100 Latihan Soal CPNS Online dan Pembahasannya

Latihan soal CPNS online ini kami sediakan bagi kamu yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi tes CPNS.

Caranya mudah.

Tinggal klik pilihan jawaban yang tersedia, lalu hasilnya dapat diketahui secara langsung.

Tetapi meskipun cara pengerjaannya mudah, hanya segelintir orang yang berhasil lolos sampai tahap mendapatkan KODE DISKON mengikuti kursus CPNS Online di website ciptacendekia.com senilai Rp25.000,- dari kami.

Seperti apa sih, soal-soal cpns di website ciptacendekia.com?

Baca sampai tuntas agar kamu bisa lolos tes CPNS dengan mudah!

Pertama, apa saja yang akan kamu pelajari di Latihan Soal CPNS Online ini?

Melalui latihan soal CPNS online dan pembahasannya yang kami sediakan ini, kamu akan mempelajari tentang :

  • apa saja cakupan materi yg diujikan dalam tes CPNS;
  • berapa passing grade skor kelulusan tes CPNS;
  • serta bagaimana tips mempersiapkan diri dalam tes CPNS.

Tidak hanya itu,  kamu juga bisa mengerjakan latihan soal CPNS dengan mudah melalui perangkat yang kamu miliki.  Tinggal baca soal lalu klik jawaban yang menurutmu paling benar. Pokoknya mirip dengan tes CAT CPNS yang sebenarnya.

Untuk mempermudah belajarmu, latihan soal CPNS online ini kami bagi menjadi 3 bagian yaitu :

  1. 35 Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  2. 30 Soal Tes Intelegensi Umum (TIU)
  3. 35 Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Melalui pembagian tersebut, kamu akan lebih mudah mempersiapkan diri menghadapi TES CPNS yang sebenarnya. Karena materi yang kamu pelajari lebih dipersempit ke dalam bab atau katagori.

Petunjuk Latihan Soal CPNS Online dan Pembahasannya di Website CiptaCendekia.com

  1. Latihan soal CPNS ini kita bagi 3 bagian yaitu Soal TWK, TIU, dan TKP
  2. Pastikan kamu telah membaca secara cermat sebelum memilih jawaban, karena jawaban akan langsung terkunci dan tidak bisa diperbaiki
  3. Untuk menjawab soal, klik pilihan jawaban yang tersedia
  4. Jawabanmu benar, jika warna pilihan jawaban adalah hijau
  5. Jawabanmu salah, jika warna pilihan jawabanmu adalah merah. Kunci jawaban adalah opsi yang berwarna hijau
  6. Untuk menyimpan datamu di website ini, silakan isi nama dan alamat email di bagian akhir pengerjaan kuis.
  7. Kamu dapat mengerjakan kembali latihan soal CPNS ini dengan cara mengeklik tombol “Kerjakan Kembali” pada bagian akhir pengerjaan kuis ini.
  8. Bagi peserta yang mendapat skor lebih dari KKM akan mendapat KODE KUPON senilai Rp25.000,- untuk mengikuti Kursus CPNS Online di website CiptaCendekia.com

PENTING UNTUK DIINGAT SEBELUM MENGERJAKAN LATIHAN SOAL CPNS ONLINE

Setelah kamu mengerjakan latihan soal cpns, silakan dicek skor perolehanmu. Dari hasil skor nilaimu, silakan dibandingkan dengan nilai passing grade untuk masing-masing kategori tes.

Kelulusan tes CPNS itu ditentukan oleh nilai Passing Grade (Ambang Batas).

Soal TWK

Pembuatan UUD yang diusahakan untuk mendapat persetujuan rakyatnya seperti Spanyol pada tahun 1932 merupakan contoh pembentukan konstitusi dengan cara ….

Benar! Salah!

Pembentukan konstitusi dengan cara revolusi adalah pembentukan pemerintah baru yang lahir akibat ketidaksenangan rakyat sehingga melakukan kudeta lalu membentuk UUD baru yang diusahakan untuk mendapatkan persetujuan rakyatnya. Contoh : Revolusi Perancis pada tahun 1791 dan Spanyol pada tahun 1932

Hukum tertulis dan tidak tertulis harus dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, namun hukum tertulis memiliki kelebihan ….

Benar! Salah!

Hukum tertulis dan tidak tertulis harus dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, namun hukum tertulis memiliki kelebihan yaitu memiliki sanksi yang lebih tegas dan mengikat sehingga pemberlakuannya dapat dipaksakan terhadap orang yang melanggar.

Sasaran pembangunan nasional adalah membentuk manusia Indonesia seutuhnya. Berikut ini yang bukan termasuk maksud dari manusia Indonesia seutuhnya adalah ….

Benar! Salah!

Yang dimaksud dengan manusia Indonesia seutuhnya adalah : 1) Berkecukupan. Bermakna dapat tercukupinya kebutuhan hidupnya secara layak dan manusiawi 2) Kepuasan. Bermakna adanya kemudahan, kesinambungan, dan stabil baik dalam hal persediaan dan pelayanan kebutuhan hidupnya. 3) Ketentraman. Bermakna tumbuhnya rasa aman serta jaminan hukum guna kehidupan yang sesuai dengan tatanan yang ada 4) Stimulasi. Bermakna bentuk kesempatan yang memungkinkan setiap masyarakat dapat mencapai hasil karya yang optimal sesuai bakat dan kemampuannya

Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1) Berubahnya arah politik luar negeri dari bebas dan aktif menjadi politik yang memihak salah satu blok

2) Demokrasi yang berkembang adalah demokrasi liberalisme

3) Pimpinan lembaga-lembaga negara dijadikan menteri-menteri negera

4) Penetapan Pidato Kenegaraan Soekarno sebagai GBHN bersifat sementara.

Penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada masa pemerintahan Orde Lama ditunjukkan oleh nomor …

Benar! Salah!

Penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada masa pemerintahan Orde Lama antara lain : 1) Presiden selaku pemegang kekuasaan eksekutif dan legislatif bersama DPR telah mengeluarkan ketentuan perundangan yang tidak ada dalam UUD 1945 dalam bentuk penetapan Presiden tanpa persetujuan DPR 2) Melalui ketetapan No. I/MPRS/1960, MPR menetapkan pidato presiden 17 Agustus 1959 berjudul "Penemuan Kembali Revolusi Kita" (Manifesto Politik Republik Indonesia) sebagai GBHN bersifat tetap 3) MPRS mengangkat Ir. Soekarno sebagai Presiden seumur hidup 4) Presiden membubarkan DPR hasil pemilu 1955, karena DPR menolak RAPBN yang diajukan oleh presiden. Kemudian presiden membentuk DPR Gotong Royong (DPR-GR) yang anggotanya diangkat dan diberhentikan oleh presiden 5) Pimpinan lembaga-lembaga negara dijadikan menteri-menteri negara, termasuk pimpinan MPR kedudukannya sederajat dengan menteri. Sedangkan presiden menjadi anggota DPA 6) Demokrasi yang berkembang adalah demokrasi terpimpin Berubahnya arah politik luar negeri dari bebas dan aktif menjadi politik yang memihak salah satu blok

Sistem Semi-Presidensil adalah sistem yang membagi tanggung jawab serta hak dalam menjalankan pemerintahannya antara Presiden atau gelar lain serta Perdana Menteri. Perdana Menteri yang akan membentuk kabinet, ditunjuk dan dipilih oleh Presiden sendiri. Negara-negara berikut ini menggunakan sistem Semi-Presidensil sebagai sistem pemerintahannya, kecuali ….

Benar! Salah!

Negara yang menggunakan sistem semi-Presidensil sebagai sistem pemerintahannya antara lain Oman, Perancis, Taiwan, dan Rusia

Sidang PPKI III dilangsungkan pada tanggal …

Benar! Salah!

Sidang PPKI III berlangsung pada tanggal 22 Agustus 1945 dan menghasilkan keputusan sebagai berikut : 1) Dibentuknya komite nasional 2) Dibentuknya Partai Nasional Indonesia 3) Dibentuknya tentara kebangsaan

Untuk meraih kesejahteraan bersama berdasarkan keadilan sosial, kita harus mengembangkan ….

Benar! Salah!

Pemerataan kesempatan kerja merupakan salah satu strategi pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran sehingga kesejahteraan bersama berdasarkan keadilan sosial dapat terwujud.

Kedudukan Pancasila sebagai ideologi bangsa tercantum dalam ketetapan MPR Nomor …

Benar! Salah!

DPD dapat memberikan pertimbangan kepada DPR yang berkaitan dengan hal-hal berikut ini, kecuali ….

Benar! Salah!

DPD dapat memberikan pertimbangan kepada DPR yang berkaitan dengan rancangan undang-undang, RAPBN, pajak, pendidikan, dan agama.

Secara berurutan konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia sejak proklamasi 17 Agustus 1945 sampai 5 Juli 1959 adalah ….

Benar! Salah!

Secara berurutan konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 sampai 5 Juli 1959 adalah : 1) Periode 18 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1949 berlaku UUD Proklamasi yang kemudian dikenal dengan UUD 1945 2) Periode 27 Desember 1949 sampai dengan 17 Agustus 1950 berlaku Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Serikat (UUD RIS) 3) Periode 17 Agustus 1950 sampai dengan 5 Juli 1959 berlaku Undang- Undang Dasar Sementara (UUDS 1950)

Advertisement

Maksud dan tujuan berdirinya organisasi negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) adalah ….

Benar! Salah!

Adapun tujuan ASEAN sebagai organisasi regional adalah sebagai berikut: 1) Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan kebudayaan melalui usaha-usaha bersama berdasarkan semangat kebersamaan, persekutuan, dan hidup damai di kalangan bangsa di Asia Tenggara 2) Memajukan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan saling menghormati keadilan tata tertib hukum dalam hubungan antar negara di Asia Tenggara 3) Meningkatkan kerjasama secara aktif dan saling membantu dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, kebudayaan teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi 4) Memberikan bantuan satu sama lain dalam fasilitas-fasilitas latihan dan penelitian di sektor-sektor pendidikan, profesi, teknik, dan administrasi Bekerja sama secara efektif dalam memanfaatkan potensi pertanian dan industri, perluasan perdagangan, perbaikan fasilitas-fasilitas komunikasi

Tokoh yang menyampaikan lima asas Negara Indonesia Merdeka, yang berisi Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Peri Kesejahteraan Rakyat adalah ….

Benar! Salah!

Mohammad Yamin menyampaikan lima asas negara Indonesia Merdeka, yaitu : 1) Peri Kebangsaan 2) Peri Kemanusiaan 3) Peri Ketuhanan 4) Peri Kerakyatan Peri Kesejahteraan Rakyat

Pada tanggal 24 Agustus 1945 Belanda dan Inggris (atas nama Sekutu) menandatangani Civil Affair Agreement (CAA) yang isinya dituangkan dalam "Nota tanggal 24 Agustus 1945". Bagian terpenting dalam perjanjian ini adalah ….

Benar! Salah!

Penyerahan wilayah Indonesia yang telah dibersihkan dari tentara Jepang oleh Inggris kepada Belanda melalui Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Hal ini merupakan salah satu penyulut dan menjadi penyebab konflik Indonesia-Belanda setelah Proklamasi Kemerdekaan. Pada tanggal 29 September 1945 pasukan Sekutu mendarat di Indonesia. Mereka bertugas melucuti tentara Jepang dan menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang. Tugas ini dilaksanakan di bawah pimpinan Lord Louise Mountbatten. Mountbatten membentuk suatu komando khusus yang diberi nama Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) di bawah pimpinan Letnan Jenderal Sir Philip Christison. Pada mulanya kedatangan Sekutu disambut baik oleh bangsa Indonesia. Akan tetapi, setelah diketahui bahwa kedatangan Sekutu diboncengi NICA, bangsa Indonesia pun mulai melakukan perlawanan.

Perubahan sikap menjadi nonkooperasi dan bercita-cita memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui pergerakan nasional diilhami dan dipengaruhi oleh manifesto (pernyataan) yang dikeluarkan pada tahun 1908 …

Benar! Salah!

Perhimpunan Indonesia berdiri tahun 1908 di negara Belanda oleh Sultan Kesayangan, Noto Suroto. Tujuannya memajukan kepentingan-kepentingan bersama dari orang-orang yang berasal dari Indonesia.

Salah satu ciri khas sikap yang dimiliki bangsa Indonesia adalah gotong royong. Gotong royong perlu kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari karena ….

Benar! Salah!

Dengan bergotong royong rakyat Indonesia dapat saling membantu baik dalam bidang ekonomi maupun sosial. Hal ini dapat mewujudkan kesejahteraan bersama

Sistem pertahanan negara RI bersifat Semesta, artinya ….

Benar! Salah!

Pasal 30 ayat (2) UUD 1945 menyebutkan bahwa "usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung".

Periode 27 Desember 1949 sampai 17 Agustus 1950 UUD yang berlaku di Indonesia adalah ….

Benar! Salah!

Periode 27 Desember 1949 sampai dengan 17 Agustus 1950 berlaku Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Serikat (UUD RIS). Pada saat itu Belanda masih ingin memecah belah Indonesia sehingga bentuk negara Indonesia berubah dari Kesatuan menjadi Serikat.

Globalisasi adalah sesuatu yang tidak dapat dielakkan lagi pada abad 21, akan tetapi globalisasi memiliki sisi buruk, sebagaimana di bawah ini, kecuali ….

Benar! Salah!

Globalisasi mendorong seluruh dunia ke dalam satu sistem ekonomi yaitu kapitalisme.

Negara hendak mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal tersebut merupakan pokok pikiran …. Pembukaan UUD 1945

Benar! Salah!

Pada alenia keempat Pembukaan UUD 1945 berbunyi "Serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia"

Yang bukan merupakan kekuatan pancasila dalam kehidupan bangsa Indonesia adalah ….

Benar! Salah!

Pancasila memiliki dua sifat yaitu sebagai ideologi tertutup dan terbuka. Sebagai ideologi terbuka bangsa Indonesia menerima dan mengembangkan pemikiran asing yang sesuai dengan masyarakat Indonesia dan bukan menerima dan mengembangkan pemikiran-pemikiran asing tanpa batas.

Agenda pokok sidang BPUPKI yang berlangsung dari tanggal 10-17 Juli 1945 membahas tentang ….

Benar! Salah!

Agenda pokok Sidang BPUPKI yang berlangsung dari tanggal 10-17 Juli 1945 membahas tentang Rencana pembuatan Undang-Undang Dasar 1945 dan pembukaannya. Oleh karena itu, BPUPKI membentuk Panitia Perancang Undang-Undang Dasar yang diketuai oleh Ir. Soekarno dengan jumlah anggota 18 orang.

Sebelum berlangsung Konferensi Asia Afrika I pada tahun 1954 telah diadakan Konferensi Kolombo yang bertujuan untuk ….

Benar! Salah!

Konferensi Kolombo disebut panca negara I. Konferensi tersebut diadakan untuk menyikapi masalah Vietnam sebagai bekal dalam menghadapi konferensi Genewa 1954

Hubungan kerja sama antar lembaga tinggi negara yang diatur dalam UUD 1945 adalah ….

Benar! Salah!

Hubungan kerja sama antar lembaga tinggi negara yang diatur dalam UUD 1945 pasal 14 ayat 2 yaitu "Presiden memberi grasi dan rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan DP". Dalam hal ini terdapat hubungan antara eksekutif dengan legislatif

Sebuah negara akan diakui secara sah jika ada pengakuan baik secara defacto maupun de jure. Yang merupakan perbedaan pengakuan de facto dan pengakuan de jure adalah ….

Benar! Salah!

De facto artinya sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada. De jure artinya pengakuan terhadap suatu negara berdasarkan pertimbangan menurut hukum. Dengan pengakuan ini negara mendapat hak dan kewajibannya sebagai anggota masyarakat internasional. Dengan demikian, pengakuan secara de facto adalah pengakuan seseorang atau pihak terhadap sesuatu yang dapat dilihat pada kenyataan yang terjadi. Sedangkan pengakuan de jure adalah pengakuan seseorang atau suatu pihak terhadap sesuatu dimana pengakuan itu dituangkan dalam dokumen hukum atau peraturan tertentu secara tertulis.

Berikut ini yang merupakan contoh peran serta positif warga negara dalam kegiatan pemerintahan adalah ….

Benar! Salah!

Membayar pajak tepat pada waktunya merupakan contoh peran serta warga negara dalam kegiatan pemerintahan karena dengan membayar pajak maka distribusi kekayaan negara dapat tersalur merata ke semua lapisan masyarakat.

Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, makin disadari pentingnya hubungan antarbangsa. Hal ini sesuai dengan isi pembukaan UUD 1945 alenia ke-4, yaitu ….

Benar! Salah!

Amanat hubungan antar bangsa sebagaimana telah disampaikan dalam Pembukaan UUD 1945 alenia IV yaitu " Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial".

Amandemen pertama terhadap UUD 1945 ditujukan untuk mengurangi kewenangan presiden. Hal ini karena sebelum era reformasi …..

Benar! Salah!

Kewenangan yang diberikan oleh UUD 1945 kepada Presiden sebelum amandemen sangatlah besar bahkan cenderung executive heavy (berporos pada kekuasaan eksekutif). Bahkan pasal-pasal yang mengatur kewenangan presiden sangat multi tafsir sehingga mudah diselewengkan oleh penguasa yang berkepentingan. Karena kekuasaan eksekutif sangat besar bahkan tidak seimbang antara eksekutif dan legislatif, maka kewenangan Presiden tersebut harus dikurangi agar ada keseimbangann antar eksekutif dan legislatif sehingga ada saling kontrol di kedua lembaga negara tersebut.

Berdasarkan pasal 11 ayat 2 UU No. 33 Tahun 2004, Dana Bagi Hasil yang bersumber dari pajak daerah terdiri dari ….

Benar! Salah!

Berdasarkan pasal 11 ayat 2 UU No. 33 Tahun 2004, Dana Bagi hasil yang bersumber dari pajak daerah terdiri dari : 1) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 2) Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Pajak Penghasilan pasal 25 dan pasal 29 Wajib Pajak Orang Pribadi di Dalam Negeri dan PPh pasal 21

Bagian dari UUD 1945 yang tidak dapat diubah lagi adalah ….

Benar! Salah!

Pembukaan (preambule) merupakan bagian dari UUD 1945 yang tidak dapat diubah lagi. Karena jika mengubah pembukaan maka sama artinya dengan membubarkan negara Indonesia.

Wujud pengamalan pancasila yang mengandung nilai moral kemanusiaan adalah ….

Benar! Salah!

Menghargai sesama manusia yang memiliki rasa, cipta, cinta, dan karsa merupakan wujud pengamalan Pancasila yang mengandung nilai moral kemanusiaan, karena rasa, cipta, cinta, dan karsa hanya dimiliki oleh manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna.

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) Memberi arah yang mantap menuju tujuan masyarakat.

2) Membentuk identitas bangsa.

3) Untuk mengatasi berbagai konflik dan ketegangan sosial.

4) Memperdalam dinding pemisah dari berbagai keanekaragaman kehidupan.

5) Meningkatkan kesejahteraan individu.

Pernyataan di atas yang merupakan arti penting ideologi bagi suatu bangsa ditunjukkan oleh nomor….

Benar! Salah!

Arti penting ideologi bagi suatu bangsa adalah : 1) Memberi arah yang mantap menuju tujuan masyarakat 2) Membentuk identitas bangsa 3) Untuk mengatasi berbagai konflik dan ketegangan sosial

Penyimpangan konstitusi pada masa konstitusi RIS relatif sangat sedikit, hal ini dikarenakan ….

Benar! Salah!

Segera setelah Indonesia menjadi Republik Indonesia Serikat (RIS) dan telah mendapatkan pengakuan kemerdekaan dari belanda, negara-negara bagian di RIS melakukan penggabungan dan kembali menjadi negara kesatuan. Oleh karena itu, masa berlaku konstitusi RIS hanya sekitar 9 bulan sehingga pelanggaran konstitusi relatif kecil

Bila telah dibentuk suatu peraturan perundang-undangan, maka secara yuridis undang-undang baru yang berlaku. Hal ini dikenal dengan istilah ….

Benar! Salah!

Lex posteriori derogat lex priori adalah istilah hukum yang mengatakan bahwa peraturan perundang-undangan baru mengesampingkan paraturan perundang-undangan lama.

Adanya penerimaan terhadap perbedaan sebagai suatu kenyataan atau realitas masyarakat merupakan sikap positif terhadap ….

Benar! Salah!

Adanya penerimaan terhadap perbedaan sebagai suatu kenyataan atau realitas masyarakat merupakan sikap positif terhadap Pancasila dan UUD 1945. Dengan adanya rasa toleransi berarti kita sudah melaksanakan sila-sila Pancasila dan UUD 1945.

Makna yang terkandung pada nilai patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ….

Benar! Salah!

Patriotisme adalah sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara

Soal TWK CPNS
Selamat!!! Anda memenuhi nilai passing grade untuk soal TWK

Anda berhak mendapat diskon Rp25.000,- untuk Kursus CPNS di link berikut ini. https://ciptacendekia.com/kursus/persiapan-lolos-tes-cpns/ . Gunakan kode kupon =LOLOSCPNS2018
Mohon maaf!!! Anda belum memenuhi nilai passing grade untuk soal TWK

Bagikan hasil perolehan Anda:

Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan latihan soal berkualitas lainnya

Soal TIU

Jika x = 4, maka y = x/4 - x/5 + x/6 - x/8 adalah .…

Benar! Salah!

Jika x = 4, maka

y = x/4 - x/5 + x/6 - x/8

y = 4/4 - 4/5 + 4/6 - 4/8

y = 1 - 4/5 + 2/3 - 1/2

y = 1/5 + 2/3 - 1/2

y = (6 + 20 −15)/30

y = 11/30

y = 0,37

2, 6, 9, 3, 9, 12, 4, 12, ….

Benar! Salah!

Seseorang pemeriksa akan memeriksa 5 kantor yakni E, F, G, H, dan I. Karena lima kantor tersebut saling berhubungan maka pemeriksa harus melakukan pemeriksaan dengan urutan sebagai berikut:

• H dapat diperiksa jika F sudah diperiksa

• G diperiksa sebelum E diperiksa

I diperiksa pada urutan keempat

Urutan yang benar adalah …

Benar! Salah!

Etnis Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, memiliki kekayaan seni budaya yang beragam. Salah satu diantaranya adalah naskah lontar atau takepan yang masih banyak disimpan masyarakat. Naskah lontar antara lain berisi ajaran akhlak, cerita, falsafah, upacara adat, keagamaan, dan solidaritas sosial. Naskah ini beraksara Jawa Kuno, Jawa, Bali, dan Sasak atau Jejawan. Keberadaan naskah ini kemudian melahirkan tradisi membaca naskah lontar.

Tradisi membaca naskah lontar biasanya diselenggarakan pada acara tertentu, seperti khitanan, ngurisang atau potong rambut pada anak balita, dan pernikahan. Naskah yang dibacakan pada beragam acara tersebut disesuaikan dengan permintaan si empunya hajat. Dalam acara ngurisang, naskah yang dibacakan bisa takepan Indrajaya, sedangkan dalam acara pernikahan dapat dibacakan naskah Dewi Rengganis. Takepan Indrajaya berisi kisah putri bisu yang kemudian bisa berbicara setelah disapa seorang pemuda. Adapun naskah Dewi Rengganis berisi pedoman muda-mudi dalam memilih jodoh.

Salah satu pembaca takepan yang relatif popular adalah Nari Amak Nurmini atau Mini. Usianya sudah lanjut, 70 tahun. Namun, ia masih sering kali mendapat permintaan warga Lombok untuk membaca takepan demi meramaikan acara yang mereka selenggarakan.

Inti bacaan di atas adalah …

Benar! Salah!

Inti bacaan merupakan hasil dari kegiatan menyarikan bacaan. Inti bacaan tersebut adalah Membaca naskah lontar menjadi tradisi di Lombok

Jika suatu sarana merupakan sarana yang up to date maka sarana itu harus dioperasikan dengan sistem yang modern. Jika sistem itu modern maka sistem itu harus terkomputerisasi. Sarana y selalu masih dioperasikan secara manual dan belum terkomputerisasi.

Benar! Salah!

Jika suatu sarana merupakan sarana yang up to date, maka sarana itu harus dioperasikan dengan sistem modern. Jika sistem itu modern, maka sistem itu harus terkomputerisasi.

Karena sarana y selalu masih dioperasikan secara manual dan belum terkomputerisasi, maka sarana y belum modern, yang artinya sarana y pasti bukan sarana yang up to date.

SUAP : POLITIK = ….. : ….

Benar! Salah!

Dalam berPOLITIK dilarang melakukan tindakan SUAP. Sebagaimana dalam UJIAN dilarang MENYONTEK.

OPAS >< ....

Benar! Salah!

Pesuruh, tukang jaga, porter mempunyai arti yang sama dengan opas. Jadi lawan kata dari opas adalah pemimpin

0, 5, 2, 6, 6, 8, 14, 12, ….

Benar! Salah!

Etnis Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, memiliki kekayaan seni budaya yang beragam. Salah satu diantaranya adalah naskah lontar atau takepan yang masih banyak disimpan masyarakat. Naskah lontar antara lain berisi ajaran akhlak, cerita, falsafah, upacara adat, keagamaan, dan solidaritas sosial. Naskah ini beraksara Jawa Kuno, Jawa, Bali, dan Sasak atau Jejawan. Keberadaan naskah ini kemudian melahirkan tradisi membaca naskah lontar.

Tradisi membaca naskah lontar biasanya diselenggarakan pada acara tertentu, seperti khitanan, ngurisang atau potong rambut pada anak balita, dan pernikahan. Naskah yang dibacakan pada beragam acara tersebut disesuaikan dengan permintaan si empunya hajat. Dalam acara ngurisang, naskah yang dibacakan bisa takepan Indrajaya, sedangkan dalam acara pernikahan dapat dibacakan naskah Dewi Rengganis. Takepan Indrajaya berisi kisah putri bisu yang kemudian bisa berbicara setelah disapa seorang pemuda. Adapun naskah Dewi Rengganis berisi pedoman muda-mudi dalam memilih jodoh.

Salah satu pembaca takepan yang relatif popular adalah Nari Amak Nurmini atau Mini. Usianya sudah lanjut, 70 tahun. Namun, ia masih sering kali mendapat permintaan warga Lombok untuk membaca takepan demi meramaikan acara yang mereka selenggarakan.

Pernyataan yang berhubungan dengan isi bacaan di atas adalah ….

Benar! Salah!

Pernyataan yang berhubungan dengan isi bacaan tersebut adalah Nari adalah salah seorang pembaca naskah lontar. Pernyataan tersebut ada dalam paragraf ke-3.

Jika xy = 3 dan x^2 + y^2 = 16, maka pernyataan berikut yang benar adalah ….

Benar! Salah!

Diketahui xy = 3 dan x2 + y2 = 16

Sehingga,

(x - y)2 = (x - y) (x - y)

= x2 - xy - xy + y2

= x2 + y2 - 2xy

= 16 - 2.3

= 16 - 6

= 10

LEGITIMASI = ....

Benar! Salah!

Legitimasi adalah keterangan (surat) yang mengesahkan dan membenarkan serta menerangkan bahwa tahun pemegang surat itu benar-benar dia.

Pilihlah salah satu kata dari kata yang ada, yang memiliki perbedaan dengan kata yang lain!

Benar! Salah!

Tenggorokan bukan termasuk saluran pencernaan. Sedangkan kata yang lainnya merupakan bagian dari saluran pencernaan.

KAPABEL >< ....

Benar! Salah!

Kapabel diartikan pandai; cakap; sanggup. Lawan kata kapabel adalah bodoh.

DELUSI = ...

Benar! Salah!

Delusi adalah suatu keyakinan yang dipegang secara kuat namun tidak akurat, yang terus ada walaupun bukti menunjukkan hal tersebut tidak memiliki dasar dalam realitas.

Seseorang pemeriksa akan memeriksa 5 kantor yakni E, F, G, H, dan I. Karena lima kantor tersebut saling berhubungan maka pemeriksa harus melakukan pemeriksaan dengan urutan sebagai berikut:

• H dapat diperiksa jika F sudah diperiksa

• G diperiksa sebelum E diperiksa

I diperiksa pada urutan keempat

Jika E diperiksa pada urutan kedua, maka ….

Benar! Salah!

Pilihlah salah satu kata dari kata yang ada, yang memiliki perbedaan dengan kata yang lain!

Benar! Salah!

Tetangga bukan atau belum tentu merupakan bagian dari keluarga

Anto memasuki lift di sebuah lantai. Kemudian lift itu naik 4 lantai lalu turun 3 lantai kemudian naik lagi 4 lantai. Sekarang Anda berada di lantai 7. Di lantai berapakah Anto masuk lift?

Benar! Salah!

Misal, lantai awal Anto masuk = L

Ketika lift naik 4 lantai lalu turun 3 lantai kemudian naik lagi 4 lantai, maka = L + 4 - 3 + 4 = L + 5

Karena Anto sekarang di lantai 7, maka

L + 5 = 7

L = 7 - 2

L = 5

Jadi, Anto awalnya berada di lantai 2.

Jika klm < 0, dengan k = m, maka ….

Benar! Salah!

Klm < 0, dengan k = m

Ada dua kemungkinan:

K dan m adalah bilangan negatif semua, atau k dan m adalah dua bilangan positif semua.

Dari dua kemungkinan tersebut, hasil dari :

k/m > 0 dan km > 0

Karena klm < 0, maka nilai dari l haruslah bilangan negatif, atau l < 0.

A, Z, C, U, F, R, K, ….

Benar! Salah!

Jika nilai x terletak antara a dan b, sedangkan b < y, maka ….

Benar! Salah!

Nilai x terletak antara a dan b, maka :

a < x < b

Sedangkan b < y, maka hubungannya jelas bahwa :

a < x < b < y

Jadi, x < y

Bila Anda masuk sekolah pilot, Anda akan jadi penerbang. Kebanyakan penerbang adalah pekerja keras.

Benar! Salah!

Bila Anda masuk sekolah pilot Anda akan menjadi penerbang.

Kebanyakan penerbang adalah pekerja keras.

Kesimpulannya:

Semua siswa sekolah pilot akan menjadi penerbang.

(〖(876+346)〗^2+〖(876−346)〗^2)/((876 x 876+346 x 346)) = …

Benar! Salah!

Sebuah komputer mengalami penurunan harga secara berturut-turut 40% dan 20%. Berapa penurunan total harga komputer tersebut?

Benar! Salah!

Sebuah komputer mengalami penurunan harga secara berturut-turut 40% dan 20%.

Untuk mencari penurunan total dari harga komputer semula, kita bisa memisalkan terlebih dahulu untuk harga komputer awal = 100 ( untuk memudahkan dalam perhitungan)

Penurunan awal sebesar 40%, maka harga jualnya = 60% dari harga awal

= 60% x 100

= 60

Penururan berikutnya 20%, maka harga jualnya = 80% dari harga setelah penuruan pertama

= 80% x 60

= 48

Jadi, penurunan totalnya (dari harga awal 100) adalah 100 - 48 = 52

Dalam persentase = 52/100 x 100%

= 52%

Seseorang pemeriksa akan memeriksa 5 kantor yakni E, F, G, H, dan I. Karena lima kantor tersebut saling berhubungan maka pemeriksa harus melakukan pemeriksaan dengan urutan sebagai berikut:

• H dapat diperiksa jika F sudah diperiksa

• G diperiksa sebelum E diperiksa

I diperiksa pada urutan keempat

Jika G diperiksa pada urutan kedua maka ….

Benar! Salah!

Sekumpulan data terdiri dari 5 bilangan asli, memiliki rata-rata hitung 8 dan rentang 12. Bilangan asli terkecil yang tidak mungkin menjadi anggota dari kumpulan tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Etnis Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, memiliki kekayaan seni budaya yang beragam. Salah satu diantaranya adalah naskah lontar atau takepan yang masih banyak disimpan masyarakat. Naskah lontar antara lain berisi ajaran akhlak, cerita, falsafah, upacara adat, keagamaan, dan solidaritas sosial. Naskah ini beraksara Jawa Kuno, Jawa, Bali, dan Sasak atau Jejawan. Keberadaan naskah ini kemudian melahirkan tradisi membaca naskah lontar.

Tradisi membaca naskah lontar biasanya diselenggarakan pada acara tertentu, seperti khitanan, ngurisang atau potong rambut pada anak balita, dan pernikahan. Naskah yang dibacakan pada beragam acara tersebut disesuaikan dengan permintaan si empunya hajat. Dalam acara ngurisang, naskah yang dibacakan bisa takepan Indrajaya, sedangkan dalam acara pernikahan dapat dibacakan naskah Dewi Rengganis. Takepan Indrajaya berisi kisah putri bisu yang kemudian bisa berbicara setelah disapa seorang pemuda. Adapun naskah Dewi Rengganis berisi pedoman muda-mudi dalam memilih jodoh.

Salah satu pembaca takepan yang relatif popular adalah Nari Amak Nurmini atau Mini. Usianya sudah lanjut, 70 tahun. Namun, ia masih sering kali mendapat permintaan warga Lombok untuk membaca takepan demi meramaikan acara yang mereka selenggarakan.

Ide pokok bacaan di atas adalah ….

Benar! Salah!

Ide pokok atau gagasan utama paragraf adalah hal pokok yang diungkapkan dalam suatu paragraf, menjadi inti keseluruhan isi paragraf. Ide pokok terdapat pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal, tengah, atau akhir kalimat. Ide pokok bacaan tersebut adalah membaca naskah lontar sebagai tradisi di Lombok.

Belakangan ini mafia hukum dan mafia pajak sering dibahas, juga disorot mafia pengadilan, pertambangan, dan narkotika. Keadaannya terasa absurd karena perbincangan tentang bahaya mafia hanya menimbulkan kegaduhan dan kehebohan ketimbang menggalang upaya keras untuk mengatasinya. Semua seperti tampak tidak berdaya. Tidak hanya masyarakat yang mengeluh, tetapi juga pejabat pemerintah. Apakah negara kalah menghadapi mafia?

Terdapat kesalahan pada kalimat-kalimat pembentuk paragraf di atas, yaitu ….

Benar! Salah!

Kesalahan pada bacaan tersebut adalah kata 'Apakah' pada kalimat keenam mestinya diganti dengan 'Mengapa'.

Berlari pagi adalah aktivitas yang pasti dilakukan Alam di hari Minggu. Hari Minggu ini Alim banyak pekerjaan.

Benar! Salah!

Berlari pagi adalah aktivitas yang pasti dilakukan Alim di hari Minggu. Sehingga, walaupun hari Minggi ini alim banyak pekerjaan, Alim tetap akan melakukan aktivitas lari pagi.

Atau : Hari Minggu ini Alim berlari pagi meskipun banyak pekerjaan.

PERTANYAAN : JAWABAN = STIMULUS : ….

Benar! Salah!

Jika dilihat dari soal, pertanyaan dihubungkan dengan jawaban karena pertanyaan membutuhkan jawaban. Sehingga stimulus sangat tepat dihubungkan respon. Karena stimulus sendiri mempunyai arti rangsangan yang tepat dihubungkan dengan respon.

Penulisan huruf kapital yang mengikuti EYD terdapat dalam kalimat berikut ….

Benar! Salah!

Penulisan huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat Sebagaima diungkapkan oleh Jassin surat dari PSSI yang berisi penegasan bahwa Piala AFF bukanlah gratifikasi itu telah diterima KPK.

Opsi ( a ) kata pasar Jumoyo seharusnya ditulis Pasar Jumoyo.

Opsi ( b ) tidak boleh menggunakan dua kata hubung sekaligus, yaitu setelah sejak. Seharusnya menghilangkan kata sejak.

Opsi ( c ) kata kota Salatiga seharusnya ditulis Kota Salatiga.

Opsi ( e ) setelah kata adil seharunya diberi tanda koma (,)

Soal TIU CPNS
Selamat!!! Anda memenuhi nilai passing grade untuk soal TIU

Anda berhak mendapatkan kode diskon senilai Rp25.000,- untuk mengikuti kursus CPNS Online di ciptacendekia.com. Gunakan kode diskon : LOLOSCPNS2018. Selanjutnya, kunjungi halaman deskripsi Kursus CPNS untuk informasi selanjutnya.
Mohon maaf!!! Anda belum memenuhi passing grade untuk Soal TIU

Silakan coba kembali untuk mendapatkan kode diskon senilai Rp25.000,- untuk pembelian kursus CPNS online di ciptacendekia.com. Atau Anda dapat langsung berkunjung di halaman deskripsi Kursus CPNS untuk informasi selanjutnya.

Bagikan hasil perolehan Anda:

Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan latihan soal berkualitas lainnya

Soal TKP

Ini adalah kuis dengan batasan waktu. Anda akan diberikan waktu 750 detik untuk menjawab semua pertanyaan yang tersedia. Apakah Anda siap?

750

Hubungan dengan rekan kerja yang baik dapat tercermin dalam bentuk seperti apa?

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Sering saling bantu membantu saat rekan mengalami kesulitan.

5

Saat atasan memberikan tugas kepada kita.

4

Relasi yang baik butuh waktu agar bisa tercipta.

3

Saat kita sedang membutuhkan bantuannya.

2

Saat kita sedang mengalami keberhasilan.

1

Anda dan tim Anda diberikan tugas baru oleh pimpinan, namun semua anggota tim belum memahami maksud dan cara mengerjakan tugas baru tersebut. Sikap Anda ….

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Kami mengerjakan bersama-sama tugas tersebut sesuai dengan pemahaman kami, bila ada kesulitan kami akan menyelesaikannya secara bersama-sama.

5

Saya akan mempelajari tugas tersebut, lalu membagi pengetahuan saya kepada anggota tim yang lain.

4

Saya akan meminta bantuan rekan kerja yang paling padai untuk mempelajari tugas tersebut, kemudian menjelaskannya pada semua anggota tim.

3

Pimpinan yang memberikan tugas, sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu bagaimana mengerjakan tugas tersebut sebaik-baiknya.

2

Saya yakin bahwa para anggota tim juga dapat belajar sendiri untuk memahami cara menyelesaikan tugas baru tersebut.

1

Jika bekerja adalah upaya untuk meraih kesuksesan, maka Anda akan .....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Bekerja dengan disiplin dan selalu berusaha melakukan yang terbaik.

5

Bekerja keras membanting tulang.

4

Bekerja lembur sampai malam

3

Mencari keuntungan sebanyak mungkin.

2

Berusaha menyingkirkan orang-orang yang berusaha menghalangi saya.

1

Ada pegawai baru yang bersikap tidak sopan terhadap Anda. Sikap Anda adalah ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Ingatkan dengan baik-baik agar lebih ramah.

5

Melaporkan pada atasan agar segera ditegur.

4

Tidak perlu ikut campur karena bukan urusan saya.

3

Mendoakan yang terbaik untuk pegawai tersebut.

2

Ikut bersikap tak ramah dan memusuhinya.

1

Fulan, teman kantor Anda harus menyelesaikan laporan yang sangat penting dan berkaitan dengan pengambilan keputusan mengenai shift untuk satu bulan ke depan pada hari ini. Padahal 10 menit lagi jam kantor akan berakhir. Ketika menghadapi situasi seperti si Fulan, yang akan saya lakukan adalah ….

Benar! Salah!

 

Pilihan Jawaban

Skor

Tetap fokus menyelesaikan laporan secara maksimal, bila perlu melampaui jam kerja.

5

Menyelesaikan masalah secepat mungkin, karena menunjukkan komitmen bekerja.

4

Menyelesaikan laporan sesegera mungkin, agar bisa segera beristirahat.

3

Bila memang tidak mampu, mempercayakan pada teman yang lain.

2

Mengalihkan pengambilan keputusan pada shift baru.

1

Di bawah ini pernyataan yang paling sesuai dengan diri saya adalah ....

Benar! Salah!

 

Pilihan Jawaban Skor
Segera berangkat bila ditugaskan atasan di luar kota. 5
Segera berangkat jika ditugaskan ke luar kota dengan kompensasi yang layak. 4
Agak takut berangkat sendiri jika ditugaskan ke luar kota oleh atasan. 3
Mengupayakan untuk meminta atasan menugaskan rekan kerja  saya juga untuk menemani saya ke luar kota. 2
Tidak akan berangkat jika ditugaskan tidak dengan rekan kerja yang akrab. 1

Bila jadwal yang biasa Anda lakukan diubah, apa yang akan Anda lakukan?

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Tertantang, bersemangat, dan segera menyesuaikan diri.

5

Biasa saja dan melakukannya

4

Mencari teman lain yang mengalami hal serupa dan melakukan protes

3

Panik dan gelisah

2

Marah-marah dan mengeluh

1

Seandainya Anda mendapatkan kepercayaan dari pimpinan yang Anda tahu akan memecah belah kerjasama kelompok yang telah terbentuk. Ketika menghadapi situasi seperti itu, sikap Anda?

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Saya akan meminta pertimbangan kelompok kerja saya.

5

Saya akan meminta pertimbangan senior di kantor.

4

Saya meminta pertimbangan teman dekat.

3

Saya akan meminta pertimbangan keluarga.

2

Saya mencoba mempertimbangkan sendiri dari berbagai sudut pandang kepentingan

1

Pada waktu bangun tidur, saya sering merasa ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Bersemangat untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari.

5

Berharap semoga hari ini hari baik saya.

4

Pusing-pusing memikirkan suasana kantor yang kurang nyaman.

3

Khawatir jika atasan akan marah lagi hari ini.

2

Tugas-tugas yang banyak telah menanti saya.

1

Menurut saya orang yang membuang kesempatan adalah orang yang ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Bertahan pada prinsip dan usaha mereka.

5

Menunda-nunda waktu dan kesempatan.

4

Pikirannya bercabang dan tidak fokus.

3

Mundur, tanpa mau mengambil risiko.

2

Menunggu bantuan pihak lain.

1

Ketika saya merasa dikhianati oleh teman baik saya, saya ….

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Saya meredam emosi saya dan mencoba berfikir jernih.

5

Menghindar darinya agar tidak emosi ketika bertemu.

4

Mencari teman lain yang dapat dijadikan teman bicara.

3

Menceritakan pada orang lain apa yang sudah dia lakukan agar orang lain tidak menjadi korban.

2

Segera memutuskan hubungan pertemanan karena merasa tidak dihargai.

1

Respon saya ketika dihadapkan dengan perubahan yang mendadak …

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Berhati-hati memetakan dampak politis perubahan.

5

Penuh harapan akan perubahan.

4

Tertekan karena cemas akan dampak yang akan terjadi.

3

Pesimis karena tidak dilibatkan dalam proses awal.

2

Bingung bagaimana harus bersikap.

1

Berkali-kali Anda mengalami kegagalan saat akan memecahkan suatu masalah dalam pekerjaan ...

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Saya mencari cara-cara yang berbeda dalam memecahkan suatu masalah.

5

Berbeda permasalahan, berbeda pula pemecahannya.

4

Saya menyarankan cara-cara baru untuk mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang terjadi.

3

Masalah baru belum tentu membutuhkan cara baru untuk menyelesaikannya.

2

Saya pikir lebih baik menggunakan cara yang biasa dilakukan dalam menyelesaikan masalah.

1

Jika saya sedang mengantri kemudian ada seseorang di belakang saya yang menyerobot antrian. Raksi saya adalah ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Saya menegurnya.

5

Jika orang tersebut terlihat kasar dan berbadan besar, maka lebih baik saya diam demi keamanan saya.

4

Saya diam saja.

3

Saya pura-pura cuek.

2

Saya menggerutu.

1

Saya dituduh dan dimarahi oleh ketua kelompok saya, sedangkan tuduhan itu tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Saya akan .....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Menerangkan bagaimana keadaan yang sesungguhnya.

5

Menceritakan pada teman dekat.

4

Menanggapi pertanyaan dari siapapun tentang isu itu.

3

Membiarkan saja isu itu berkembang, toh nanti berhenti sendiri.

2

Mencari penyebar isu tersebut dan memarahinya.

1

Ketika tergabung dengan suatu forum diskusi, saya biasanya ….

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Mudah sekali mengeluarkan ide-ide baru

5

Cenderung menambahkan ide yang sudah ada

4

Selalu memiliki ide yang serupa dengan orang lain

3

Membutuhkan waktu agak lama untuk memberikan ide yang berbeda

2

Mudah menerima pendapat orang lain

1

Hadi adalah seorang penyuluh pertanian dan peternakan yang ditugaskan oleh pemerintah kabupaten di suatu desa yang sebagian besar sawahnya mengalami gagal panen karena musim hujan yang terus menerus. Para penduduk berpendapat bahwa musibah itu adalah takdir Tuhan yang tak bisa ditolak dan tak bisa diubah. Tak hanya itu, para petani tersebut juga menolak penyuluhan dan pelatihan yang diadakan di balai desa. Mereka berpegang teguh bahwa gagal panen adalah hal yang lumrah jika belum memberikan sesajen yang mahal pada para danyang. Padahal Hadi tahu, hal yang terjadi di desa tersebut akibat pola tanam, pembibitan, dan pemeliharaan sawah yang salah. Dalam kasus ini sikap Hadi seharusnya ….

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Tetap memberikan arahan dan motivasi pada petani sehingga bisa meyakinkan mereka agar bersedia mengubah kebiasaan lama dengan proyek percontohannya.

5

Tetap memberikan pengarahan pada petani tapi dengan cara lebih menekankan melalui dinas pertanian.

4

Tetap memberikan pengarahan tanpa memaksa petani karena petani selalu konservatif.

3

Tidak ambil pusing dengan pandangan para petani karena merasa tidak ikut memiliki sawah.

2

Tidak jadi memberikan pengarahan dan melaporkan kepada atasannya yang memerintah.

1

Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, saya senang ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas yang baru.

5

Pekerjaan yang menantang.

4

Bekerja dengan standar hasil yang tinggi.

3

Pekerjaan yang rutin.

2

Bekerja tanpa mengenal waktu dan pamrih.

1

Ketika berhasil dalam mengerjakan tugas, untuk tugas selanjutnya saya akan ….

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Saya akan berusaha lebih baik lagi.

5

Berusaha sekuat tenaga.

4

Tidak puas dan berusaha lebih baik lagi.

3

Tetap berusaha semampunya.

2

Biasa saja.

1

Pulang kerja saya merasa sangat lapar tetapi di rumah belum tersedia makanan, maka saya ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Ikut membantu menyiapkan makanan.

5

Makan seadanya.

4

Jajan di luar.

3

Menanyakan mengapa makanan belum siap.

2

Tidur sampai makanan siap.

1

Atasan Anda hari ini tidak berada di kantor. Teman Anda mengajak Anda untuk bekerja dengan lebih santai. Sikap Anda ….

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Tetap di meja dan menyelesaikan pekerjaan Anda.

5

Ragu-ragu

4

Melihat teman yang lain, jika banyak yang bersantai baru ikut bersantai.

3

Jika memang tidak ada yang mengawasi, boleh saja bersantai.

2

Mengikuti ajakannya dan bersantai.

1

Dalam menanggapi informasi baru, teman-teman saya mengenal saya sebagai seorang yang ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Mempertanyakan kebenaran informasi tersebut dengan mencari informasi tambahan.

5

Sering meragukan informasi yang diberitahukan oleh seorang teman.

4

Mempercayai informasi jika disampaikan oleh orang yang saya percayai.

3

Menerima seluruh informasi yang ada, siapapun yang menyampaikan.

2

Tidak terlalu ingin tahu karena pastinya nanti akan tahu juga dari orang lain.

1

Bagaimana reaksi Anda menyikapi aksi-aksi kekerasan yang sering terjadi di jalanan?

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Melaporkan aksi yang ada dan tetap waspada saat berkendara di jalan.

5

Sebisa mungin mencari teman ketika melewati jalan tersebut.

4

Tidak ambil pusing dengan kejadian tersebut.

3

Hanya asyik menonton tanpa melakukan sesuatu.

2

Takut dan trauma saat berada di jalan.

1

Ketika saya sedang naik motor di jalan mendekati kampus tempat saya kuliah dulu, saya melihat salah seorang dosen saya yang dulu terkenal sangat galak sedang jalan kaki. Saya akan ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Menyalami dosen tersebut dan menawari untuk memberi boncengan.

5

Berhenti dan menyalami dosen tersebut.

4

Dalam hati masih menyimpan dendam karena pernah dimarahi.

3

Diam saja dan pura-pura tidak tahu.

2

Langsung menambah kecepatan agar tidak terlihat.

1

Jika rencana saya melakukan inovasi pekerjaan ditentang oleh rekan kerja saya, maka ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Saya meminta penjelasan dari rekan tersebut dan mencari solusi terbaik.

5

Saya berani berdebat dengan rekan tersebut karena saya yakin bahwa rencana inovasi itu membawa angin perubahan yang positif.

4

Saya marah, karena bagaimanapun inovasi itu untuk kebaikan bersama.

3

Saya sedih karena inovasi tersebut terhambat.

2

Saya merasa kecewa

1

Seandainya Anda mendapatkan kepercayaan dari pimpinan yang Anda tahu akan memecah belah kerjasama kelompok yang telah terbentuk. Bagaimana pendapat Anda tentang ini?

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Kelompok perlu diajak untuk menghormati dan menjunjung tinggi keputusan pimpinan.

5

Pimpinan perlu dibantu untuk memahami adanya kerjasama yang baik antara stafnya.

4

Pimpinan pasti memiliki pertimbangan yang bijaksana atas kebijaksanaannya.

3

Kepercayaan dari pimpinan harus dihargai dan dijunjung tinggi.

2

Situasi seperti itu harus dihindari sebisa mungkin.

1

Dwi diminta untuk membentuk kelompok kerja dengan tugas yang cukup rahasia. Sebelum bekerja masing-masing anggota diminta untuk membuat pakta integritas untuk tidak memberitahukan kepada siapapun. Masing-masing anggota memiliki tugas yang cukup spesifik namun cara pengerjaannya mempunyai aturan yang sama. Pada waktu tertentu mereka berkumpul untuk memberikan laporan capaian target. Jika Anda adalah Dwi, hal yang Anda periksa berkaitan dengan hasil kerja adalah ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Keakurasian dari hasil kerja yang telah ditentukan yang mencakup ketelitian, kuantitas, dan kualitas hasil kerja.

5

Kesesuaian hasil dan target yang telah ditentukan.

4

Kesesuaian jumlah hasil kerja dengan kemampuan masing-masing anggota.

3

Kedisiplinan dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

2

Membandingkan kontribusi masing-masing anggota terhadap capaian kelompok.

1

Mahar baru saja diterima bekerja di salah satu pabrik pengolahan logam. Sebagai pegawai baru, tentu Mahar belum terlalu mengenal jenis-jenis pekerjaan dan cara menyelesaikannya. Suatu malam, tiba-tiba Mahar ditugaskan managernya untuk menyelesaikan tugas seorang rekannya yang tiba-tiba memutuskan untuk keluar dan berhenti bekerja. Mahar jelas kagen dan kesulitan dengan penugasan itu tapi ia tidak punya pilihan lain selain menjalankan perintah atasan. Apalagi manajer tadi memang memberikan tugas tersebut karena kagum melihat track record Mahar sebagai mahasiswa lulusan terbaik. Menurut Anda apa yang harus dilakukan Mahar?

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban Skor
Segera berusaha memulai untuk menyelesaikan tugas itu dan berusaha menyelesaikannya sesempurna mungkin. 5
Segera berusaha memulai dan menyelesaikan sebisanya saja yang penting selesai. 4
Tidak perlu buru-buru menyelesaikannya karena pekerjaan  tersebut bukan merupakan tugas pokoknya. 3
Mempertanyakan dan menawarkan managernya karena merasa takut hasilnya tidak maksimal. 2
Meminta orang lain mengerjakan asalkan bisa selesai tepat waktu. 1

Jarak dari rumah ke kantor adalah 30 menit dengan bus. Tanpa diketahui sebelumnya, hari ini kendaraan umum melakukan aksi mogok beroperasi. Akibat kejadian tersebut saya ….

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Saya akan berjalan kaki sambil berusaha mencari tumpangan.

5

Saya berusaha menghentikan kendaraan yang lewat untuk mendapatkan tumpangan.

4

Saya akan berjalan kaki secepat mungkin.

3

Saya tetap menunggu siapa tahu seseorang akan memberikan saya tumpangan.

2

Lebih baik pulang dan tidak usah masuk kerja.

1

Apakah Anda akan meninggalkan pekerjaan yang menguntungkan jika itu membosankan?

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Melihat situasi dan kondisi sekitar lebih dahulu.

5

Tidak, karena secara logika menguntungkan.

4

Pasti, karena passion adalah segalanya.

3

Kemungkinan besar iya.

2

Tergantung hal-hal lainnya.

1

Saya melakukan kesalahan dan itu berakibat buruk pada semuanya. Sikap saya ketika menghadapi hal tersebut ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Melakukan instropeksi diri, meminta maaf pada semua pihak dan meningkatkan kinerja agar tidak terjadi lagi.

5

Meminta maaf pada semua pihak yang terkena akibat buruk kesalahan saya.

4

Menerima kesalahan tersebut dengan lapang dada.

3

Menyesali perbuatan saya.

2

Menyalahkan diri sendiri karena sudah membuat semua orang jadi terkena akibatnya.

1

Kemudahan akses informasi via internet saat ini, menurut saya …

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Memperluas wawasan dan meningkatkan keilmuan

5

Mempermudah belajar secara mandiri

4

Tergantung pada pemakaiannya

3

Mengganggu hubungan interpersonal

2

Mengganggu kinerja secara umum

1

Selama ini rekan-rekan di kantor saya memandang saya sebagai orang yang ...

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Berperilaku taat aturan, mempu menahan emosi, dan tetap tenang saat menghadapi masalah.

5

Berperilaku santun dan baik hanya kepada orang-orang yang berbuat baik pada saya.

4

Berperilaku sesuai perasaan saya apa adanya.

3

Berperilaku mudang tersinggung, mudah terpancing emosinya oleh situasi-situasi yang kurang menyenangkan.

2

Berperilaku taat aturan jika sedang dilihat atasan atau orang lain.

1

Anda adalah seorang ketua dari sebuah perkumpulan seni graffiti di kota Anda yang memiliki aturan bahwa setiap anggota perkumpulan tersebut dilarang mencoret-coret fasilitas umum di kota. Suatu ketika Anda mendapati salah satu anggota perkumpulan Anda melanggar peraturan tersebut. Sikap Anda menghadapi anggota yang melanggar peraturan tersebut adalah ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Menegur dan mengingatkan kembali akan pernyataan yang sudah dibuat bersama serta meminta yang bersangkutan konsisten dengan apa yang sudah dinyatakan dalam kesepakatan bersama.

5

Menegur dan menunjukkan pelanggaran yang sudah dilakukan.

4

Mengingatkan dan meminta masing-masing anggota untuk membaca kembali kesepakatan yang sudah dibuat.

3

Mengingatkan bahwa setiap pelanggaran ada konsekuensinya.

2

Sekedar mengingatkan saja mengingat anggota kelompok adalah orang dewasa yang semestinya sudah tahu apa yang harus dilakukan.

1

Ketika mengerjakan suatu tugas kelompok, pada umumnya teman-teman ....

Benar! Salah!

Pilihan Jawaban

Skor

Semua aktif bekerja untuk mencapai hasil yang baik.

5

Semua bekerja untuk menyelesaikan tugas tersebut.

4

Akan bekerja bila ada yang memulai terlebih dahulu.

3

Tidak semuanya mau mengerjakan tugas.

2

Saling mengharapkan teman lain untuk menyelesaikan tugas tersebut.

1

Soal TKP CPNS
SELAMAT!!! ANDA LOLOS NILAI PASSING GRADE SOAL TKP CPNS

Anda berhak mendapatkan kode diskon senilai Rp25.000,- untuk mengikuti Kursus CPNS online di ciptacendekia.com. Gunakan kode diskon LOLOSCPNS2018 saat melakukan Checkout. Selanjutnya, silakan kunjungi halaman berikut : https://ciptacendekia.com/kursus/kursus-cpns-persiapan-lolos-tes-cpns/ lalu klik tombol IKUTI KURSUS INI
MOHON MAAF!!! ANDA BELUM BERHASIL

Silakan coba kembali untuk mendapatkan kode diskon senilai Rp25.000,-. Atau ikuti kursus CPNS online di ciptacendekia.com untuk mendapatkan pelatihan secara bertahap untuk meningkatkan kemampuan Anda.

Bagikan hasil perolehan Anda:

Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan latihan soal berkualitas lainnya

Catatan:

Soal yang kami tampilkan pada latihan soal ini hanya kami cuplikkan sebagian dari Kumpulan Soal CPNS online yang kami susun dalam format Kursus CPNS.

Kursus CPNS Online Cipta Cendekia

Daftar Peserta Kursus yang Lolos Tes SKD CPNS 2018

NO.

NAMA

TWK

TIU

TKP

JML

1

Desi Anggraini

115

140

145

400

2

Nur Laila Safitri

100

135

151

386

3

Vikiat Ika

100

130

143

373

4

Fransisca Adelia

105

100

155

360

5

Yiskaningtyas

110

100

143

353

6

Luluul Chasanah

105

95

153

353

7

Alek Rimbayanto

100

100

144

344

8

Rushda Zemira Fauziah

100

90

143

333

9

Zazilatul Umaroh

80

100

149

329

10

Sri Wahyuni

95

85

143

323

11

Roy Hasan Basri

95

80

146

321

Apa saja bab yang dibahas dalam latihan soal CPNS online ini?

  1. Tes Wawasan Kebangsaan terdiri dari:
    • a) Nasionalisme;

    • b) Integritas;
    • c) Bela Negara;

    • d) Pilar Negara;
    • i) Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).
  2. Tes Intelegensi Umum berkaitan dengan :
  3. Tes Karakteristik Pribadi berkaitan dengan :

Penilaian Latihan Soal CPNS Online

Disesuaikan dengan penilaian Tes CPNS yang sesungguhnya berdasarkan Permenpanrb No 24 Tahun 2019.

Nilai Passing Grade CPNS Formasi Umum

Perhatikan tabel berikut:

Kategori Tes Jumlah Soal Skor Persoal Nilai Maksimal Ambang Batas Nilai Ambang Batas
TWK 30 5 150 43,33% 65
TIU 35 5 175 45,71% 80
TKP 35 1 – 5 175 72% 126

Jika nilaimu kurang dari nilai ambang batas diatas, maka kamu dianggap tidak memenuhi syarat (tidak lulus)

Ketentuan nilai passing grade diatas adalah untuk pelamar CPNS dari pelamar umum dan Formasi Khusus Tenaga Pengamanan Siber (Cyber Security). Sedangkan nilai passing grade dari kebutuhan formasi khusus lainnya berbeda penilaiannya.

Berikut di bawah ini adalah (formasi) kebutuhan khusus:

  • Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian” / Cum Laude;
  • Penyandang Disabilitas;
  • Putra/Putri Papua dan Papua Barat;
  • Diaspora;

Nilai Passing Grade CPNS Formasi Khusus

Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 bagi peserta yang mendaftar pada jenis formasi khusus, adalah sebagai berikut:

  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude) dan Diaspora paling sedikit 271 (dua ratus tujuh puluh satu), dengan nilai TIU paling rendah 85 (delapan puluh lima);
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Penyandang Disabilitas paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU serendah-rendahnya 70 (tujuh puluh);
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putra Papua dan Papua Barat paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling sedikit 60 (enam puluh);

Nilai Passing Grade Formasi Umum dengan Pengecualian

Untuk jabatan Dokter Spesialis, Dokter Gigi Spesialis, Dokter Pendidik Klinis, Dokter, Dokter Gigi, Instruktur Penerbang, Rescuer, Bosun, Jenang Kapal, Juru Mesin Kapal, Juru Minyak Kapal, Juru Mudi Kapal, Kelasi, Kerani, Oiler, Nakhoda, Mualim Kapal, Kepala Kamar Mesin Kapal, Masinis Kapal, Mandor Mesin Kapal, Juru Masak Kapal dan Pengamat Gunung Api pada penetapan kebutuhan Formasi Umum, nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar diberikan pengecualian.

Pengecualian nilai ambang batas nilai SKD bagi jabatan-jabatan diatas adalah:

  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi formasi jabatan Dokter Spesialis, Dokter Gigi Spesialis, Dokter Pendidik Klinis, Dokter, Dokter Gigi, Instruktur Penerbang, paling sedikit 271 (dua ratus tujuh puluh satu), dengan nilai TIU paling rendah 80 (delapan puluh); dan
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi formasi Rescuer, Bosun, Jenang Kapal, Juru Mesin Kapal, Juru Minyak Kapal, Juru Mudi Kapal, Kelasi, Kerani, Oiler, Nakhoda, Mualim Kapal, Kepala Kamar Mesin Kapal, Masinis Kapal, Mandor Mesin Kapal, Juru Masak Kapal dan Pengamat Gunung Api paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling rendah 70 (tujuh puluh).
nilai passing grade 2019

Note:

Untuk lulus TWK, setidaknya kamu harus menjawab benar 13 soal dari 30 soal.

Untuk lulus TIU, minimal jawabanmu yang benar adalah 16 soal dari 35 soal.

Untuk lulus TKP, minimal skor perolehanmu adalah 126

Meskipun kamu sudah lulus diatas nilai Passing Grade, penentuan kelulusan tes CPNS nantinya ada pada tahapan berikutnya di pusat.

Apabila ada nilai yang sama nanti akan dilihat nilai TWK, TIU, dan TKP dengan sistem ranking. Dengan urutan rankingnya adalah:

  1. Nilai Tes Karakteristik Pribadi
  2. Nilai Tes Intelegensi Umum
  3. Nilai Tes Wawasan Kebangsaan

Jadi, pastikan nilai skor TKPmu tertinggi dibandingkan dengan peserta lainnya.

Beberapa instansi akan mengadakan ujian lanjutan setelah Tes Kamampuan Dasar yaitu dengan Tes Kemampuan Bidang (TKB).

Peserta yang dinyatakan lulus TKD oleh PANSELNAS dapat mengikuti seleksi TKB dengan formasi 1 banding 3 untuk masing-masing formasi jabatan berdasarkan daftar urut tertinggi kelulusan TKD (peringkat 1 sampai dengan 3).

Apabila peringkat 1 sampai 3 mengundurkan diri maka akan diambil peringkat di bawahnya.

Bentuk TKB ini nanti akan beragam. Dapat berupa wawancara, tes tulis, psikotes lanjutan, atau bahkan tes secara online kembali.

Baik, setelah mempelajari latihan soal cpns online, penilaiananya, dan penentuan kelulusan CPNS ini,kami harap kamu dapat mempersiapkan diri menghadapi Tes CPNS dengan sebaik-baiknya.

Ada beberapa Tips Menghadapi Tes CPNS dari kami:

1. Jangan Pernah Belajar Mendadak

Ingat ini, 99% Kelulusan CPNS ditentukan oleh PERSIAPAN, 1% nya adalah KEBERUNTUNGAN.

Sebenarnya peluang lolos tes CPNS adalah besar. Yaitu sekitar 85% jika kamu telah mempersiapkan diri sejak dini.

Karena 97% peserta yang mengikuti tes CPNS rata-rata tidak dibekali dengan persiapan yang matang. Sisanya hanya sekitar 3% saja yang benar-benar telah mempersiapkan diri dari jauh hari.

Menurut kami, minimal 5 bulan sebelum hari H, kamu harus sudah belajar secara istiqomah.

Saat ini kami juga sudah mempersiapkan sebuah Kursus Online untuk membantumu mempersiapkan materi dan soal CPNS agar bisa lolos tes CPNS dengan mudah.

Klik tombol berikut ini:  KURSUS LOLOS CPNS 2021

2. Ciptakan Waktu Belajar

Pendaftar CPNS terdiri dari beragam latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Ada yang baru lulus kuliah, ada yang sudah bekerja berangkat pagi pulang malam, ada pula yang sudah lulus 3 tahun dan masih menganggur.

Nah, bagi kamu yang sudah bekerja dan berniat ikut mendaftar CPNS, kadang waktu belajar menjadi masalah serius.

Saran kami jika memang kamu mempunyai niat yang kuat untuk sukses CPNS, maka sisihkan minimal satu jam sehari untuk belajar.

Waktu belajar paling ideal adalah 1 jam di pagi hari setelah selesai sholat subuh. Saat itu badan kita masih sangat fresh dan suasananya mendukung untuk belajar. Jika menunggu waktu luang, maka kami pastikan kamu tidak akan pernah punya waktu untuk belajar.

Waktu belajar harus diciptakan, harus diluangkan, semuanya tergantung niat kamu ya…

3. Membuat Target Mingguan untuk Belajar

Fokuslah pada materi yang sudah umum diujikan dalam CAT CPNS. Seperti yang kita ketahui bahwa materi CAT terdiri dari 3 kelompok soal. Yaitu:

  1. TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)
  2. TIU (Tes Intelegensi Umum)
  3. TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Masing-masing kelompok soal tersebut berisi materi-materi yang spesifik dan harus dipelajari secara detail.

Kamu dapat membeli buku persiapan CAT CPNS, atau mendownload materi-materi yang merupakan cakupan materi CAT CPNS untuk sumber belajar.

Petakan materi-materi yang akan dipelajari tersebut untuk selanjutnya dibuat jadwal target belajar.

Atur sedemikian rupa apa saja yang harus dipelajari. Misalnya, minggu ini khusus belajar UUD 1945, minggu besok belajar tentang Pancasila dst.

Sikap yang harus kamu miliki untuk hal ini adalah KOMITMEN yang kuat. Ingatlah, bahwa kesungguhan akan membuahkan hasil yang sepadan.

Kami menawarkan padamu sebuah bimbingan belajar Lolos CPNS yang akan membantumu mempelajari materi secara bertahap, sudah dilengkapi dengan latihan soal cpns beserta penjelasannya yang akan membantu waktu belajarmu lebih efektif dari biasanya.

kursus cpns 2018

Link : https://ciptacendekia.com/kursus/kursus-cpns-persiapan-lolos-tes-cpns/

4. Membuat Rangkuman Harian

Merangkum adalah mengambil hal-hal pokok dari materi yang diajarkan. Cara ini sangat bermanfaat dalam belajar. Lebih simpel dan to the point, sehingga kita bisa lebih cepat menghafalnya.

Saya menyarankanmu untuk menggunakan mindmap dan catatan TS dalam merangkum materi seputar tes CPNS ini.

Penjelasan tentang apa itu Mindmap dapat dipelajari di sini :

Link : https://ciptacendekia.com/lejitkan-potensimu-dengan-mind-map/

Sebagai informasi bagimu, kursus atau bimbel lolos CPNS yang kami buat juga sudah dilengkapi dengan rangkuman berupa Mindmap yang dapat kamu unduh secara gratis bagi peserta kursus. Soal-soal di dalam kursus tersebut juga telah dirancang menggunakan catatan TS yang akan membantumu menguasai materi dan soal-soal terkait.

5. Gunakan Bantuan Google

Tipe soal CPNS pada prinsipnya itu-itu saja. Tidak jarang soal CPNS tahun lalu dimunculkan di tahun berikutnya. Sangat sering tema soalnya sama hanya pertanyaannya yang diubah.

Jika kamu jeli, setiap soal CPNS selalu ada kata kuncinya.

Misalkan ada satu soal menanyakan tentang pengertian Pancasila sebagai ideologi terbuka. Maka, jangan asal tahu jawabannya saja. Tapi cobalah analisis hal-hal lain terkait ideologi terbuka. Misalkan prinsip-prinsipnya, penerapannya, atau perbedaanya dengan ideologi tertutup, dsb.

Semuanya dapat kamu lakukan dengan search di GOOGLE. Ketikkan kata kunci “IDEOLOGI TERBUKA”, maka segala hal tentang materi tersebut akan tersedia di depanmu.

Kamu perlu memilah dan memilih materi yang penting untuk dikuasai.

Dengan melakukan bantuan GOOGLE ini, secara tidak sadar penguasaan materimu semakin berkembang dan meluas.

6. Mengikuti Bimbingan Belajar (Kursus CPNS)

Salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian CAT CPNS adalah mengikuti bimbingan belajar khusus persiapan menghadapi seleksi CPNS.

Dengan mengikuti bimbingan belajar, kita dapat memantapkan materi dan belajar aneka tips-tips mengerjakan soal. Selain itu, kita juga bisa bertanya tentang materi yang tidak kita pahami pada sang pengajar.

Kamu dapat memilih bimbingan belajar secara offline di sekitar tempat kamu berada saat ini. Atau jika di daerahmu tidak ada bimbingan belajar tersebut, kamu dapat memilih bimbingan belajar persiapan lolos CPNS secara online.

Bimbingan Belajar Era Digital CiptaCendekia.com mungkin bisa menjadi salah satu alternatif bagimu untuk mempersiapkan diri menghadapi Tes CAT CPNS.

kursus cpns persiapan lolos tes CPNS

Melalui bimbingan belajar online yang kami sediakan, kamu juga dapat bertanya langsung pada kami melalui Fitur diskusi yang terdapat pada bagian bawah setiap materi. Atau kamu juga bisa berdiskusi dengan peserta lain melalui Forum yang kami sediakan khusus untuk peserta kursus.

 

Beberapa fitur Kursus CPNS Ciptacendekia antara lain:

1. Fitur Download Latihan Soal

2. Fitur Pengulangan Kuiskursus cpns

3. Fitur Pembahasan Soal 

Kursus Persiapan Lolos Tes CPNS

Menuju Ke Latihan Soal CPNS Lainnya

Klik tombol di bawah ini:

SOAL TWK CPNS >> SOAL TIU CPNS >> SOAL TKP CPNS >> LOMBA CAT CPNS (Mencakup 100 Soal CPNS) >> KURSUS LOLOS CPNS 2021

Kesimpulan Tentang Soal CPNS Online ini:

Persaingan yang ketat dalam tes CAT CPNS akan membuat semua orang mencari informasi yang dibutuhkan untuk lolos dalam tes CAT CPNS tersebut. Mulai dari mencari latihan soal CPNS di google, membeli buku seputar tes CPNS, atau bahkan mengikuti Bimbingan Belajar Khusus CPNS. Saya hanya menyarankan, apapun yang bisa kamu lakukan sekarang lakukanlah sebelum kesempatan itu sirna.

Menurut saya pribadi, 5 (lima) bulan sebelum hari pelaksanaan tes CPNS, seharusnya kamu sudah mempunyai materi dan latihan soal CPNS untuk belajar.

Mengapa 5 bulan?

Pada zaman ketika saya mengikuti tes CPNS tahun 2009, mungkin 3 bulan belajar akan cukup untuk menghadapi persaingan mengadapi tes CPNS waktu itu. Karena informasi tentang soal-soal CPNS masih minim, internet pun belum bagitu populer seperti sekarang.

Nah, kalau zaman now semua calon peserta tes CPNS sudah memiliki handphone. Mereka dapat dengan mudah mengakses contoh latihan soal CPNS di internet. Artinya, persaingan untuk lolos menghadapi tes CPNS semakin tidak mudah sehingga sangat diperlukan strategi khusus untuk bisa lolos menjadi PNS melalui jalur tes. Tidak hanya strategi, waktu belajar yang lebih lama pun sangat diperlukan untuk bisa lolos tes CPNS dengan mudah.

Kiranya demikian artikel tentang latihan soal CPNS online ini. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagikan artikel ini kepada rekan, teman, atau tetanggamu melalui akun media sosial yang kamu miliki.

Caranya mudah, klik icon media sosial (facebook, twitter, google plus) yang terdapat di bagian bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Salam hangat,

Wiji Hatmoko

Admin CiptaCendekia.com

30 Mei 2021

6 Tanggapan pada "100 Latihan Soal CPNS Online dan Pembahasannya"

Berikan Komentar Anda

Kursus Perangkat Desa