ciptacendekia
Search

Soal Penalaran Umum

Mengungkap Rahasia Sukses dalam Menghadapi Soal Penalaran Umum di UTBK SNBT

Apakah Anda seorang siswa SMA yang bercita-cita tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri? Jika ya, maka Anda mungkin sudah familiar dengan UTBK SNBT, jalur seleksi masuk yang menjadi gerbang menuju perguruan tinggi impian Anda. Dalam perjalanan menuju kesuksesan tersebut, salah satu tantangan terbesar yang perlu dihadapi adalah menguasai materi penalaran umum. Artikel ini akan membawa Anda melalui langkah-langkah esensial untuk mengatasi soal penalaran umum dengan percaya diri dalam UTBK SNBT.

Apa itu Penalaran Umum?

Penalaran umum merupakan kemampuan untuk mengenali pola-pola logis, membuat kesimpulan yang tepat berdasarkan informasi yang diberikan, serta mampu menyelesaikan masalah-masalah yang membutuhkan pemikiran kritis.

Dalam ujian UTBK SNBT, penalaran umum menjadi salah satu komponen penting yang diuji. Kemampuan ini tidak hanya berguna dalam ujian, tetapi juga akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam menghadapi berbagai masalah dan mengambil keputusan yang tepat.

Strategi Menghadapi Soal Penalaran Umum

Ada beberapa strategi yang dapat kami rekomendasikan untuk Anda agar bisa mengerjakan soal penalaran umum dengan mudah. Diantaranya:

  1. Pahami Konsep Dasar: Mulailah dengan memahami konsep-konsep dasar dalam penalaran umum seperti logika proposisional, penalaran deduktif, induktif, dan analogi.
  2. Latihan Intensif: Lakukan latihan soal-soal penalaran umum secara intensif. Hal ini membantu Anda untuk mengenali pola-pola yang sering muncul dalam soal tersebut.
  3. Analisis Soal: Setiap kali Anda menyelesaikan sebuah soal, lakukanlah analisis terhadap strategi yang Anda gunakan. Apakah ada cara yang lebih efisien untuk menyelesaikan soal tersebut?
  4. Memanfaatkan Sumber Belajar: Gunakan berbagai sumber belajar seperti buku-buku, video pembelajaran, dan aplikasi latihan soal untuk memperdalam pemahaman Anda terhadap materi penalaran umum.

Teknik-Teknik Penyelesaian Soal

Selain strategi, ada beberapa teknik praktis yang dapat Anda terapkan dalam mengerjakan soal penalaran umum. Antara lain:

  1. Membuat Diagram atau Skema: Kadang-kadang, membuat diagram atau skema dapat membantu Anda memvisualisasikan hubungan antara informasi yang diberikan dalam soal.
  2. Pola Pola Logis: Pelajari pola-pola logis yang sering muncul dalam soal penalaran umum seperti hubungan antara premis dan kesimpulan, serta pola analogi.
  3. Eliminasi Jawaban: Jika Anda ragu dengan jawaban yang tepat, gunakan teknik eliminasi untuk mengurangi pilihan jawaban yang tidak mungkin benar.
  4. Menggunakan Contoh Konkrit: Ketika diperlukan, gunakan contoh konkrit untuk menguji validitas dari sebuah kesimpulan.

Latihan Soal Penalaran Umum

Anda telah mengetahui strategi dan teknik dalam penyelesaian soal Penalaran Umum. Kini saatnya Anda melakukan uji coba untuk mengetes sejauh mana Anda memahami materi Penalaran Umum.

Petunjuk pengerjaan:

  1. Bacalah dengan cermat setiap soal yang ditampilkan di dalam kuis di bawah ini!
  2. Pilih jawaban yang menurut Anda paling benar.
  3. Kerjakan semua soal dalam batas waktu yang telah kami tetapkan.
  4. Untuk mengetahui skor perolehan, pastikan Anda memasukkan nama dan email yang valid di akhir sesi.
  5. Skor akan tampil jika Anda menyelesaikan seluruh soal dan mengisi data nama serta email
  6. Jika skor perolehan Anda belum maksimal, silakan ulangi kembali mengerjakan kuis ini dengan cara merefresh halaman ini.

Ini adalah kuis dengan batasan waktu. Anda akan diberikan waktu 2400 detik untuk menjawab semua pertanyaan yang tersedia. Apakah Anda siap?

2400

Film Avatar: The Way of Water atau Avatar 2 besutan sutradara kawakan James Cameron berhasil menjadi film tercepat yang meraih 1 miliar dolar AS pada 2022 secara global setelah perilisannya di bioskop-bioskop seluruh dunia. Hanya dalam waktu dua minggu atau 14 hari, film ini berhasil melewati pencapaian yang didambakan setiap film ketika masuk ke box office, dikutip dari ANTARA. Secara keseluruhan, hanya ada tiga film di 2022 yang bisa melampaui pendapatan dengan angka miliaran dolar. Selain Avatar: The Way of Water, dua film lainnya adalah Top Gun: Maverick (butuh 31 hari untuk melewati 1 miliar dolar AS) dan Jurassic World Dominion (butuh waktu empat bulan untuk mencapai lebih dari 1 miliar dolar AS). Avatar 2 adalah film tercepat mencapai target 1 miliar dolar AS di 2022, menyusul pencapaian film Spider-Man: No Way Home di 2021 yang menghasilkan 1 miliar dolar AS dalam waktu 12 hari sejak dirilis pertama kali.
Sumber: jawapos.com/

Pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah ….

Benar! Salah!

Berdasarkan grafik tersebut, pada tahun berapakah persentase prevalensi stunting balita mengalami penurunan yang paling sedikit?

Benar! Salah!

Di sebuah toko buah, harga 2 kg jeruk dan 2 kg apel adalah Rp128.000,00. Harga 1 kg jeruk, 2 kg mangga, dan 1 kg apel adalah Rp93.000,00. Jika harga 1 kg jeruk lebih tinggi dari Rp30.000,00, pernyataan yang paling tepat terkait dengan harga satuan buah-buahan di toko tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Sejak teknologi pangan hadir, hasil panen dapat diolah menjadi berbagai aneka bahan pangan yang bermanfaat. Misalnya, seperti hasil panen bawang yang jumlahnya berlimpah, maka sisa bahan pangan tersebut dapat diolah menjadi bawang goreng siap saji. Selain itu, hasil panen tomat yang melimpah juga dapat diolah menjadi saus kemasan. Dengan begitu, sisa bahan pangan yang tidak terjual dapat tetap dijual meskipun dalam bentuk yang berbeda.
Sumber: kumparan.com/berita-update/5-manfaat-dari-teknologi-pangan-untuk-masyarakat-dan-penjelasannya-1wGsxbNO3ue/full

Simpulan yang tepat berdasarkan paragraf di atas adalah ….

Benar! Salah!

Berikut ini adalah hasil survei dampak Covid-19 terhadap perilaku usaha yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik pada 12-23 Oktober 2020 terhadap 35.992 responden.

Berdasarkan grafik di atas, dapat dikatakan bahwa ….

Benar! Salah!

Semenjak pandemi Covid-19 melanda dunia, kinerja ekonomi Bali, yang notabene bergantung pada peristiwa, terus memburuk. Bersama dengan hilangnya wisatawan, Bali kehilangan sumber devisa serta pemasukan daerah dari pajak hotel dan pajak restoran yang jumlahnya mencapai hampir Rp5 triliun setiap tahunnya. Dari sisi tenaga kerja, jumlah pegawai yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhitung mulai tahun 2019 telah mencapai 3.300 orang, sedangkan jumlah pegawai yang dirumahkan mencapai 79.000 orang.
Sumber: kemenlu.go.id

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

Benar! Salah!

Semua siswa datang tepat waktu ke sekolah.
Sebagian siswa naik sepeda motor.

Manakah kesimpulan yang paling tepat?

Benar! Salah!

Harimau sumatra merupakan salah satu hewan endemik yang dijadikan target pemburuan dan perdagangan ilegal oleh banyak orang. Ada juga yang mengincar kulit harimau untuk dijual ke pengrajin kulit. Selain itu, harimau tersebut tinggal di habitat yang rusak dan menyempit karena adanya penebangan hutan. Spesies mangsanya pun berkurang sehingga makanan tidak tersedia dengan cukup.

Manakah kesimpulan yang paling didukung oleh paragraf tersebut?

Benar! Salah!

Perhatikan premis-premis berikut!

Rio malas bekerja atau ia bisa menabung.
Jika Rio bisa menabung maka ia bisa berlibur ke luar negeri.

Kesimpulan dari kedua premis tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Renang merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah kesehatan mental. Renang terbukti mampu memperbaiki suasana hati serta menurunkan risiko stres dan depresi. Karena ketika berenang, tubuh akan melepaskan endorfin, senyawa alami di dalam otak yang bisa memunculkan perasaan bahagia. Zat endorfin akan mengatasi rasa sedih, menghilangkan stres, dan meningkatkan perasaan senang.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang pasti benar?

Benar! Salah!

Premis 1 : Ari tidak berlatih basket atau dia mengerjakan tugas matematikanya.
Premis 2 : Ari tidak mengerjakan tugas matematikanya.

Berdasarkan kedua premis tersebut, simpulan yang tepat adalah ….

Benar! Salah!

Semua pengendara sepeda motor di Jalan Z memakai helm. Sebagian pengendara sepeda motor yang memakai helm, memakai jaket.
Sebagian pengendara motor yang memakai jaket, tidak memakai sarung tangan.

Simpulan dari pernyataan-pernyataan tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Amatilah barisan huruf berikut ini!

M, D, E, P, F, G, S, H, I, V, J, …, ….

Huruf yang tepat untuk melengkapi barisan tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Saat orang tua Ali menikah, ayah Ali telah memiliki satu orang anak dan ibu Ali telah memiliki dua orang anak.
Satu seperempat tahun setelah pernikahannya, Ali lahir dan sekarang ia menjadi enam bersaudara.

Pernyataan yang benar adalah ….

Benar! Salah!

Pola belajar siswa tidak teratur atau siswa mudah memahami materi.
Jika siswa tidak fokus, maka mereka tidak lulus ujian.
Jika siswa mudah memahami materi, maka mereka lulus ujian.

Kesimpulan yang tepat adalah ….

Benar! Salah!

Penyebab stunting menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ada dua, yakni faktor lingkungan dan genetik. Lingkungan adalah aspek penting yang masih dapat diintervensi sehingga perawakan pendek atau stunting dapat diatasi. Faktor lingkungan yang berperan dalam menyebabkan perawakan pendek antara lain status gizi ibu, pola pemberian makan kepada anak, kebersihan lingkungan, dan angka kejadian infeksi pada anak. Selain disebabkan oleh lingkungan, stunting dapat disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal. Namun sebagian besar stunting disebabkan oleh kekurangan gizi.
Sumber: djkn.kemenkeu.go.id

Berdasarkan paragraf tersebut, manakah yang paling mungkin menjadi usaha untuk mencegah stunting?

Benar! Salah!

Memaksakan kehendak anak menjadi seperti yang diinginkan orang tua bagaikan memaksakan ikan untuk berjalan di atas tanah kering. Habitat ikan adalah di dalam air dan tidak akan bisa dipaksa berjalan di atas tanah kering. Begitu juga dengan mendidik anak menjadi seperti keinginan orang tua karena sesuatu yang dipaksa pasti tidak baik. Setiap anak memiliki potensi masing-masing. Orang tua harus bisa mengenali potensi anaknya dan membantu mengembangkannya.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Banyak orang menggunakan obat herbal sebagai obat tambahan dari obat kimia yang rutin digunakan. Penggunaan bersama ini harus dilakukan dengan hati-hati karena kedua obat tersebut dapat saling berinteraksi. Interaksi ini dapat menimbulkan efek yang menguntungkan ataupun merugikan. Mengingat penggunaan obat herbal ternyata juga berisiko timbul efek yang diinginkan, oleh karenya sebelum menggunakan obat herbal sebaiknya pasien berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter yang merawat.
Sumber: rs.ui.ac.id/umum/berita-artikel/artikel-populer/obat-herbal-benarkah-tanpa-efek-samping

Berdasarkan informasi dari paragraf tersebut, pernyataan yang pasti salah adalah ….

Benar! Salah!

Diketahui perbandingan tepung dan telur untuk membuat kue A adalah 7 : 5. Jika untuk membuat kue A sebanyak 8 toples dibutuhkan satu kilogram telur maka banyaknya tepung yang dibutuhkan untuk membuat 36 toples kue A adalah ….

Benar! Salah!

Pernyataan X: "Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap pengangguran di Indonesia pada Agustus 2022 sudah ada perbaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya."
Pernyataan Y: "Banyak pekerja yang menganggur di Indonesia seiring dengan adanya pandemi Covid-19 hingga Agustus 2022."
Data Badan Pusat Statistik menunjukkan adanya penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2022 sebesar 0,63% dibandingkan Agustus 2021.

Pernyataan yang paling tepat mengenai data tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Data tersebut menunjukkan adanya penurunan pengangguran pada Agustus 2022 dibandingkan Agustus 2021 yang artinya sudah ada perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Jadi, data tersebut memperkuat pernyataan X.

Soal Penalaran Umum
Luar biasa!

Terima kasih. Kamu memang hebat. Mau soal-soal Penalaran Umum yang lebih banyak dan disertai dengan jawaban dan pembahasan? Kunjungi https://ciptacendekia.com/kursus/lolos-utbk-snbt/
Maaf, silakan coba lagi!

Maaf, sepertinya kamu perlu mengulang kembali mengerjakan kuis ini. Mau latihan soal seperti ini lebih lengkap disertai dengan jawaban dan pembahasannya? Kunjungi https://ciptacendekia.com/kursus/lolos-utbk-snbt/

Bagikan hasil perolehan Anda:

Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan latihan soal berkualitas lainnya

Pada akhirnya, kesuksesan dalam menghadapi soal penalaran umum di UTBK SNBT bergantung pada dedikasi dan kerja keras Anda. Tetapi ingatlah bahwa setiap langkah kecil yang Anda ambil dalam mempersiapkan diri akan membawa Anda lebih dekat menuju impian Anda untuk berhasil masuk ke perguruan tinggi yang Anda inginkan.

Saatnya Beraksi untuk Kesuksesan Anda di Masa Mendatang

  1. Mulailah persiapan Anda sekarang juga. Jangan menunda-nunda untuk belajar materi penalaran umum.
  2. Temukan sumber belajar yang cocok untuk Anda dan jadwalkan waktu belajar secara teratur. Salah satu sumber belajar yang kami rekomendasikan dan berisi latihan soal lengkap adalah ini: https://ciptacendekia.com/kursus/lolos-utbk-snbt/
  3. Bergabunglah dengan kelompok belajar atau kelas bimbingan jika diperlukan untuk mendapatkan bantuan tambahan. Kami menyediakan ecourse untuk kebutuhan belajar Anda di sini: https://ciptacendekia.com/kursus/lolos-utbk-snbt/
  4. Tetaplah percaya diri dan jangan menyerah meskipun menghadapi kesulitan. Setiap tantangan adalah kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Dengan memahami konsep dasar, menerapkan strategi yang efektif, dan berlatih secara konsisten, Anda akan menjadi lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi soal penalaran umum di UTBK SNBT. Ingatlah bahwa kesuksesan tidak tercapai dalam semalam, tetapi dengan tekad dan usaha yang konsisten, Anda pasti akan mencapainya. Selamat belajar, dan semoga sukses!

Banner Belajar UTBK SNBT

0 Tanggapan pada "Soal Penalaran Umum"

Berikan Komentar Anda

Halo Kak selamat datang! Bila ada yang mau ditanyakan bisa langsung hubungi kami ya..

Kursus Perangkat Desa