banyak orang tidak bisa memanfaatkan waktunya dengan baik dan melakukan suatu hal yang tidak ada gunanya.

Karenanya, hal terpentingnya adalah kamu harus bisa memanfaatkan waktu belajar kamu dengan baik.

Nah, dengan mempelajari kisi-kisi, kamu bisa melatih manajemen waktu belajarmu dengan lebih baik untuk mempersiapkan diri dalam ujian. Dari sekian banyak materi yang akan diujikan dalam ujian, kamu bisa lebih bijak untuk mempelajari materi mana yang kiranya akan keluar dalam ujian.

Jadi, lebih banyak hemat waktu kan?

Oke, itu tadi sekilas dari pembahasan mengenai apa itu kisi-kisi soal ya.

Sekarang, mari kita lihat seperti apa sih contoh dari kisi-kisi soal?

Contoh kisi-kisi soal Ujian Sekolah SD

Contoh mengenai kisi-kisi soal akan saya jelaskan secara terpisah ya..

Silakan klik tombol di bawah ini untuk menuju ke kisi-kisi ujian sekolah.

Bedah Kisi-Kisi Ujian Sekolah

Semoga pembahasan tentang kisi-kisi soal tadi bisa menambah pengetahuan kamu dan terutama mampu melatih kamu dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian dengan lebih baik.

Jika kamu merasa artikel seperti ini bermanfaat, silakan share kepada temanmu melalui tombol media sosial yang kamu miliki.

Sukses selalu untuk kita bersama ya…

Salam hangat,

Wiji Hatmoko

17 Maret 2020

0 Tanggapan pada "Apa itu kisi-kisi soal? Mengapa ini penting kamu tahu?"

    Berikan Komentar Anda