Hadapi UTBK-SNBT 2024 dengan Bimbingan Intensif Ciptacendekia

Tingkatkan peluang lolos tes hingga 3x lebih besar

Isi Nomor WhatsApp Anda dan Dapatkan Diskon eksklusif!

KURSUS UTBK SNBT

Paling sering diakses untuk persiapan UTBK-SNBT

Langganan Sekarang dan Taklukkan Tes CPNS!

KURSUS UTBK SNBT

Bimbingan Belajar Online Interaktif

Paket Lengkap Belajar Online untuk Persiapan UTBK-SNBT

Rp298.000/bulan

50%

Rp149.000

/bulan

Try Out UTBK SNBT

Try Out UTBK-SNBT dengan Sistem CAT

Belajar langsung dengan soal-soal, kunci jawaban, dan pembahasan yang dapat diakses secara online.

Rp174.00/bulan

50%

Rp87.000

/bulan

Simulasi Tes Perangkat Desa dengan Sistem CAT

Kursus Privat UTBK-SNBT 2024

Belajar lebih intensif dengan tatap maya secara langsung.

Lebih dari 24 pertemuan tatap maya via zoom.

50%

Rp25.000.000

/paket

Dapatkan amunisi belajar intensif langsung dari tutor berpengalaman

Temukan amunisi persiapan UTBK-SNBT paling lengkap mulai dari fitur strategi belajar, belajar materi, latihan soal, hingga tes dan evaluasi.

Strategi Dasar

kurikulum kursus utbk snbt

Try Out

Try Out UTBK SNBT via Handphone

Belajar Materi

Latihan Soal

latihan soal snbt

Siapkan Diri Anda dengan Latihan Soal Sesuai Kisi-Kisi Tes UTBK-SNBT 2024

Tersedia 7 tipe subtes (4 Tes Potensi Skolastik & 3 Tes Literasi) dengan beragam format soal

Materi TPS UTBK SNBT

Tes Potensi Skolastik

Tes Literasi

Kata Mereka yang Berhasil Lolos di Bimbel CiptaCendekia

Pilih Cara Belajar yang Cocok untuk Persiapan UTBK-SNBT 2024

Materi belajar UTBK-SNBT paling lengkap di ciptacendekia!

Simulasi Tryout UTBK-SNBT dengan sistem CAT

Try Out UTBK SNBT

Belajar Persiapan tes UTBK_SNBT dengan Pengajar Privat

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar UTBK-SNBT

#1. Apa yang dimaksud dengan tes UTBK-SNBT?

UTBK-SNBT adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri berbasis tes yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

Perbedaan UTBK-SNBT dengan SBMPTN terletak pada materi ujian dan mekanisme pelaksanaan. Pada SBMPTN sebelumnya, materi yang diujikan terdiri dari TKA, TPS, dan Bahasa Inggris. Sedangkan pada UTBK-SNBT, materi yang diujikan berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi.

Kemendikbud Ristek sudah resmi mengganti nama SBMPTN menjadi UTBK-SNBT mulai tahun 2024. Perbedaan terbesar dari SNBT dibandingkan dengan UTBK tahun sebelumnya adalah jenis tes yang diujikan. Ada dua jenis tipe tes yang akan diujikan pada UTBK-SNBT 2024, yaitu TPS dan Tes Skolastik.

Tes Skolastik adalah alat untuk mengukur kemampuan penalaran dan pemecahan masalah calon mahasiswa. Ada empat materi yang akan diujikan, yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi Bahasa Indonesia, dan literasi Bahasa Inggris. Tes Skolastik dianggap penting untuk mengukur kemampuan kognitif untuk keberhasilan calon mahasiswa menyelesaikan studinya di perguruan tinggi.

Mata pelajaran yang diujikan di UTBK setiap tahunnya tidak sama. Pada tahun 2022 lalu, UTBK terdiri dari tiga subtes, yaitu TPS, TKA, dan Bahasa Inggris. Sementara itu, untuk tahun 2024 terdapat perubahan. Materi yang diujikan pada UTBK-SNBT 2024  yaitu TPS dan Tes Literasi.

Pada UTBK-SNBT 2024,  materi ujian yang diberikan adalah TPS dan Tes Literasi. Berikut detailnya untuk tiap subtes:

  • 1. Tes Potensi Skolastik (TPS)
    • a. Kemampuan Penalaran Umum
    • b. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
    • c. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis
    • d. Pengetahuan Kuantitatif
  • 2. Tes Literasi
    • a. Literasi Bahasa Indonesia
    • b. Literasi Bahasa Inggris
    • c. Penalaran Matematika

Untuk dapat mengikuti kursus ini, silakan melalui tahap berikut ini:

  • 1. Kunjungi link berikut ini: https://ciptacendekia.com/kursus/kursus-cpns-persiapan-lolos-tes-cpns/
  • 2. Klik Tombol “MENDAFTAR KURSUS SEKARANG
  • 3. Anda akan dialihkan ke halaman checkout
  • 4. Mengisi data diri pada proses Checkout (Pembayaran) dan metode pembayaran yang menurut Anda paling mudah
  • 5. Mengeklik tombol LANJUKAN KE PEMBAYARAN untuk memperoleh ID Pesanan
  • 6. Melakukan transfer dana sesuai dengan ID Pesanan
  • 7. Melakukan konfirmasi pembayaran melalui WhatsApp atau SMS pada nomor yang tertera pada detail pesanan. (Catatan: Khusus Metode Pembayaran Alfamart, Indomaret, dan Virtual Account maka Anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena sistem akan langsung mendeteksi detail pesanan Anda. Sehingga Anda bisa langsung segera memulai kursus setelah pembayaran diverifikasi oleh sistem.)
  • 8. Tim kami memeriksa transaksi di rekening. Lalu memproses pesanan Anda telah sukses.
  • 9. Kunjungi kembali halaman ini. Tombol Ikuti Kursus ini akan berubah menjadi “Mulai Kursus”. Klik Tombol “MULAI KURSUS“. Kursus siap dimulai!

Ini adalah pertanyaan paling umum yang sering ditanyakan kepada kami. 

Jawab: Sistem belajar Kursus UTBK-SNBT maupun Try Out UTBK ini adalah Online. Semua materi yang Anda perlukan untuk mengikuti serangkatian UTBK sudah kami sediakan di dalam kursus CPNS ini. 

Jadi, diperlukan jaringan internet untuk mengakses materi, video, dan latihan soal yang sudah tersedia di dalam kursus ini. Anda dapat menggunakan laptop atau handphone Anda untuk mengakses keseluruhan materi dan kuis yang tersedia.

Jawab: Anda dapat mengulang semua kuis yang kami sediakan sebanyak 9999 kali.

Penjelasan detail: Masing-masing kuis dapat diulang berulang kali dengan tujuan agar peserta menguasai keseluruhan materi di dalam kuis tersebut. 

Kami juga sediakan try out yang dapat diakses oleh peserta kursus, dimana setiap kali peserta melakukan pengulangan try out, maka sistem akan mengacak soal secara acak berdasarkan indikator yang telah ditentukan sesuai dengan kisi-kisi ujian UTBK. Hal tersebut berarti soal yang ditampilkan di dalam try out adalah soal yang berbeda dari soal try out sebelumnya. Anda lebih menjadi lebih siap menghadapi UTBK melalui latihan soal UTBK yang kami sediakan.

Selain melalui media internet, peserta kursus juga bisa belajar dengan memanfaatkan grup diskusi di Grup WhatsApp yang telah kami sediakan untuk masing-masing peserta kursus. Anda juga dapat saling diskusi dengan peserta yg telah lolos tes seleksi CPNS Insya Allah, dengan senang hati para peserta yang telah lolos akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri dalam tes yang akan Anda ikuti.

Jawab: Tidak.

Waktu belajar kursus ditentukan sendiri oleh peserta. Tersedia materi dan ribuan latihan soal yang bisa diakses melalui Browser yang terhubung internet untuk mengakses kursus ini. Jadi, Anda dapat belajar dari mana saja dan kapan saja tanpa terikat tempat dan waktu. Bahkan bisa diakses dari genggaman Anda.

Jawab: Bisa. Anda bisa memperpanjang kursus dengan cara membuat pesanan ulang lalu melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang tertera pada ID pesanan. 

Panduan selengkapnya tentang tatacara perpanjangan masa aktif kursus ada di link berikut: https://support.ciptacendekia.com/kursus-saya-telah-kedaluwarsa

Jawab: Tidak. Ketika Anda melakukan perpanjangan langganan, maka progress belajar Anda tetap akan tersimpan pada sistem serta Anda dapat melanjutkan materi yang belum selesai.

Panduan selengkapnya tentang tatacara perpanjangan masa aktif kursus ada di link berikut: https://support.ciptacendekia.com/kursus-saya-telah-kedaluwarsa

Jawab: Ada.

Untuk mempermudah Anda dalam mengakses materi dan latihan soal, silakan gunakan juga aplikasi yang telah kami rilis di playstore melalui link di bawah ini:

https://play.google.com/store/apps/details?id=ciptacendekia.twa

Jawab: Beberapa materi mungkin bisa dilihat secara gratis. Tetapi semua latihan soal hanya kami khususkan untuk peserta kursus. Dengan maksud agar soal tidak banyak tersebar keluar dan peluang peserta kursus untuk bisa lolos tes juga semakin besar.

Anda bisa melihat semua daftar materi dan latihan soal di bagian Konten Kursus yang terletak di bagian bawah deskripsi kursus ini.

Note : Materi yang ditampilkan di dalam kurikulum kursus ini adalah materi yang terakhir kami simpan saat memperbarui kursus. 

Jawab: Hal ini tergantung metode pembayaran apa yang Anda pilih.

Jika Anda memilih metode pembayaran menggunakan virtual account (Briva, Mandiri virtual account, BCA Virtual Account, dll) serta pembayaran melalui alfamart, indomaret,OVO, QRIS, Dana, atau Shopee Pay maka Anda akan segera dapat mengakses kursusnya setelah menyelesaikan pembayaran. Notifikasi cara mengakses kursus akan dikirim via WA dan email secara otomatis setelah pembayaran terkonfirmasi otomatis oleh sistem.

Jika Anda memilih metode pembayaran menggunakan Transfer Bank, maka Anda perlu melakukan konfirmasi pembayaran kepada kami melalui link WA atau link yang tertera saat proses checkout. Anda perlu menunggu maksimal 1 x 24 jam (paling cepat 5 menit, biasanya sekitar 5 menit hingga 1 jam). Kami akan memproses status pesanan Anda secara manual sehingga Anda bisa langsung mengakses kursus onlinenya.

Jawab: Metode pembayaran kami bagi menjadi 2 yaitu yang memerlukan konfirmasi manual dan konfirmasi otomatis.

a. Konfirmasi Manual: Metode pembayaran transfer bank

b. Konfirmasi Otomatis

  • BRI Virtual Account (Briva)
  • BNI Virtual Account (BNI VA)
  • BCA Virtual Account (BCA VA)
  • Mandiri Virtual Account (Mandiri VA)
  • Permata Virtual Account (Permata VA)
  • BSI Virtual Account (BSI VA)
  • Danamon Virtual Account (Danamon VA)
  • QRIS (Dana, Shopeepay)
  • OVO
  • Alfamart
  • Indomaret
  • Dana
  • Shopeepay

Dari berbagai metode pembayaran di atas, kecuali shopeepay dan QRIS, batas waktu pembayarannya adalah 1 x 24 jam.

Halo Kak selamat datang! Bila ada yang mau ditanyakan bisa langsung hubungi kami ya..

Kursus Perangkat Desa