Tes Sinonim untuk Persiapan CPNS

Tes Sinonim ini merupakan salah satu tes intelegensi umum (TIU) yang diujikan dalam soal tes CPNS.

Setelah mempelajari dan mempraktikkan tes sinonim ini, Anda akan mengerti seberapa siap Anda mengikuti tes CPNS. Tidak hanya itu, Anda akan mengerti bagaimana trik mengerjakan soal dalam tes sinonim.

Pada akhir bagian tes ini, kami sediakan latihan soal sinonim untuk Anda kerjakan secara mandiri. Mudah-mudahan persiapan Anda menghadapi tes CPNS semakin matang dengan latihan soal yang kami sediakan.

Namun sebelum mengarah kesana, kita bahas dulu apa itu sinonim, dan mengapa tes sinonim termasuk salah satu soal yang diujikan dalam tes CPNS.

Pengertian Sinonim

Kata sinonim berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu “Syn” yang berarti dengan dan “onomo” yang berarti nama. Secara harfiah, sinonim dapat diartikan sebagai suatu kata (lebih dari satu) yang memiliki arti dan pengertian yang sama.

Dengan kata lain, sinonim adalah persamaan atau padanan kata.

Tujuan Tes Sinonim

Dengan penguasaan banyak kata yang memiliki arti sama, maka dimungkinkan dapat menyusun dan mengolah berbagai bentuk dan variasi kalimat. Terkadang penempatan suatu kata pada sebuah kalimat memiliki makna tertentu.

Tujuan tes sinonim adalah untuk mengukur kemampuan dalam mengartikan suatu kata. Sehingga, wawasan terhadap berbagai kata yang memiliki kesamaan arti sangat diperlukan.

Selain itu, tes ini juga dapat digunakan untuk mengukur kecermatan terhadap suatu indikasi yang sama atau mirip.

Tips Mengerjakan Tes Sinonim

Untuk memperbanyak perbendaharaan kosakata yang dikuasai memang membutuhkan waktu yang tidak singkat, karena begitu banyaknya kata-kata dengan arti dan maksudnya.

Selain harus sering membaca artikel, makalah, berita, atau bacaan yang lain untuk menambah wawasan, dalam menyelesaikan soal tes sinonim juga bisa menggunakan beberapa cara.

Misalnya:

  • membaca atau mempelajari paket soal sinonim yang sering keluar dalam tes CPNS.
  • membuat kalimat dengan memuat kata-kata yang menjadi soal dan jawabannya.

Contoh Tes Sinonim dan Pembahasannya

  1. RESAH = ….

a. gulana

b. lekat

c. gundah

d. kendala

e. Dilema

 

Pembahasan:

Kata RESAH memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Resah adalah kata yang menggambarkan keadaan hati atau pikiran yang sedang gelisah, tidak tenang, atau gugup.

Maka, dari pilihan jawaban yang ada, pilihan lekat dan kendala jelas tidak ada kaitannya. Sedangkan kata dilema sendiri memiliki arti tentang keadaan yang mengharuskan seseorang untuk menentukan pilihan. (Ingat! Resah tidak hanya tentang menentukan pilihan).

Dalam bahasa Indonesia, kita sering mendengar istilah gundah gulana. Istilah yang menyatakan suatu keadaan hati yang sedang gelisah. Tetapi kita perlu hati-hati, karena kata gundah dan gulana terdapat pada pilihan jawaban yang berbeda. Dan kita mesti tahu arti kata tersebut masing-masing.

Kata gundah memiliki arti sedih, gelisah sedangkan kata gulana memiliki arti lesu, letih.

Sehingga, kata resah memiliki makna kata yang lebih dekat dengan gundah.

 

2. LESAK = …

a. Terhenyak

b. Terbuang

c. Terangkat

d. Terlontar

e. Tertelan

 

Pembahasan:

Kata lesak memiliki makna sesuatu yang terbenam atau ambles.

Dari pilihan jawaban yang ada, sesuatu benda atau hal yang mendapat perlakuan seperti halnya terbenam atau ambles adalah tertelan (suatu benda atau hal masuk pada benda atau hal lain).

Sehingga, kata LESAK bersinonim dengan TERTELAN.

 

3. PUKAT = ….

a. Perahu

b. Bom

c. Jaring

d. Kapal

e. Racun

 

Pembahasan:

Salah satu cara untuk menemukan sinonim daru suatu kata adalah dengan mencari suatu istilah yang menggunakan kata tersebut.

Misalkan kata pukat. Suatu istilah yang mungkin sering kita mendengarnya adalah “pukat harimau”.

Pukat harimau adalah sebutan untuk suatu alat untuk menangkap ikan dengan suatu jaring besar yang ditarik oleh dua kapal. Sehingga, apapun yang dilewatinya akan terangkut pada alat tersebut yang pada akhirnya akan merusak ekosistem laut.

Maka, kata PUKAT mempunyai arti sebuah jaring.

 

4. MUNTUL = ….

a. Ubi

b. Berlebih

c. Majal

d. Gergaji

e. Pisau

 

Pembahasan:

Ingat-ingat!

Mungkin sebagian orang Jawa, sering mendengar istilah “kethul” yang maksudnya menyatakan suatu alat potong yang sudah tidak tajam lagi. Dalam bahasa Indonesia istilahnya adalah muntul.

Dari pilihan yang ada, Ubi dan Berlebih tidak ada kaitannya dengan ketajaman. Sedangkan kata Gergaji dan Pisah adalah suatu benda yang bisa tajam atau tumpul.

Artinya, tersisa pilihan kata MAJAL, sedangkan kata majal sendiri berarti tumpul.

Menurut KBBI, kata MUNTUL berarti tumpul; tidak tajam.

Sehingga, kata MUNTUL bersinonim dengan kata MAJAL.

 

5. ALGORITME = ….

a. Irama

b. Alegori

c. nada dasar

d. prosedur pemecahan

e. cara alternatif

 

Pembahasan:

Algoritme adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas atau urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Sehingga, ALGORITME = PROSEDUR PEMECAHAN MASALAH.

Bagi yang  tahu definisi di atas maka soal tersebut tidak menjadi masalah berarti. Namun, bagi yang benar-benar belum tahu maka harus sedikit berpikir ekstra untuk bisa menjawabnya.

Langkah apa yang bisa kita lakukan?

Coba kita ingat kata apa yang sering melekat dengan kata algoritme?

Ya, pasti banyak yang tahu yaitu algoritme pemrograman. Nah, coba kita pasangkan semua kata dari pilihan jawaban yang tersedia.

Pilihan Irama, Nada dasar, dan Cara alternatif sudah jelas tidak masuk dan aneh jika digabungkan dengan kata pemrograman.

Nah, tinggal pilihan alegori dan prosedur pemecahan. Berdasarkan pola-pola soal yang sering keluar, biasanya di sana diberikan kosakata-kosakata yang asing bagi kita dan kebanyakan ini sebagai penjebak.

Maka, kemungkinan jawaban yang benar adalah prosedur pemecahan.

 

6. PURBAWISESA = ….

a. Selesai

b. Hubungan

c. Bergelombang

d. Acara

e. Kekuasaan sepenuhnya

 

Pembahasan:

Ingat-Ingat!

Mungkin sebagian orang sering mendengar kata Wisesa. Karena kata tersebut ada yang mempergunakannya sebagai nama orang.

Jika kita perhatikan secara penalaran dari pilihan jawaban yang tersedia, pilihan Selesai, Bergelombang, dan Acara kemungkinan untuk dijadikan nama mungkin sangat kecil.

Dari kata Wisesa sendiri mempunyai makna penguasa utama.

Sehingga, kata PURBAWASESA bersinonim dengan kata KEKUASAAN SEPENUHNYA.

 

LATIHAN MANDIRI SOAL TES SINONIM

Di bawah ini terdapat paket soal tes sinonim yang dapat Anda kerjakan dengan cara mengeklik salah satu pilihan jawaban yang merupakan sinonim atau padanan kata dari soal yang disediakan.

ADITAMA = ....

PIALANG = ….

DIKOTOMI = ….

INTERMESO = ….

CITRA = ….

TEKTUM = ....

MUKADIMAH = ….

EMBALASE = ....

ASUMSI = ….

INTERNIS = ....

ENTREPENEUR = ….

SREGEP = ....

TRANSENDENTAL = ….

GAHARU = ….

AKUISISI = ….

ABSORPSI = ….

TRIVIA = ....

NATIVISME = ....

LIGA = …

KISI-KISI = …

 

APALAGI SELANJUTNYA?

Khusus Bagi yang Serius Belajar!!!

SUKSES adalah bertemunya KESEMPATAN dengan PERSIAPAN

 

Kesempatan adanya tes CPNS tidaklah 1 tahun atau 2 tahun ada.

Jika Anda tidak mempersiapkan diri berlatih soal CPNS mulai dari sekarang, maka kesempatan emas Anda untuk menjadi PNS melalui jalur tes akan sirna.

 

Untungnya, tidak lagi…

… Kami menyediakan kursus online yang kami persiapkan secara khusus untuk menghadapi tes CPNS dengan sistem CAT.

persiapan lolos tes CPNS

Kehebatan kursus online CPNS CiptaCendekia

  1. Life time access. Selama website Bimbingan Belajar Era Digital masih aktif, akses Anda juga akan terus aktif. Jadi, kapanpun Anda ingin mempelajari materi, mengerjakan soal, maupun mendownload soal, Anda tinggal login menggunakan nama pengguna dan password seperti pada proses pendaftaran. Kemudian memilih Menu Profil > KURSUSKU.
  2. Gratis update. Sejak kursus ini kami publikasikan secara massal, kursus ini sudah beberapa kali mengalami beberapa penambahan materi maupun latihan soal. Artinya dengan gratis update ini, Anda setiap kali ada perubahan materi, Anda juga akan mendapatkannya secara cuma-cuma.
  3. Terstruktur. Materi dan latihan soal disusun secara terstruktur menurut kelompoknya. Hal ini penting agar Anda bisa menguasai materi dengan mudah.
  4. 9999 Pengulangan. Tidak perlu khawatir tentang hasil pengerjaan kuis Anda. Pengerjaan kuis dapat diulang sebanyak 9999 kali. Sehingga Anda akan dapat mengevaluasi bagaimana perkembangan belajar Anda. Skor Anda sebelumnya pun akan dapat Anda ketahui secara mudah.
  5. Download Soal. Soal yang tersedia secara online juga dapat didownload secara offline. Tidak perlu khawatir dengan lawan ujian Anda, akses download hanya dapat berlaku bagi peserta kursus ini. Link Download : https://ciptacendekia.com/kursus/kursus-cpns-persiapan-lolos-tes-cpns/drive
  6. Forum Diskusi. Terdapat forum diskusi yang dikhususkan untuk Anda apabila mengalami kendala dalam mempelajari materi maupun berlatih soal. Anda dapat berdiskusi dengan peserta kursus yang lain dari berbagai daerah di Indonesia. ( https://ciptacendekia.com/forums/forum/lolos-tes-cpns/) Tidak perlu khawatir, selain peserta kursus, forum ini tidak dapat dilihat karena bersifat privat.
  7. Konsultasi Gratis. Anda ingin berkonsultasi dengan kami? Jika ada Anda memiliki kesulitan maupun pertanyaan, silakan hubungi kami melalui WhatApp, forum kursus, maupun fitur diskusi materi.

Tunggu Apalagi?

Cek sekarang sebelum semuanya terlambat!

Kursus Persiapan Terbaik Lolos CPNS >>

Demikian penjelasan tes sinonim untuk persiapan tes CPNS ini kami buat.

Jika Anda merasa latihan soal seperti ini bermanfaat, silakan share latihan soal tes sinonim CPNS ini kepada rekan, saudara, atau tetangga Anda melalui tombol media sosial (facebook, twitter, google plus) yang terdapat di bawah artikel ini.

Sekian, semoga bermanfat. Aamiin.

Salam hangat,

Wiji Hatmoko

Admin CiptaCendekia.com

4 Juni 2018

2 Tanggapan pada "Tes Sinonim untuk Persiapan CPNS"

Berikan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berlangganan Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email. Gratis tidak dipungut biaya!

Bergabung dengan 87 pelanggan lain

Hubungi Kami

Telp. atau Whatsapp

085642 028 088

Senin - Sabtu, 14.00-17.00

Email

Kirimkan email pada kami

[email protected]

kami akan balas segera

Lokasi

Alamat kantor

Jl. Wonogiri-Purwantoro Km.37,2

Slogohimo 57694

top