Tes Antonim untuk Persiapan CPNS yang Harus Anda Kuasai

Tes Lawan Kata

Tes Antonim merupakan salah satu Tes Kemampuan Verbal dalam soal TIU CPNS ( Tes Intelegensi Umum CPNS).

Setelah mempelajari tes antonim ini Anda akan mengerti kemampuan awal Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian CPNS.

Tidak hanya itu …

… Anda akan mengerti bagaimana trik mengerjakan soal dalam tes antonim.

Selanjutnya, pada akhir bagian tes ini, kami sediakan latihan soal antonim untuk Anda kerjakan secara mandiri. Mudah-mudahan persiapan Anda menghadapi tes CPNS semakin matang dengan latihan soal yang kami sediakan.

Namun sebelum mengarah kesana, kita bahas dulu apa itu sinonim, dan mengapa tes sinonim termasuk salah satu soal yang diujikan dalam tes CPNS.

Pengertian Antonim

Kata antonim berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu “anti” yang berarti melawan dan “onomo” yang berarti nama. Secara harfiah, antonim dapat diartikan sebagai suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain. Dengan kata lain, antonim adalah lawan kata.

Tujuan Tes Antonim

Tes Antonim merupakan indikator intelegensi seseorang. Selain itu, bertujuan juga untuk menunjukkan kemampuan verbal, kemampuan dalam melihat kebenaran secara terbalik, serta wawasan seseorang.

Oleh karena itu, untuk menyelesaikan tes antonim diperlukan konsentrasi yang tinggi. Karena pada situasi mengerjakan yang penuh dengan ketegangan, ada kemungkinan kita malah mencari jawaban yang berupa sinonim bukan antonim dari kata yang diberikan.

Contoh Tes Antonim

1. ALIANSI >< ….
a. Perkawinan
b. Perlawanan
c. Permusuhan
d. Persekutuan
e. Kerjasama

Penyelesaian :
Ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang merupakan bahasa serapan, seperti bahasa Inggris, sansekerta, dan lainnya. Maka, langkah pertama untuk memudahkan kita menemukan makna atau arti katanya adalah dengan mengembalikan ke dalam bahasa aslinya.
Seperti pada kata ALIANSI. Kata Alaiansi sendiri merupakan kata serapan dari kata “alliance” (dalam bahasa Inggris) yang mempunyai arti “persekutuan”.
Dari pilihan jawaban yang ada, kata berkaitan dengan hubungan persekutuan adalah perkawanan dan kerjasama.

Ingat-ingat!

Dalam soal TPA biasanya terdapat beberapa pilihan jawaban yang sifatnya pengecoh, yaitu dua kata atau lebih yang hampir memiliki arti yang sama. 

Dari pilihan tersebut, yang hampir berarti sama adalah perlawanan dan permusuhan. Maka, kita harus memahami arti yang lebih dalam dari dua kata tersebut.

Dan yang lebih mengarah sebagai lawan kata dari ALIANSI adalah permusuhan.

2. TUBA >< ….
a. Pahit
b. Madu
c. Racun
d. Bisa
e. Nila

Penyelesaian :
Kata TUBA mungkin kita sering mendengarnya. Pada suatu peribahasa, ada yang menyebutkan: “Air susu dibalas dengan air tuba”.

Ingat-ingat!

Nah, salah satu cara kita memahami makna sebuah kata adalah dengan cara tersebut, yaitu dengan cara menemukan, menentukan, atau membangun suatu kata pada sebuah kalimat. Hal ini sangat efektif daripada kita menghafalkan kata per kata.

Dari peribahasa tersebut, yang artinya adalah : “suatu kebaikan yang dibalas dengan kejahatan”, kita dapat menganalisis dari arti kata tersebut.

Susu merupakan minuman yang memiliki rasa manis dan gurih, ini bisa kita asumsikan susu sebagai suatu kebaikan. Sedangkan, tuba diasumsikan dengan kejahatan. Kejahatan sendiri merupakan hal yang tidak baik. Sehingga, dapat dianggap kembali bahwa kejahatan adalah hal yang pahit atau mungkin bersifat racun.

Maka, antonim dari TUBA adalah hal yang baik, manis rasanya, dan sebagainya.
Pada pilihan yang memiliki rasa manis adalah madu.
Maka, TUBA >< Madu.

 Ingat-Ingat!

TUBA sendiri sebenarnya adalah suatu pohon yang akarnya beracun, dapat memabukkan ikan, dan sebagainya.

3. DEFORESTASI >< ….
a. Kehutanan
b. Penebangan hutan
c. Pembukaan lahan
d. Reboisasi
e. Hutan lindung

Penyelesaian:
Pada kata DEFORESTASI terdapat kata FOREST yang artinya hutan. Maka, deforestasi memiliki arti yang berkaitan dengan hutan.
DEFORESTASI memiliki arti penebangan hutan. Sehingga, lawan katanya adalah reboisasi yang memiliki arti penanaman kembali hutan yang gundul.

4. PARSIAL >< ….
a. Internal
b. Eksternal
c. Komunal
d. Induk
e. Manual
Penyelesaian:
Mungkin kata PARSIAL sering kita jumpai pada sebuah kalimat yang berarti menunjukkan sesuatu bagian dari keseluruhan.
Dari arti kata tersebut, kita langsung dapat menentukan lawan kata dari PARSIAL yaitu induk. Karena pilihan yang lain tidak berkaitan dengan bagian atau sumber bagian.

5. MORATORIUM >< ….
a. Penangguhan
b. Penggabungan
c. Kebersamaan
d. Keberlanjutan
e. Keterbukaan

Pembahasan:
Berdasarkan KBBI, kata MORATORIUM memiliki makna penangguhan pembayaran utang; atau suatu penundaan; penangguhan (terhadap suatu hal). Sehingga, MORATORIUM >< KEBERLANJUTAN

6. SIBAK >< ….
a. Menceritakan
b. Menutup
c. Melukiskan
d. Mengatakan
e. Menyingkap

Pembahasan:
Arti kata SIBAK berdasarkan KBBI adalah cerai; pisak ( ke kanan dan ke kiri ); belah (tentang sisiran rambut, dsb). Bisa juga diartikan dengan membuka. Kata menyibak-nyibak bermakna membuka dan memisahkan.
Sehingga, SIBAK >< MENUTUP

7. TIMPANG >< ….
a. Benar
b. Rata
c. Sama
d. Sempurna
e. Seimbang

Pembahasan:
Berdasarkan KBBI, kata TIMPANG bermakna pincang yang tetap; incang-incut; atau tidak seimbang, ada kekurangan, berat sebelah.
Sehingga, TIMPANG >< SEIMBANG

8. EKSPATRIAT >< ….
a. Naturalisasi
b. Fungsionalisasi
c. Pengusiran
d. Pluralisme
e. Pembuangan

Pembahasan:
EKSPATRIAT >< NATURALISASI
Ekspatriat = orang yang melepas kewarganegaraannya atau warga negara asing yang menetap di sebuah negara.
Naturalisasi = pengajuan permohonan untuk memperoleh kewarganegaraan tersebut.

9. JAHARU >< ….
a. Merangkak
b. Berlari
c. Penjahat
d. Orang baik
e. Sedih

Pembahasan:
Berdasarkan KBBI, kata JAHARU memiliki arti orang hina; kurang ajar; penjahat. Sehingga JAHARU >< ORANG BAIK

10. PARASIT >< ….
a. Konfusit
b. Implisit
c. Trombosit
d. Analis
e. Simbiosis

Pembahasan:
Kata PARASIT berdasarkan KBBI bermakna 1. benalu; pasilan; 2. organisme yang hidup dan menghisap makanan dari organisme lain yang ditempelnya; 3. orang yang hidupnya menjadi beban (membebani) orang lain.
Sedangkan arti kata yang terdapat pada pilihan:
Konfusit = tidak merugikan
Implisit = terkandung di dalamnya
Trombosit = keping darah
Analis = orang yang melakukan penyelidikan
Simbiosis = hubungan antara dua organisme yang berbeda.
Sehingga, PARASIT >< KONFUSIT

LATIHAN MANDIRI TES ANTONIM

Kerjakanlah soal berikut ini dengan mengeklik salah satu pilihan jawaban yang tersedia.

Kunci jawaban yang benar adalah yang berwarna hijau.

KOLABORASI >< ....

EPILOG >< ....

MANDIRI >< ....

EKLEKTIK >< ....

MANDIRI >< ....

PAKAR >< ....

EKSTRINSIK >< ....

POSITIF >< ....

PROPOSISI >< ....

TENGGELAM >< ....

ABSOLUT >< ....

SEKULER >< ....

PARSIAL >< ....

NETRAL >< ....

HIGIENIS >< ....

BONGSOR >< ....

TERKATUNG >< ....

IMITASI >< ....

MAYA >< ....

NOMAD >< ....

 

APALAGI SELANJUTNYA?

Khusus Bagi yang Serius Belajar!!!

SUKSES adalah bertemunya KESEMPATAN dengan PERSIAPAN

 

Kesempatan adanya tes CPNS tidaklah 1 tahun atau 2 tahun ada.

Jika Anda tidak mempersiapkan diri berlatih soal CPNS mulai dari sekarang, maka kesempatan emas Anda untuk menjadi PNS melalui jalur tes akan sirna.

 

Untungnya, tidak lagi…

… Kami menyediakan kursus online yang kami persiapkan secara khusus untuk menghadapi tes CPNS dengan sistem CAT.

persiapan lolos tes CPNS

Kehebatan kursus online CPNS CiptaCendekia

  1. Life time access. Selama website Bimbingan Belajar Era Digital masih aktif, akses Anda juga akan terus aktif. Jadi, kapanpun Anda ingin mempelajari materi, mengerjakan soal, maupun mendownload soal, Anda tinggal login menggunakan nama pengguna dan password seperti pada proses pendaftaran. Kemudian memilih Menu Profil > KURSUSKU.
  2. Gratis update. Sejak kursus ini kami publikasikan secara massal, kursus ini sudah beberapa kali mengalami beberapa penambahan materi maupun latihan soal. Artinya dengan gratis update ini, Anda setiap kali ada perubahan materi, Anda juga akan mendapatkannya secara cuma-cuma.
  3. Terstruktur. Materi dan latihan soal disusun secara terstruktur menurut kelompoknya. Hal ini penting agar Anda bisa menguasai materi dengan mudah.
  4. 9999 Pengulangan. Tidak perlu khawatir tentang hasil pengerjaan kuis Anda. Pengerjaan kuis dapat diulang sebanyak 9999 kali. Sehingga Anda akan dapat mengevaluasi bagaimana perkembangan belajar Anda. Skor Anda sebelumnya pun akan dapat Anda ketahui secara mudah.
  5. Download Soal. Soal yang tersedia secara online juga dapat didownload secara offline. Tidak perlu khawatir dengan lawan ujian Anda, akses download hanya dapat berlaku bagi peserta kursus ini. Link Download : https://ciptacendekia.com/kursus/kursus-cpns-persiapan-lolos-tes-cpns/drive
  6. Forum Diskusi. Terdapat forum diskusi yang dikhususkan untuk Anda apabila mengalami kendala dalam mempelajari materi maupun berlatih soal. Anda dapat berdiskusi dengan peserta kursus yang lain dari berbagai daerah di Indonesia. ( https://ciptacendekia.com/forums/forum/lolos-tes-cpns/) Tidak perlu khawatir, selain peserta kursus, forum ini tidak dapat dilihat karena bersifat privat.
  7. Konsultasi Gratis. Anda ingin berkonsultasi dengan kami? Jika ada Anda memiliki kesulitan maupun pertanyaan, silakan hubungi kami melalui WhatApp, forum kursus, maupun fitur diskusi materi.

Tunggu Apalagi?

Cek sekarang sebelum semuanya terlambat!

Kursus Persiapan Terbaik Lolos CPNS >>

 

Demikian latihan soal tes antonim untuk persiapan CPNS ini.

Jika Anda merasa latihan soal seperti ini bermanfaat, silakan share latihan soal tes antonim CPNS ini kepada rekan, saudara, atau tetangga Anda melalui tombol media sosial (facebook, twitter, google plus) yang terdapat di bawah artikel ini.

 

Sekian, semoga bermanfat. Aamiin.

Salam hangat,

 

 

Wiji Hatmoko

Admin CiptaCendekia.com

Advertisements
4 Juni 2018

1 Tanggapan pada "Tes Antonim untuk Persiapan CPNS yang Harus Anda Kuasai"

Berikan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Video Cara Mengikuti Kursus

Berlangganan Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email. Gratis tidak dipungut biaya!

Bergabung dengan 64 pelanggan lain

Anggota

top