ciptacendekia
Search

Soal Penalaran Matematika

Soal Penalaran Matematika – Apakah Anda adalah salah satu siswa yang bercita-cita kuliah di Perguruan Tinggi Negeri? Jika iya, maka langkah Anda masuk ke situs ini sudah tepat!

Untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, Anda perlu mengikuti berbagai prosedur yang telah ditetapkan. Salah satu jalur masuk yang bisa Anda ikuti adalah melalui tes SNBT.

Seperti yang kami kutip melalui situs resmi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan judul “Seleksi Nasional Berbasis Tes 2024“, bahwa SNBT merupakan sebuah seleksi masuk ke perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil ujian tertulis berbasis komputer.

Adapun tes tersebut dapat ditambahkan dengan berbagai kriteria tertentu sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi Negeri masing-masing. Adapun siswa yang dapat mengikutinya adalah siswa yang lulus pada tahun yang sama, atau siswa yang lulus SMA, SMK, MA dan sederajat maksimal 3 tahun yang lalu.

Selain itu, maksimal umur yang bisa mengikutinya adalah 25 tahun. Berdasarkan pada peraturan terbaru tentang seleksi masuk perguruan tinggi, ada 7 materi yang akan digunakan dalam ujian SNBT.

Anda bisa melihat di situs resmi SNPMB ini. Lantas, Apa saja materi tes UTBK SNBT?

  1. Penalaran Umum
  2. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  3. Pemahaman Bacaan dan Menulis
  4. Pengetahuan Kuantitatif
  5. Literasi dalam Bahasa Indonesia
  6. Literasi dalam Bahasa Inggris
  7. Penalaran Matematika

Anda perlu mempersiapkan diri untuk belajar materi-materi di atas. Sebab, pola-pola dan soal yang menjadi ujian SNBT sangatlah beragam. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan dengan baik.

Apa Itu Penalaran Matematika?

Salah satu materi yang akan dijadikan bahan ujian adalah penalaran matematika. Tes penalaran matematika adalah sebuah tes yang menguji kemampuan pengetahuan matematika yang didalamnya termasuk perhitungan-perhitungannya.

Berdasarkan dokumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kemendikbudristek pada tahun 2022 mengenai numerasi, penalaran matematika didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk melakukan penalaran secara matematis yang ditunjukkan dengan kemampuan dalam merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan permasalahan atau informasi yang melibatkan aspek kuantitatif.

Ada beberapa elemen pendukung proses yang melibatkan literasi matematika, antara lain:

  1. Prosedur
  2. Fakta
  3. Alat

Elemen-elemen di atas dipakai untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan memprediksi fenomena di dalam kehidupan sehari-hari. Individu yang memiliki penalaran matematika cenderung akan mampu membuta keputusan yang tepat berdasarkan pada penalaran yang sistematis, analitis, dan logis.

Bagaimana Strategi Menghadapi Soal Penalaran Matematika?

Agar dapat menghadapi ujian seleksi UTBK SNBT, Anda perlu menggunakan beberapa strategi yang bisa diterapkan.

Anda bisa mencoba menerapkannya agar lebih mempermudah dalam persiapan ujian yang akan dihadapi.

Di bawah ini adalah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan dalam metode belajar!

  1. Mulai Memahami Konsep Dasar Materi: Anda bisa memulai dengan cara memahami terlebih dahulu konsep dasar yang terdapat di dalam subtes soal penalaran matematika. Adapun materi yang perlu Anda pahami yaitu bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian, serta materi lain-lain. (Untuk informasi lebih lengkap sudah kami sediakan di dalam materi kursus).
  2. Mengerjakan Soal Latihan dengan Konsisten: Apabila Anda sering berlatih soal, maka Anda akan memiliki berbagai referensi soal. Sehingga dapat menjadi bekal Anda agar lebih siap dalam menghadapi ujian.
  3. Analisis Soal: Anda bisa menganalisis soal beserta jawabannya setelah mencoba menjawabnya. Strategi ini cukup bagus dan efektif untuk mengetahui soal dengan “tipe tertentu” dan mencari trik yang bisa digunakan dengan praktis.
  4. Memaksimalkan Sumber Belajar: Dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda bisa memperoleh berbagai sumber belajar dengan sangat mudah. Anda bisa membeli buku, melihat video, atau mengikuti kursus online yang kami sarankan ini.

Teknik Penyelesaian Soal

Selanjutnya mari kita lihat langkah yang bisa Anda ikuti agar dapat menyelesaikan soal-soal tes penalaran matematika.

  1. Mulai Memahami Konteks serta Tujuan Soal
    • Bacalah soal dengan baik dan perhatikan konteksnya. Apakah itu soal membaca, menulis, mendengarkan, menghitung atau berbicara?
    • Selanjutnya, Anda bisa menentukan tujuan dari soal tersebut. Misalnya, soal tersebut apakah untuk menentukan bilangan, pengukuran, geometri, data, atau aljabar.
  2. Baca Bahan dengan Teliti
    • Jika soal terkait dengan perhitungan, baca teks dengan teliti. Perlu juga Anda perhatikan detail-detail penting seperti karakter, angka, serta pesan yang disampaikan dalam bacaan.
    • Apabila memungkinkan, gunakan salah satu metode metode scanning (mencari informasi secara spesifik) serta skimming (membaca dengan cepat untuk mendapatkan gambaran secara umum) agar membantu pemahaman Anda.
  3. Mengidentifikasi setiap Pertanyaan
    • Pahami setiap jenis pertanyaan yang sering muncul. Seperti pertanyaan mengenai operasi hitung, luas, volume, peluang dan lain-lain.
    • Perhatikan kata kunci yang muncul dalam soal. Sehingga dapat membantu dalam menemukan jawaban dengan efektif.
  4. Gunakan Konteks Pertanyaan
    • Apabila pertanyaan yang muncul tersebut meminta jawaban berdasarkan teks, pastikan untuk kembali ke teks dan mencari jawaban yang sesuai dengan konteks yang diberikan. Apabila menggunakan rumus, tentu Anda harus menggunakan rumus tertentu sesuai dengan materi soal dan urutan mengerjakannya.
    • Hindari menjawab berdasarkan asumsi pribadi jika tidak didukung oleh teks. Terlebih lagi mengenai soal hitungan dan angka. Ini sangatlah fatal. Anda perlu menerapkan rumus yang telah menjadi dasar pengerjaan soalnya.
  5. Koreksi Jawaban Anda
    • Luangkan waktu yang tersisa untuk memeriksa kembali jawaban Anda. Sekaligus untuk mengkoreksi jawaban yang mungkin masih Anda ragukan.
    • Pastikan jawaban Anda logis, sesuai dengan konteks serta tidak bertentangan dengan informasi yang disampaikan dalam teks.
  6. Latihan secara Teratur
    • Berlatih soal dengan teratur. Tahap ini dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan membaca, pemahaman, dan analisis yang diperlukan untuk menjawab soal secara tepat.

Dengan mengikuti berbagai langkah di atas dan berlatih keterampilan Anda secara teratur, maka diharapkan Anda akan semakin paham dalam menyelesaikan soal penalaran matematika.

Praktik Langsung Mengerjakan Soal Latihan Penalaran Matematika

Sebagai tahapan awal Anda dalam persiapan mengikuti tes UTBK SNBT masuk universitas favorit, Anda bisa mulai mengerjakan kuis di bawah ini.

Praktik latihan soal di bawah ini, Anda bisa juga menerapkan strategi dan trik mengerjakan soal pada informasi sebelumnya.

Petunjuk mengerjakan soal:

  1. Baca setiap pertanyaan di dalam kuis ini secara teliti!
  2. Pilih jawaban paling tepat.
  3. Latihan soal ini dibuat dengan durasi tertentu. Bertujuan untuk melatih Anda dalam mengatur waktu pengerjaan soal.
  4. Pastikan Anda telah memasukkan nama serta email yang valid di akhir sesi untuk bisa mengetahui perolehan skor kuis yang telah dikerjakan.
  5. Setelah Anda memasukkan data, nilai atau skor secara otomatis akan tampil.
  6. Apabila nilai yang diperoleh terasa belum maksimal, Anda bisa mengerjakan kembali kuisnya. Caranya cukup dengan merefresh halaman.

Ini adalah kuis dengan batasan waktu. Anda akan diberikan waktu 3600 detik untuk menjawab semua pertanyaan yang tersedia. Apakah Anda siap?

3600

Setiap sales dealer Yamanda memiliki sepeda motor.
Setiap sales yang memiliki sepeda motor mengerti tentang cara pemasaran produk.
Sinta adalah sales dealer Yamananda.
Kesimpulannya ....

Benar! Salah!

Kesimpulan yang tepat adalah Sinta mengerti tentang cara pemasaran produk.

Sebuah bak mandi berbentuk balok dengan ukuran panjang 1 m, lebar 80 cm, dan tinggi 75 cm dalam keadaan kosong. Bak mandi tersebut akan diisi air yang mengalir melalui sebuah keran dengan debit aliran airnya 4 liter/menit.
Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak mandi tersebut sampai penuh adalah ….

Benar! Salah!

Volume bak mandi yang berbentuk balok = panjang x lebar x tinggi = 1 m x 80 cm x 75 cm = 10 dm x 8 dm x 7,5 dm = 600 dm3 = 600 liter Dengan debit aliran air dari keran 4 liter/menit, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak mandi tersebut sampai penuh adalah: volume/debit = (600 liter)/(4 liter/menit) = 150 menit = 2 jam 30 menit

Semua guru berangkat ke sekolah pada pagi hari dan pulang pada petang hari. Sebagian orang lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) berprofesi sebagai guru. Intan adalah lulusan FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. Intan berangkat kerja di pagi hari dan pulang pada petang hari.

Benar! Salah!

Semua guru berangkat ke sekolah pada pagi hari dan pulang pada petang hari. Hal ini tiadk berarti bahwa semua yang berangkat kerja pagi dan pulang petang hari adalah guru. Sebagian orang lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) berprofesi sebagai guru. Meskipun Intan adalah lulusan FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak dan berangkat kerja di pagi hari dan pulang pada petang hari, dia belum tentu seorang guru. Tetapi tidak bisa dipastikan juga bahwa dia bukan seorang guru. Jadi, tidak dapat ditarik kesimpulan.

Perhatikan gambar di atas!
Nilai yang sesuai untuk menggantikan Y pada gambar kedua adalah ….

Benar! Salah!

Perhatikan susunan angka pada gambar A, kemudian susunan dengan melihat polanya yang merupakan bilangan bulat genap berurutan, yaitu: 8, 10, 12, 14, dan 16 sehingga pola yang berlaku pada gambar 8 adalah 22, 24, 26, 28, dan 30. Hanya saja, 30 tidak disediakan dalam pilihan. Artinya, pola yang dimaksudkan dalam susunan angka tersebut adalah pola yang lain. Pola yang lain: Pada gambar A → 8 + 10 + 12 - 14 = 16 Sehingga pada gambar B → 22 + 24 26 - 28 = 44

Semua siswa yang suka fisika juga suka matematika. Semua siswa yang suka kimia juga suka matematika. Sebagian siswa yang suka fisika juga suka kimia.
Kesimpulannya ....

Benar! Salah!

Semua siswa yang suka fisika juga suka matematika. Semua siswa yang suka kimia juga suka matematika Sebagian siswa yang suka fisika juga suka kimia Kesimpulannya: Ada siswa yang suka matematika namun tidak suka fisika dan kimia (daerah yang diarsir).

Jika Ani rajin belajar maka dia akan memperoleh indeks prestasi yang baik. Kenyataannya, Ani tidak rajin belajar. Maka ….

Benar! Salah!

Jika Ani rajin belajar maka dia akan memperoleh indeks prestasi yang baik. Dari kalimat pernyataan tersebut, yang menjadi syarat adalah anak kalimat "akan memperoleh indeks prestasi yang baik." Maksudnya, ketika Ani tidak memperoleh indeks prestasinya yang baik, hal itu dapat disimpulkan bahwa Ani tidak rajin belajar. Akan tetapi ketika Ani tidak rajin belajar, maka belum tentu Ani memperoleh indeks prestasi yang baik.

Jika u ≥ 5 dan t = 4, maka ….

Benar! Salah!

Diketahui: u ≥ 5 Artinya, nilai u terendah adalah 5. t = 4 Sehingga nilai dari 4t - 2u tertinggi diperoleh ketika nilai dari 2u terendah, yaitu: 4 . 4 - 2 . 5 = 16 - 10 = 6 Jadi, nilai dari 4t - 2u ≤ 6

Semua dosen diwajibkan melakukan penelitian ilmiah.
Sebagian dosen mengajar dengan menggunakan alat peraga.
Kesimpulan yang tepat adalah ….

Benar! Salah!

Semua dosen diwajibkan melakukan penelitian ilmiah. Sebagian dosen mengajar dengan menggunakan alat peraga, artinya ada juga dosen yang mengajar tidak menggunakan alat peraga. Jadi, kesimpulannya adalah sebagian dosen melakukan penelitian ilmiah dan mengajar menggunakan alat peraga.

Hitunglah berapa jumlah semua sudut dalam bidang datar berikut ini!

Benar! Salah!

Berdasarkan gambar, diketahui bahwa jumlah kedelapan sudut bidang datar tersebut ekuivalen dengan jumlah sudut keenam segitiga. Ingat, jumlah sudut dalam segitiga adalah 180°. Jadi, diperoleh a + b + c + e + f + g + h = 6 x 180° = 1080°

Berdasarkan hasil tes tertulis CPNS pada suatu ruangan yang terdiri dari 50 peserta diperoleh data sebagai berikut:
26 orang memperoleh skor terbaik pada tes bagian verbal, 21 orang yang memperoleh skor terbaik pada tes bagian numerik, sementara terdapat 16 orang yang mendapatkan skor yang buruk pada dua bagian tes itu.
Jadi, banyak peserta yang mendapat skor terbaik untuk kedua bagian tes tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Berdasarkan soal tersebut, dapat diketahui bahwa: • Banyak peserta seluruhnya = n(S) = 50 orang • Banyak peserta yang mendapat skor terbaik untuk tes verbal = n(V) = 26 orang • Banyak peserta yang mendapat skor terbaik untuk tes numerik = n(N) = 21 orang • Banyak peserta yang mendapat nilai terburuk untuk dua bagian tes tersebut = n(V∪N)C = 16 orang. Yang ditanyakan: Banyak peserta yang mendapatkan skor terbaik untuk kedua bagian tes = n(V∩N) = ….? Jika diselesaikan dengan pedoman rumus yang ada maka: n(S) = n(V) + n(N) - n(V∩N) + n(V∪N) 50 = 26 + 21 - n(V∩N) + 16 50 = 63 - n(V∩N) n(V∩N) = 63 - 50 => n(V∩N) = 13 Jadi, banyak peserta yang mendapat skor terbaik untuk kedua bagian tes ada 13 orang peserta.

Tidak seorang pun pengunjung museum Ullen Sentalu diizinkanuntuk memotret apa yang ada di dalamnya. Sebagian siswa mengisi liburan dengan mengunjungi museum Ullen Sentalu.

Simpulan yang tepat adalah ….

Benar! Salah!

• Tidak seorang pun pengunjung museum Ullen Sentalu diizinkan untuk memotret apa yang ada di dalamnya. Artunya, semua yang mengunjungi museum Ullen Sentalu tidak boleh memotret apa yang ada di dalamnya. • Sebagian siswa mengisi liburan dengan mengunjungi museum Ullen Sentalu. Artinya, ada siswa yang tidak berkunjung ke museum Ullen Sentalu. Jadi, semua siswa pengunjung museum Ullen Sentalu tidak diizinkan memotret isi museum.

Semua pegawai memakai dasi pada hari Senin. Kemarin hari Rabu. Raka adalah seorang pegawai.

Benar! Salah!

Semua pegawai memakai dasi pada hari Senin. (Artinya, pada hari yang lain tidak bisa dipastikan bahwa pegawai memakai dasi atau tidak). Kemarin hari Rabu. (Jadi, sekarang hari Kamis). Maka, hari Senin jatuh pada tiga hari yang lalu atau empat hari yang akan datang. Karena Raka adalah seorang pegawai, maka tiga hari yang lalu (hari Senin) Raka pasti memakai dasi.

Sebuah truk harus mengangkut 9 ½ ton pasir dari sebuah sungai ke lokasi proyek. Apabila truk tersebut hanya mampu mengangkut 2¼ ton pasir pada setiap kali angkut, berapa kali perjalanan yang harus dilakukan oleh supir truk tersebut untuk mengangkut seluruh pasir tersebut?

Benar! Salah!

Soal ini dapat diselesaikan dengan cara mendata banyak perjalanan truk: Perjalanan pertama : 2¼ ton Perjalanan kedua : 2¼ ton Perjalanan ketiga : 2¼ ton Perjalanan keempat : 2¼ ton [*dijumlahkan] Maka totalnya = 9 ton Artinya, masih tersisa ½ ton pasir lagi maka perjalanan kelima mengangkut ½ ton pasir.

Dalam sebuah uji tes kemampuan dasar yang diikuti oleh 50 peserta diperoleh data bahwa, rata-ratanya 62, jangkauannya 26, mediannya 45, dan standar deviasinya 7.
Jika nilai dari setiap peserta dikalikan 2 kemudian dikurangi 30, maka akan diperoleh data baru:
1) Rata-rata = 94
2) Jangkauan = 52
3) Median = 60
4) Standar deviasi = 14
Pernyataan yang sesuai adalah ….

Benar! Salah!

Solusi cerdas! Mean, median, modus, kuartil berubah pada operasi +, -, :, dan x Standar deviasi, jangkauan, ragam berubah pada operasi : dan x Data awal: Rata-rata = 62 Jangkauan = 26 Median = 45 Standar deviasi = 7 Nilai setiap data diubah dengan dikali 2 kemudian dikurangi 30, maka: Perubahan data: • Uji pernyataan (4) Standar deviasi = 7 x 2 = 14 Pernyataan (4) benar • Uji pernyataan (1) Rata-rata = 62 x 2 - 30 = 94 Pernyataan (1) benar. Jadi, tanpa harus menguji pernyataan yang lainnya, sudah dapat disimpulkan bahwa semua pernyataan yang diberikan adalah benar.

Anif, Nian, dan Reni mengikuti les piano di lembaga bimbingan musik "CIPTACENDEKIA". Anif les setiap 4 hari sekali, Nian setiap 5 hari sekali, dan Reni setiap seminggu sekali.
Jika mereka bertiga les bersama untuk yang kedua kalinya pada hari Rabu, 20 Januari 2016 maka kapan mereka bertiga les bersama-sama untuk yang pertama kalinya?

Benar! Salah!

Jadwal pertemuan antara Anif, Nian, dan Reni saat les piano bersama dapat dihitung dari KPK 4, 5, dan 7. KPK dari 4, 5, dan 7 adalah 4 x 5 x 7 = 140 Artinya, mereka bersama-sama les piano setiap 140 hari sekali. Jika pada hari Rabu, 20 Januari 2016 mereka bertemu untuk les piano bersama untuk yang kedua kalinya, maka pertemuan pertamanya adalah 140 hari sebelum hari dari tanggal tersebut. • Trik, menghitung hari: 140 : 7 = 20 sisa 0 Karena sisanya 0, maka hari pertama mereka bertemu juga hari Rabu. • Trik menghitung tanggalnya: 140 - 20 (bulan Januari) - 31 (bulan Desember) - 30 (November) - 31 (Oktober) = 28 hari (hitung mundur pada bulan September). Karena hitung mundur, maka tanggal mereka bertemu pertamanya adalah: 30 - 28 = 2 September. Jadi, mereka bertiga les piano bersama yang pertama kali pada hari Rabu tanggal 2 September 2015.

Sebuah pabrik menyediakan solar untuk memanaskan 4 buah ketel dalam 6 minggu. Berapa minggu pabrik tersebut harus menyediakan solar agar dapat digunakan untuk memanaskan 16 buah ketel?

Benar! Salah!

Sebenarnya soal ini dapat diselesaikan dengan konsep perbandingan senilai. Namun, jika kita lupa konsep tersebut maka soal di atas dapat dikerjakan dengan cukup kita data saja urutan kebutuhan ketel mengacu pada keterangan 4 buah ketel dalam 6 minggu. • 4 ketel -> 6 minggu • 8 ketel -> 12 minggu • 16 ketel -> 24 minggu Jelas bahwa untuk 16 buah ketel pabrik tersebut harus menyediakan solar selama 24 minggu.

Peluang seorang perokok terkena penyakit jantung pada suatu daerah adalah 0,7. Jika banyak perokok pada daerah tersebut 300 orang maka banyak perokok yang berpeluang terkena penyakit jantung adalah ….

Benar! Salah!

Peluang seorang perokok terkena penyakit jantung = 0,7 Banyak perokok = 300 → bisa diasumsikan sebagai n = 300 Jadi, banyak peluang perokok yang terkena penyakit jantung di daerah tersebut adalah 0,7 x 300 = 210 orang.

Setiap makanan yang dijual di sebuah restoran dikenai pajak pertambahan nilai sebesar 10%. Anita dan keluarganya makan di restoran tersebut dan harus membayar Rp258.500,00.
Artinya, harga makanan sebelum kena pajak sebesar ….

Benar! Salah!

Pajak pertambahan nilai untuk makanan yang dijual pada restoran sebesar 10%. Artinya, besarnya presentase harga yang harus dibayarkan adalah 100% + 10% = 110% sehingga harga sebesar Rp258.000,00 besarnya presentase 110%, dan harga sebelum kena pajak adalah 100%. Jadi, harga sebelum kena pajak adalah: 100/110 x Rp258.500,00 = Rp235.000,00

Pusat perbelanjaan "ABC" memberikan potongan harga pada produk pakaian yang dijual sebesar 50% dan 20% secara berturut-turut.
Besarnya potongan harga seluruhnya adalah ….

Benar! Salah!

Misal, harga awal yang diberikan pada suatu produk = P Setelah mendapat diskon awal sebesar 505, maka harga jual menjadi: = P - (50% x P) = P - 0,5P = 0,5P Kemudian, mendapat diskon lagi sebesar 20%. Artinya, produk tersebut dijual sebesar 80% dari 0,5P, yaitu: 0,5P x 80% = 0,4P Jadi, besarnya diskon total = P - 0,4P = 0,6P atau 60%.

Seorang tenaga kerja dikenai pajak penghasilan sebesar 10% di mana penghasilan yang terkena pajak Rp2.000.000,00.
Jika Dani adalah seorang pegawai dengan besarnya gaji penghasilan sebesar Rp3.200.000,00, maka besar penghasilan akhir yang diterimanya adalah ….

Benar! Salah!

Penghasilan kena pajak adalah Rp2.000.000,00 sebesar 10%, maka besarnya potongan pajak adalah: Rp2.000.000,00 x 10% = Rp200.000,00 Dani berpenghasilan Rp3.200.000,00 maka penghasilannya sudah terkena pajak. Jadi, penghasilan akhir yang diterimanya sebesar: Rp3.200.000,00 - Rp200.000,00 = Rp3.000.000,00

Soal Penalaran Matematika
Maaf!

Maaf, sepertinya Anda belum menguasai sebagian besar materi yang terdapat di dalam kuis ini. Silakan ulangi kembali mengerjakan kuis ini dengan cara merefresh halaman ini.
Yes!

Selamat! Anda telah menguasai sebagian besar materi di dalam kuis ini. Mau mengerjakan soal UTBK SNBT lainnya yang lebih lengkap dan menantang? Kunjungi link berikut ini: https://ciptacendekia.com/kursus/lolos-utbk-snbt/

Bagikan hasil perolehan Anda:

Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan latihan soal berkualitas lainnya

Harus Anda Ingat! Persiapkan diri Anda dengan maksimal dan jangan lewatkan mencapai impian lebih cepat.

Bagaimana Cara untuk Mewujudkan Kesuksesan Anda di Masa Mendatang

  1. Persiapkan Diri Anda! Segera mulai pelajari materi soal dan berbagai latihan soal yang lengkap serta materi terstruktur. Kami telah menyediakannya dalam bentuk kursus online yang telah tersedia di situs ini.
  2. Dapatkan berbagai sumber belajar yang tepat. Apabila Anda telah memperoleh sumber belajar yang tepat, akan membuat kegiatan belajar menjadi maksimal. Salah satu sumber belajar yang bisa kami rekomendasikan adalah situs ini: https://ciptacendekia.com/kursus/lolos-utbk-snbt/
  3. Bergabunglah dengan kelompok belajar atau kelas bimbingan belajar jika memang Anda perlukan untuk mendapatkan bantuan. Selain itu, kelompok belajar bisa digunakan untuk sharing ilmu. Kami menyediakan ecourse atau kursus online untuk kebutuhan belajar Anda di sini: https://ciptacendekia.com/kursus/lolos-utbk-snbt/
  4. Selalu merasa percaya diri dan jangan pernah menyerah. Setiap tantangan yang sedang Anda lalui adalah langkah untuk berkembang menggapai impian di masa datang.

Jika Anda telah memahami konsep dasarnya, lalu menerapkan strategi yang paling efektif, dan juga rajin mengerjakan soal latihan secara intensif, maka secara psikologis Anda akan lebih siap dalam menghadapi ujian UTBK SNBT.

Referensi:

Grasindo SNBT 2024

Belajar UTBK SNBT

0 Tanggapan pada "Soal Penalaran Matematika"

Berikan Komentar Anda

Halo Kak selamat datang! Bila ada yang mau ditanyakan bisa langsung hubungi kami ya..

Kursus Perangkat Desa