ciptacendekia
Search

Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Menguji Intelektualitas: 20 Soal Pengetahuan Umum yang Wajib Dicoba

Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum – Apakah dalam waktu dekat Anda akan mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri? Lalu bingung mencari bahan belajar untuk mempersiapkannya?

Jika benar, maka Anda sudah tepat berkunjung ke dalam situs ciptacendekia ini. Untuk mewujudkan mimpi Anda agar lulus masuk ke perguruan tinggi negeri tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Anda perlu mempersiapkan berbagai hal untuk mewujudkannya.

Mulai dari berbagai berkas administrasi yang menjadi syarat mendaftar, mental dalam menghadapi ujian, dan tidak kalah pentingnya adalah mempersiapkan materi-materi yang harus dikuasai.

Menurut situs resmi dari SNPMB, ada 7 tes yang nantinya akan digunakan dalam ujian. Berikut ini adalah berbagai subtes yang diujikan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, antara lain:

  1. Penalaran Umum
  2. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  3. Pemahaman Bacaan dan Menulis
  4. Pengetahuan Kuantitatif
  5. Literasi dalam Bahasa Inggris
  6. Literasi dalam Bahasa Indonesia
  7. Penalaran Matematika

Artikel ini kami buat untuk mempermudah Anda dalam mempersiapkan diri. Selain itu, artikel ini berisi berbagai panduan serta materi untuk menguasai salah satu subtes dari SNPMB, yaitu soal pengetahuan dan pemahaman umum dengan lebih percaya diri dalam UTBK SNBT.

Tes pengetahuan dan pemahaman umum adalah salah satu kemampuan untuk memahami dan mengomunikasikan pengetahuan yang dianggap penting di lingkungan budaya Indonesia. Terutama keterampilan dalam berbahasa, menggunakan kata, dan keluasan serta kedalaman pengetahuan umum.

Selain itu, yang termasuk dalam kemampuan ini adalah pengetahuan praktis seseorang tentang bahasa, informasi, dan konsep-konsep khusus yang berbasis verbal dan kebahasaan.

Ada beberapa strategi yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda agar bisa lebih mudah dalam mengerjakan soal pengetahuan dan pemahaman umum, antara lain:

  1. Memahami Konsep Dasar: Untuk tahap awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memahami konsep-konsep dasar yang ada di dalam subtes soal pengetahuan dan pemahaman umum. Seperti ide pokok makna, bentuk kata, kesesuaian wacana, hubungan antar kalimat, hubungan antar paragraf dan lain-lain.
  2. Latihan Intensif: Belajar latihan soal-soal pengetahuan dan pemahaman umum secara rutin. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih mengenali berbagai pola-pola yang sering muncul dalam soal ujian.
  3. Analisis Soal: Setelah Anda menyelesaikan sebuah soal, Anda bisa melanjutkan dengan menganalisisnya. Anda bisa mencari tahu juga apakah bisa dikerjakan dengan cara yang lebih efisien soal tersebut.
  4. Memanfaatkan Sumber Belajar: Untuk lebih beragam dalam mempersiapkan diri, Anda bisa menggunakan berbagai sumber belajar seperti buku-buku, video pembelajaran, dan aplikasi latihan soal. Hal ini dapat dilakukan untuk memperdalam pemahaman Anda terhadap materi pengetahuan dan pemahaman umum.

Selain strategi dalam menghadapi soal-soal, ada juga beberapa teknik praktis yang dapat Anda terapkan dalam mengerjakan soal pengetahuan dan pemahaman umum. Antara lain:

  1. Membuat Skema: Anda bisa membuat skema untuk membantu Anda memvisualisasikan hubungan antara informasi yang diberikan dalam soal.
  2. Pola Logis: Anda bisa mempelajari pola logis yang sering muncul dalam soal.
  3. Eliminasi Jawaban: Ini merupakan salah satu teknik yang sering digunakan, bila Anda ragu dengan jawaban yang paling benar, Anda bisa menggunakan teknik eliminasi untuk mengurangi pilihan jawaban yang tidak mungkin benar.

Setelah Anda mengetahui berbagai strategi dan teknik dalam penyelesaian soal pengetahuan dan pemahaman umum, maka Anda bisa langsung mengerjakan beberapa contoh soal di bawah ini. Soal yang kami sediakan berbentuk kuis.

Petunjuk pengerjaan soal:

  1. Bacalah dengan teliti setiap soal yang ditampilkan di dalam kuis di bawah ini!
  2. Pilih jawaban yang paling benar.
  3. Kerjakan semua soal dalam batas waktu yang telah kami tetapkan.
  4. Untuk mengetahui skor perolehan, pastikan Anda telah memasukkan nama dan email yang valid di akhir sesi.
  5. Skor akan otomatis tampil jika Anda menyelesaikan seluruh soal dan mengisi data nama serta email
  6. Jika skor perolehan Anda belum maksimal, silakan ulangi kembali mengerjakan kuis ini dengan cara merefresh halaman ini.

Ini adalah kuis dengan batasan waktu. Anda akan diberikan waktu 2400 detik untuk menjawab semua pertanyaan yang tersedia. Apakah Anda siap?

2400

Bacalah teks berikut ini!

(1) Tim arkeolog di Mesir telah mengumumkan penemuan tidak biasa di pelabuhan Mesir Kuno, Berenike, di pantai Laut Merah. (2) Mereka menemukan patung Buddha dari abad ke-1 dari masa Kekaisaran Romawi sekitar 1.900 tahun lalu. (3) Patung tersebut kemungkinan berasal atau dipindahkan dari Asia Selatan ke Mesir kuno saat penguasaan Kekaisaran Mesir. (4) Hal itu menunjukkan kehadiran umat Buddha tinggal di Mesir pada zaman pemerintahan Kekaisaran Romawi. (5) Temuan tersebut menunjukkan bahwa sejarah kuno penuh dengan contoh ikatan lintas budaya. (6) Lintasan tersebut telah melampaui segala macam batasan, bahkan sebelum telekomunikasi dan perjalanan ada seperti yang kita kenal sekarang. (7) Dengan ditemukannya, patung Pangeran Siddartha atau Buddha Gautama berusia 1.900 tahun itu, penemuan ini telah menjelaskan lebih lanjut tentang hubungan perdagangan antara Mesir Romawi dan anak benua India. (8) Tim arkeologi internasional menemukan patung itu saat sedang menggali di kuil kuno di Berenike, menurut pernyataan pers Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir.

Makna kata arkeologi yang terdapat pada kalimat (8) adalah ….

Benar! Salah!

Berdasarkan KBBI, kata arkeologi bermakna ilmu yang mempelajari kehidupan dan kebudayaan zaman kuno berdasarkan benda peninggalan.

Cermati paragraf berikut ini!

Masalah lingkungan hidup harus menjadi perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat. Setiap anggota masyarakat wajib berpartisipasi dan bertanggung jawab untuk mengatasinya. Misal, hal yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari adalah sampah. Kita jangan membiarkan sampah berserakan di sepanjang jalan, di halaman rumah, di pasar-pasar, atau di tempat-tempat kosong sekitar permukiman. Hal itu harus dilakukan secara serempak oleh semua anggota masyarakat.

Ungkapan yang semakna dengan isi paragraf tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Perlu diingat! Ungkapan adalah kelompok kata atau gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya. Ungkapan bisa disebut dengan makna bukan yang sebenarnya. Isi paragraf tersebut adalah perlunya perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat dalam menangani masalah lingkungan hidup. Ungkapan yang semakna dengan isi paragraf tersebut adalah bergandengan tangan atau yang artinya bekerja sama.

Karena bahasa bersifat konvensional, walaupun setiap individu berhak untuk menyampaikan pendapat dan pikirannya secara bebas, mereka harus tetap mematuhi dan menjunjung tinggi norma bahasa yang berlaku.

Makna konvensional dalam kalimat di atas adalah ….

Benar! Salah!

Makna konvensional dalam kalimat; Karena bahasa bersifat konvensional walaupun setiap individu berhak untuk menyampaikan pendapat dan pikirannya secara bebas, mereka harus tetap mematuhi dan menjunjung tinggi norma bahasa yang berlaku adalah mengandung kesepakatan. Perlu diingat! Konvensional adalah berdasarkan konvensi (kesepakatan) bersama (seperti adat, kebiasaan, kelaziman). (KBBI)

(1) Menurut studi baru dari Imperial College London menunjukkan bahwa peningkatan suhu ekstrem karena perubahan iklim telah mengancam populasi lebah. (2) Perubahan suhu memengaruhi pestisida yang berdampak pada perilaku lebah. (3) Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat dampak yang tidak pasti dalam perubahan iklim. (4) Studi tersebut telah dipublikasikan di Global Change Biology dengan judul Toxic temperatures: bee behaviours exhibit divergent pesticide toxicity relationships with warming. (5) Temuan ini menunjukkan bahwa peristiwa suhu ekstrem di masa depan dapat meningkatkan dampak pestisida pada populasi lebah dan layanan penyerbukan mereka. (6) Beberapa jenis pestisida, terutama yang termasuk dalam kelas Neonicotinoid, diketahui akan membuat lebah dan serangga berkontribusi pada penurunan populasi.

Frasa yang sepola dengan peningkatan suhu adalah ….

Benar! Salah!

Perlu diingat! Cara mencari frasa bisa dengan tiga cara, yaitu: • Mengidentifikasi jenis kata, yaitu kata berimbuhan atau kata dasar • Mengidentifikasi jenis kata, yaitu kata sifat, kata benda, kata sifat • Mengidentifikasi M (penjelas) D (inti) Peningkatan (kata benda) suhu (kata benda) • Studi (kata benda) baru (kata sifat) • Suku (kata benda) ekstrem (kata sifat) • Populasi (kata benda) lebah (kata benda) • Mengubah (kata kerja) iklim (kata benda) • Masa (kata depan) depan (kata sifat) Frasa yang sepola adalah populasi lebah.

Nyamuk Aedes Aegypti sebagai vektor DBD berkembang pada transisi musim, dari musim hujan ke kemarau dan sebaliknya.

Arti istilah vektor dalam kalimat tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Vektor dalam KBBI memiliki arti perantara penularan penyakit.

Awalnya, ia hanya tukang cuci piring di rumah makan milik seorang perantau dari Lareh Panjang yang lebih dulu mengadu untung di Jakarta. Sedikit demi sedikit dikumpulkannya modal agar tidak selalu bergantung pada …. Berkat kegigihan dan kerja keras selama bertahun-tahun, Azrial kini sudah jadi juragan, punya enam rumah makan dan dua puluh empat anak buah yang tiap hari sibuk melayani pelanggan.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Ungkapan adalah kelompok kata atau gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya. Ungkapan bisa disebut dengan makna bukan yang sebenarnya. Ungkapan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah induk semang. Induk semang adalah sebuah ungkapan yang berarti majikan.

Bacalah teks berikut ini!

Fenomena mudik menjelang Lebaran dari perkotaan menuju kampung telah muncul sejak era 1970-an. Secara etimologis, istilah mudik salah satunya berasal dari bahasa Jawa yang merupakan akronim dari mulih dilik atau pulang sejenak. Sementara pengertian lain dalam bahasa Betawi, mudik berasal dari kata udik yang merujuk pada wilayah spasial desa atau kampung pinggiran yang kemudian diimbuhi dengan mengudik atau mudik yang dipahami secara harfiah menjadi kembali ke kampung. Ritual sosial dengan muatan spiritual yang kental ini, ditandai dengan pergerakan jutaan manusia dalam rentang waktu yang pendek dari pusat-pusat ekonomi, tempat mereka mengais rezeki menuju tanah kelahirannya secara kontemporer. Sebagian besar dari mereka adalah orang-orang kampung yang berjuang mengadu nasib sebagai karyawan, seraya bertekad memperbaiki kehidupan untuk mencapai kemapanan.

Kata yang dianggap tidak sopan lalu diganti dengan kata yang lebih sopan adalah ….

Benar! Salah!

Kata yang dianggap tidak sopan lalu diganti dengan kata yang lebih sopan merupakan majas eufimisme, yaitu majas yang menyopankan. Kata yang dianggap tidak sopan lalu diganti dengan kata yang lebih sopan adalah karyawan. Karyawan adalah kata sopan dari kata buruh.

(1) Menurut studi baru dari Imperial College London menunjukkan bahwa peningkatan suhu ekstrem karena perubahan iklim telah mengancam populasi lebah. (2) Perubahan suhu memengaruhi pestisida yang berdampak pada perilaku lebah. (3) Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat dampak yang tidak pasti dalam perubahan iklim. (4) Studi tersebut telah dipublikasikan di Global Change Biology dengan judul Toxic temperatures: bee behaviours exhibit divergent pesticide toxicity relationships with warming. (5) Temuan ini menunjukkan bahwa peristiwa suhu ekstrem di masa depan dapat meningkatkan dampak pestisida pada populasi lebah dan layanan penyerbukan mereka. (6) Beberapa jenis pestisida, terutama yang termasuk dalam kelas Neonicotinoid, diketahui akan membuat lebah dan serangga berkontribusi pada penurunan populasi.

Kalimat tidak efektif pada teks di atas terdapat pada kalimat ….

Benar! Salah!

Kalimat tidak efektif pada teks tersebut terdapat pada kalimat (1) karena tidak memiliki subjek dan predikat. (Kalimat 1) berpola keterangan. Agar kalimat tersebut memiliki subjek dan predikat, kata menurut harus dihilangkan. Studi baru dari Imperial College London (subjek) menunjukkan (predikan) bahwa peningkatan suhu ekstrem (objek) karena perubahan iklim telah mengancam populasi lebah (keterangan).

Jangan terkecoh membeli ikan. Kadang-kadang kita kecewa membeli ikan. Disangka ikan segar ternyata sudah busuk. Caranya supaya kita tidak terkecoh? Ikan yang segar dagingnya masih keras kalau dipegang. Sisiknya atau kulitnya masih mengilap. Insangnya berdarah merah segar. Matanya masih bening. Kalau sudah tidak sesuai dengan ciri-ciri tersebut berarti ikan itu sudah busuk.

Frasa ikan segar sebentuk dengan frasa ….

Benar! Salah!

Frasa merupakan susunan kata yang hanya menduduki satu fungsi dalam sebuah kalimat. Cara mencari frasa sebentuk bisa menggunakan salah satu dari cara berikut, yaitu frasa ikan (kata benda) segar (kata sifat) sebentuk dengan frasa mobil (kata benda) mewah (kata sifat). Pilihan A perumahan (kata benda, kata berimbuhan) elite (kata sifat). Pilihan C rumah (kata benda) tangga (kata benda) Pilihan D kaos (kata benda) kaki (kata benda) Pilihan E masih (adverbia) baru (kata sifat)

Pertumbuhan buah yang tidak sempurna dapat juga diakibatkan oleh serangan hama dan penyakit yang menyerang baik batang dan daun, maupun buah. Hama penggerek sering melubangi batang pohon sehingga merusak pembuluh floem dan xilem. Bila pembuluh floem rusak, distribusi karbohidrat hasil fotosintesis akan terganggu, sedangkan bila xilem yang diserang, maka pengaliran hara dan air dari akar menuju tajuk pohon akan terhambat. Jika buah yang diserang ulat, buah itu akan rusak dan mudah rontok.

Dalam wacana di atas disebutkan sejenis hama yang disebut hama penggerek. Yang dimaksud dengan penggerek adalah ….

Benar! Salah!

Penggerek dalam KBBI memiliki arti pengerat.

Cermati paragraf berikut!

(1) Lingkungan hidup merupakan permasalahan yang tak kunjung selesai bak benang kusut yang harus menjadi perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat. (2) Setiap anggota masyarakat wajib memiliki sikap tanggung jawab untuk mengatasinya, seperti hal yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari adalah sampah. (3) Kita jangan membiarkan sampah berserakan di sepanjang jalan, di halaman rumah, di pasar-pasar, atau di tempat-tempat kosong sekitar permukiman. (4) Hal itu harus dilakukan secara serempak oleh semua anggota masyarakat. (5) Ketika lingkungan bersih, hidup bermasyarakat menjadi nyaman.

Kalimat bermajas pada teks di atas terdapat pada kalimat ….

Benar! Salah!

Kalimat bermajas pada teks di atas terdapat pada kalimat (1). Kalimat (1) Lingkungan hidup merupakan permasalahan yang tak kunjung selesai bak benang kusut yang harus menjadi perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat merupakan majas asosiasi karena menggunakan kata bak.

Walaupun wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun sudah dicanangkan dalam kurun waktu yang relatif lama, penuntasannya masih belum tercapai. Banyak masalah yang timbul dalam pelaksanaan wajib belajar 9 tahun, terutama di daerah pedesaan dan daerah pegunungan atau terpencil. Penyebab ketidaktuntasan wajib belajar dapat diidentifikasi sesuai dengan kondisi wilayah dan masyarakatnya. Dari sejumlah hasil penelitian ditemukan bahwa penyebabnya adalah (1) masyarakat memiliki kondisi ekonomi yang lemah, (2) sosial budaya masyarakat yang kurang mendukung, (3) kurangnya sarana pendidikan, (4) rendahnya kualitas dan dedikasi guru, (5) letak geografis yang sulit dijangkau, (6) keterbatasan informasi, (7) persepsi masyarakat yang menganggap kurang pentingnya pendidikan bagi dirinya sendiri. Kenyataan itu diperkuat oleh hasil penelitian pada awal dicanangkannya wajib belajar 6 tahun.

Kata itu yang dicetak miring pada teks di atas merujuk pada ….

Benar! Salah!

Kata itu pada teks tersebut merujuk pada penyebab ketidaktuntasan wajib belajar.

Bacalah teks berikut ini!

Kekeringan merupakan fenomena hidrologi yang paling kompleks. Kompleksitas bertambah karena diketahui kekeringan merupakan bencana yang prosesnya berjalan lambat sehingga dikatakan sebagai bencana merangkak. Kekeringan datang tidak […] seperti banjir atau gempa bumi, tetapi timbul […] sehingga sangat mudah diabaikan. Tidak bisa diketahui secara pasti awal dan kapan bencana ini berakhir, tetapi semua baru sadar setelah berada di periode tengahnya.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Perlu diingat! Kata ulang adalah kata yang diulang utuh dan diulang dengan penambahan. Untuk penulisannya, kata ulang dalam bahasa Indonesia menurut EYD adalah dengan memberikan tanda hubung antara dua kata dasarnya. Kata ulang yang tepat untuk melengkapi teks adalah disangka-sangka, perlahan-lahan.

Cermati paragraf berikut!

Saat menengok puluhan karya Agoes, pengunjung bisa memahami hubungan antara alam dan manusia. Dia memanfaatkan bahan berupa kayu nangka karena pohon itu mudah ditemukan. Selain itu, kayu nangka punya kadar air yang baik sehingga bisa bertahan lama.

Kata itu merujuk pada pengertian ….

Benar! Salah!

Perlu diingat! Kata rujukan adalah kata yang menunjuk pada kata lain yang telah digunakan sebelumnya sebagai pengganti kata aslinya. Umumnya menggunakan kata: ini, itu, dia, tersebut, dan lain sebagainya Kata itu dalam paragraf merujuk pada pengertian mudah diterima.

Setiap mahasiswa harus belajar dengan baik agar indeks prestasi selalu tinggi. Klausa bawahan dalam kalimat di atas adalah ….

Benar! Salah!

Perlu diingat! Klausa bawahan adalah perluasan kedudukan fungsi dalam kalimat. Dalam kalimat pada soal, klausa bawahannya adalah perluasan keterangan tujuan. Artinya, keterangan dalam kalimat tersebut diperluas dengan klausa agar indeks prestasi selalu tinggi. Kata agar merupakan keterangan tujuan.

Kendati wacana untuk kembali memberlakukan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) semakin ramai dibicarakan, proses amandeman UUD 1945 masih jauh dari harapan.

Kalimat di atas merupakan perluasan dari kalimat dasar ….

Benar! Salah!

Kalimat dasar merupakan inti kalimat. Inti kelimat terdiri dari Subjek (S) dan Predikat (P), dari kalimat di atas inti kalimatnya adalah Proses amandemen UUD 1945 masih jauh dari harapan.

Bacalah teks berikut ini!

Awalnya, ia hanya tukang cuci piring di rumah makan milik seorang perantau dari Lareh Panjang yang lebih dulu mengadu untung di Jakarta. Sedikit demi sedikit dikumpulkannya modal, agar tidak selalu bergantung pada …. Berkat kegigihan dan kerja keras selama bertahun-tahun, Azrial kini sudah jadi juragan, punya enam rumah makan dan dua puluh empat anak buah yang tiap hari sibuk melayani pelanggan.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Perlu diingat! Ungkapan adalah kelompok kata atau gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya. Ungkapan bisa disebut dengan makna bukan yang sebenarnya. Ungkapan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah induk semang. Induk semang adalah sebuah ungkapan yang berarti majikan.

Transformasi kalimat inti Pernyataan itu mengemuka menghasilkan kalimat berikut, kecuali ….

Benar! Salah!

Perlu diingat! Transformasi kalimat inti adalah perluasan kalimat yang dilakukan dengan memperluas kalimat inti. Perluasan kalimat bisa dilakukan dengan melakukan perluasan subjek, predikat, objek, pelengkap, maupun keterangan. Kalimat E bukan merupakan transformasi dari kalimat inti Pernyataan itu mengemuka karena kalimat itu keduanya berkedudukan sebagai objek.

Bacalah teks berikut ini!

(1) Tim arkeolog di Mesir telah mengumumkan penemuan tidak biasa di pelabuhan Mesir Kuno, Berenike, di pantai Laut Merah. (2) Mereka menemukan patung Buddha dari abad ke-1 dari masa Kekaisaran Romawi sekitar 1.900 tahun lalu. (3) Patung tersebut kemungkinan berasal atau dipindahkan dari Asia Selatan ke Mesir kuno saat penguasaan Kekaisaran Mesir. (4) Hal itu menunjukkan kehadiran umat Buddha tinggal di Mesir pada zaman pemerintahan Kekaisaran Romawi. (5) Temuan tersebut menunjukkan bahwa sejarah kuno penuh dengan contoh ikatan lintas budaya. (6) Lintasan tersebut telah melampaui segala macam batasan, bahkan sebelum telekomunikasi dan perjalanan ada seperti yang kita kenal sekarang. (7) Dengan ditemukannya, patung Pangeran Siddartha atau Buddha Gautama berusia 1.900 tahun itu, penemuan ini telah menjelaskan lebih lanjut tentang hubungan perdagangan antara Mesir Romawi dan anak benua India. (8) Tim arkeologi internasional menemukan patung itu saat sedang menggali di kuil kuno di Berenike, menurut pernyataan pers Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir.

Kata itu yang terdapat pada kalimat (4) merujuk pada ….

Benar! Salah!

Perlu diingat! Kata rujukan merujuk pada kata atau kalimat sebelumnya. Kata itu yang terdapat pada kalimat (4) merujuk pada saat penguasaan Kekaisaran Mesir.

Generasi muda yang lebih mendambakan peri hidup yang lebih bebas dengan tata nilai yang lebih individual serta memiliki persepsi sendiri mengenai hidup ini tidak mau begitu saja menerima segala sesuatu dari generasi sebelumnya.

Kalimat di atas mempunyai pola yang sama dengan pola kalimat ….

Benar! Salah!

Kalimat pada soal berpola S-P-O. Kalimat yang berpola sama dengan kalimat tersebut adalah D. Siswa sekolah kelas tiga berkedudukan sebagai subjek, suka membaca berkedudukan sebagai predikat, dan buku berkedudukan sebagai objek.

Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum
Terima kasih!

Selamat! Anda memang hebat! Mau mengerjakan soal UTBK SNBT lainnya yang lebih menantang? Kunjungi https://ciptacendekia.com/kursus/lolos-utbk-snbt/
Maaf

Maaf, Anda belum menguasai materi di dalam kuis ini. Silakan ulangi kembali mengerjakan kuis ini dengan cara merefresh halaman ini. Untuk soal-soal yang lebih terstruktur, silakan kunjungi https://ciptacendekia.com/kursus/lolos-utbk-snbt/

Bagikan hasil perolehan Anda:

Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan latihan soal berkualitas lainnya

Dengan Anda mempersiapkan diri secara maksimal dan dalam waktu yang cukup, tentu memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan siswa yang hanya persiapan sistem “kebut semalam”. Kesuksesan dalam menghadapi soal pengetahuan dan pemahaman umum di UTBK SNBT bergantung pada seberapa maksimal dan kerja keras Anda.

Harus Anda ingat!! Bahwa sekecil apapun langkah yang Anda ambil dalam mempersiapkan diri akan membawa Anda lebih dekat menuju impian.

  1. Mulailah persiapan Anda sekarang juga. Jangan menunda-nunda untuk belajar materi pengetahuan dan pemahaman umum.
  2. Temukan sumber belajar yang cocok untuk Anda dan jadwalkan waktu belajar secara teratur. Salah satu sumber belajar yang kami rekomendasikan dan berisi latihan soal lengkap adalah ini: https://ciptacendekia.com/kursus/lolos-utbk-snbt/
  3. Bergabunglah dengan kelompok belajar atau kelas bimbingan jika diperlukan untuk mendapatkan bantuan tambahan. Kami menyediakan ecourse untuk kebutuhan belajar Anda di sini: https://ciptacendekia.com/kursus/lolos-utbk-snbt/
  4. Tetaplah percaya diri dan jangan menyerah meskipun menghadapi kesulitan. Setiap tantangan adalah kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Dengan memahami konsep dasar, menerapkan strategi yang efektif, dan berlatih secara konsisten, Anda akan menjadi lebih siap dalam menghadapi soal penalaran umum di UTBK SNBT.

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak tercapai dalam semalam, tetapi dengan tekad dan usaha yang konsisten, Anda pasti akan mencapainya.

Sumber Referensi:

  1. Grasindo snbt 2024
Belajar UTBK SNBT

0 Tanggapan pada "Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum"

Berikan Komentar Anda

Halo Kak selamat datang! Bila ada yang mau ditanyakan bisa langsung hubungi kami ya..

Kursus Perangkat Desa