KODE DISKON 30% Kursus Perangkat Desa = CIPTACENDEKIA30

  • Tidak ada produk dalam keranjang.

  • LOGIN

Tes Aritmetika CPNS

Tes aritmetika CPNS ini merupakan salah satu bagian TES TIU CPNS yang termasuk dalam kategori Tes Kemampuan Numerik yang diteskan dalam Tes CPNS.

Sebagian orang, bahkan termasuk saya dulu masih bingung apa bedanya aritmetik (aritmatika) dengan Deret Aritmatika. Bahkan istilah antara aritmetika dan aritmatika mana yang benar pasti juga masih banyak yang belum tahu.

Nah, melalui tulisan saya akan berusaha menjawab kebingungan yang saya temui tersebut. Kemudian, saya akan berikan contoh soal Tes Aritmetika yang dapat Anda kerjakan melalui website ini.

Dan tentu saja, saya akan berusaha memberikan pembahasan untuk masing-masing soal.

A. Pengertian Aritmetika

Dari sumber wikipedia dijelaskan bahwa Aritmetika (kadang salah dieja sebagai aritmatika, berasal dari bahasa Yunani αριθμός – arithmos = angka) atau dulu disebut ilmu hitung merupakan cabang (atau pendahulu) matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan. Oleh orang awam, kata “aritmetika” sering dianggap sebagai sinonim dari teori bilangan.

Dari pengertian tersebut dapat diartikan bahwa aritmetika adalah cabang dari Matematika yang mempelajari tentang perhitungan.

Oleh karena itu Aritmetika juga disebut sebagai Ilmu Hitung.

B. Mana yang benar, Aritmetika atau Aritmatika?

Sebenarnya secara eksplisit, telah dijelaskan dari sumber wikipedia bahwa istilah aritmetika kadang salah dieja sebagai aritmatika. Namun, dikarenakan kebenaran mutlak hanya milik Allah SWT, tentu saja mana yang benar antara aritmetika atau aritmatika ini merupakan pembahasan dalam segi konvensi (kesepakatan bersama).

Jadi, tidak ada benar atau salah, yang ada adalah KESEPAKATAN.

Nah, dikarenakan ada istilah aritmetika dan aritmatika yang juga sama-sama ditemukan di dalam buku-buku yang beredar di dunia pendidikan Indonesia, maka mengenai kesepakatan istilah mana yang tepat digunakan, bukan menjadi wewenang saya untuk menjawabnya. Biarlah para ahli matematika dan ahli pendidikan Indonesia yang menjawabnya ya.. 🙂

Yang jelas, Anda seharusnya tidak perlu bingung lagi bahwa antara aritmetika dan aritmatika sama-sama merujuk pada ilmu hitung.

C. Apa Saja yang Dibahas dalam Aritmetika?

Hal-hal yang dibicarakan dalam Aritmetika diantaranya adalah sifat-sifat bilangan dan dasar-dasar perhitungan seperti menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi. Meskipun operasi memangkatkan, menarik akar, persentase, dan logaritma kadang juga dimasukkan ke dalam kategori Aritmetika.

Yang perlu Anda ketahui, perhitungan dalam aritmetika dilakukan menurut suatu urutan operasi yang menentukan operasi aritmetika yang mana lebih dulu dilakukan.

D. Apakah sama Aritmetika dengan Deret Aritmetika?

Saya jawab tidak sama.

Aritmetika telah kita bahas di atas, yaitu cabang matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan.

Sedangkan Deret Aritmetika adalah deret bilangan dan di mana bilangan berikutnya merupakan penambahan bilangan sebelumnya dengan suatu bilangan beda tertentu. Contohnya adalah 3, 5, 7, 9, 11, 13.

Pembahasan mengenai deret aritmetika, saya bahas di lain kesempatan.

E. Seperti Apa Contoh Soal Tes Aritmetika CPNS?

Nah, ini pembahasan utama kita kali ini.

Silakan Anda kerjakan terlebih dahulu soal yang tampil di bawah ini dengan cara mengeklik pada salah satu pilihan jawaban yang tersedia.

Selanjutnya, pembahasan melalui video akan kami jelaskan setelah Anda mengerjakan keseluruhan soal tersebut.

Note : Jika soal-soal di bawah ini tidak muncul, pastikan link ini Anda klik agar Anda dialihkan pada link halaman yang tepat.

https://ciptacendekia.com/tes-aritmetika-cpns/

Soal Aritmetika CPNS

Ini adalah kuis dengan batasan waktu. Anda akan diberikan waktu 300 detik untuk menjawab semua pertanyaan yang tersedia. Apakah Anda siap?

300

Benar! Salah!

Penjelasan melalui video : Klik di sini

Hasil dari penjumlahan : 510 + 510 + 510 + 510 + 510 adalah ....

Benar! Salah!

Penjelasan melalui video : Klik di sini

Benar! Salah!

Pembahasan melalui video: klik di sini

Benar! Salah!

Penjelasan melalui video : Klik di sini

Berapakah nilai x?

Benar! Salah!

Penjelasan melalui video : Klik di sini

12,3453 x 2,12 = ....

Benar! Salah!

Pembahasan melalui video : Klik di sini

Benar! Salah!

Penjelasan melalui video : Klik di sini

Jika empat ratus sembilan puluh lima adalah p% dari 1650, maka nilai dari p adalah ....

Benar! Salah!

Penjelasan melalui video : Klik di sini

Benar! Salah!

Pembahasan melalui video : Klik di sini

Soal Hitung Cepat Bagian 1
Wah selamat ya, Anda memang HEBAT!!!!!

Anda bisa semakin baik lagi dengan banyak berlatih soal-soal Aritmetika (hitung cepat) lainnya. Tetaplah percaya diri bahwa Anda bisa menaklukkan semua soal hitung cepat.
Oh, no.... Nampaknya Anda belum cukup menguasai soal yang kami sediakan.

Nampaknya, Anda perlu memahami konsep-konsep dasar materi Aritmetika (Hitung Cepat). Tenang, kami menyediakan kursusnya kok.

Bagikan hasil perolehan Anda:

 

F. Apalagi Selanjutnya?

Akhirnya, Anda telah mengetahui bahwa aritmetika merupakan cabang matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan.

Kini sebagai persiapan diri Anda dalam menghadapi tes CPNS ataupun tes PKN STAN, kami telah susun sebuah Kursus Menguasai Menghitung Cepat untuk Anda.

Setelah menyelesaikan Kursus Menguasai Hitung Cepat ini, In Syaa Allah Anda akan mampu menghitung soal-soal aritmetika dengan lebih mudah dan lebih cepat. Karena Anda telah mengetahui konsep-konsepnya dari dasar serta telah dilatih secara bertahap melalui kuis yang tersedia di dalam kursus.

Link Kursus Menguasai Hitung Cepat, tekan pada tombol di bawah ini.

Kursus Menguasai Menghitung Cepat

G. Sumber Referensi:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Aritmetika
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Barisan_dan_deret_aritmetika

Demikian, kiranya yang dapat kami sampaikan, jika kiranya tulisan seperti ini bermanfaat bagi Anda, kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan tulisan ini kepada saudara, teman, atau tetangga Anda dengan cara mengeklik salah satu tombol media sosial yang terdapat di bawah tulisan ini.

Salam cerdas luar biasa!

0 Tanggapan pada "Tes Aritmetika CPNS"

    Berikan Komentar Anda