Soal TIU CPNS + Kunci dan Pembahasan

Panduan Lengkap Latihan Soal dan Strategi Efektif Lolos Tes CPNS

Apakah Anda berambisi meraih karier sebagai Pegawai Negeri Sipil? Persiapan yang matang dalam menghadapi Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS adalah kunci untuk mencapai sukses. Dalam panduan komprehensif ini, kami akan membahas secara mendalam bagaimana latihan soal TIU CPNS dapat membantu Anda meraih hasil maksimal dalam ujian tersebut.

Informasi: Soal TIU CPNS ini merupakan kelanjutan soal TWK CPNS yang telah kami posting beberapa hari yang lalu. Soal Tes Intelegensi Umum ini juga merupakan latihan soal yang dapat Anda kerjakan langsung di sini dari rangkaian latihan soal CPNS online yang terdapat di website Bimbingan Belajar Era Digital CiptaCendekia.com ini.

Jika Anda belum mencoba mengerjakan soal TWK, Anda bisa klik tombol di bawah ini untuk mencoba mengerjakannya sekarang:

<< Kembali ke Soal TWK CPNS

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa Tes Intelegensi Umum adalah bagian penting dari ujian CPNS yang menguji kemampuan bernalar dan analitismu. Tenang saja, kami telah merangkum materi yang akan diuji serta memberikan tips penting untuk menghadapinya.

Tentang Tes Intelegensi CPNS 💡

Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS adalah komponen penting dalam seleksi CPNS. Tes ini tidak hanya menguji pengetahuan, tetapi juga kemampuan berpikir kritis dan analitis Anda. Dalam ujian TIU, Anda akan dihadapkan pada beragam soal yang menguji kemampuan verbal, numerik, dan figural. Jika Anda ingin meningkatkan peluang Anda dalam tes ini, latihan soal adalah langkah pertama yang perlu diambil. Mari kita eksplorasi mengapa latihan soal TIU begitu penting dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya dengan baik.

Mengapa Latihan Soal TIU Penting?

Latihan soal TIU CPNS adalah pintu menuju kesuksesan dalam ujian. Latihan bukan hanya tentang mengulang soal-soal secara membabi-buta, tetapi tentang memahami esensi dari setiap tipe soal. Ini membantu Anda mengasah kemampuan dan strategi Anda dalam menjawab berbagai tipe pertanyaan.

❤️ Manfaat Berlatih Soal TIU CPNS ❤️

Berikut adalah manfaat nyata dari latihan soal TIU CPNS:

  • 1. Penguasaan Materi: Latihan soal membantu Anda memahami berbagai konsep yang akan diuji dalam TIU. Ini termasuk kemampuan verbal, yang menguji pemahaman Anda terhadap kata-kata dan hubungan antar-kata; kemampuan numerik, yang mengukur kemampuan Anda dalam berhitung dan menganalisis data numerik; serta kemampuan figural, yang menguji kemampuan Anda dalam mengenali pola dan hubungan visual.
  • 2. Peningkatan Kecepatan: Latihan rutin meningkatkan kecepatan berpikir dan menjawab. Ketika Anda terbiasa dengan berbagai tipe soal, Anda akan lebih efisien dalam menjawab dalam batasan waktu yang ditentukan.
  • 3. Pengembangan Strategi: Melalui latihan, Anda dapat mengembangkan strategi spesifik untuk menyelesaikan soal-soal tertentu. Anda akan belajar bagaimana memecah masalah yang kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dipecahkan.
  • 4. Peningkatan Percaya Diri: Latihan yang konsisten meningkatkan rasa percaya diri Anda. Semakin banyak soal yang Anda kerjakan, semakin siap Anda menghadapi ujian sebenarnya.

Bagaimana Cara Melakukan Latihan Soal TIU yang Efektif?

  • 1. Mengenal Materi: Pertama-tama, telusuri cakupan materi TIU secara menyeluruh. Pahami konsep-konsep dasar dan pola yang mungkin muncul dalam soal.
  • 2. Variasi Soal: Pilih latihan soal dengan variasi tipe dan tingkat kesulitan. Ini membantu Anda siap menghadapi berbagai kemungkinan soal dalam ujian.
  • 3. Jadwal Rutin: Tetapkan jadwal latihan yang konsisten. Dedikasikan waktu setiap hari untuk melatih otak Anda, dan tingkatkan intensitas menjelang ujian.
  • 4. Analisis Hasil: Setelah mengerjakan latihan, analisis hasil Anda dengan cermat. Identifikasi area yang perlu perbaikan dan fokus pada pemahaman yang lebih mendalam.

Materi TIU CPNS

Berdasarkan Permenpanrb No. 23 tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 soal TIU CPNS menguji kemampuanmu dalam hal:

  • a. Tes Kemampuan Verbal
    • 1) Analogi dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain;
    • 2) Silogisme, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan; dan
    • 3) Analitis, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan
  • b. Tes Kemampuan Numerik
    • 1) Berhitung, dengan tujuan mengukur kemampuan hitung sederhana;
    • 2) Deret Angka, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka;
    • 3) Perbandingan Kuantitatif, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif; dan
    • 4) Soal Cerita, dengan tujuan untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan
  • c. Tes Kemampuan Figural
    • 1) Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain;
    • 2) Ketidaksamaan, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar;
    • 3) Serial, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar;

Nah, setelah mengetahui tentang cakupan soal Tes Intelegensi Umum di atas, mudah-mudahan Anda mempunyai pandangan seperti apa soal-soal yang mungkin keluar.

Untuk itu, melalui tulisan ini saya akan berikan latihan soal Tes Intelegensi Umum CPNS yang dapat Anda kerjakan secara langsung dan dapat diketahui hasilnya.

Kemudian pada bagian akhir latihan soal, saya juga telah menyediakan link Kursus CPNS Online yang berisi latihan soal super lengkap sebagai bekal persiapanmu mengikuti tes cpns. Dengan mengikuti kursus CPNS yang berisi soal-soal yang lebih lengkap maka persiapan Anda akan semakin matang dan berpeluang besar dalam lolos tes CPNS.

Baik, selanjutnya mari kita lihat, apakah cakupan materi di atas telah Anda kuasai dan mendapatkan nilai di atas passing grade yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

🎯 Latihan Soal TIU CPNS🎯

Ayo, mari kita mulai persiapan! Anda bisa memulai dengan mengakses latihan soal Tes Intelegensi Umum CPNS yang kami sediakan di bagian bawah ini. Dapatkan jawaban langsung dan hasilnya untuk mengukur kemampuanmu.

Pahami dulu petunjuk pengerjaannya ya..

Petunjuk Pengerjaan Soal TIU CPNS di Ciptacendekia.com

  1. Soal terdiri dari 35 soal yang diacak secara otomatis melalui sistem komputer
  2. Pilihlah jawaban dengan cara mengeklik salah satu pilihan jawaban yang tersedia
  3. Jika jawaban Anda benar, maka opsi jawaban yang Anda pilih akan berwarna hijau
  4. Jika jawaban Anda salah, maka opsi jawaban yang Anda pilih akan berwarna merah sedangkan kunci jawaban yang benar akan berwarna hijau
  5. Untuk mengetahui berapa jawaban yang benar, masukkan nama dan email pada akhir pengerjaan kuis ini.
  6. Jika Anda mendapatkan nilai di atas Passing Grade soal TIU CPNS ini, maka Anda berhak mendapatkan kode kupon senilai Rp25.000,- untuk mengikuti kursus CPNS online di ciptacendekia.com
KURSUS CPNS ONLINE >>

Soal TIU CPNS

(〖(876+346)〗^2+〖(876−346)〗^2)/((876 x 876+346 x 346)) = …

Benar! Salah!

LEGITIMASI = ....

Benar! Salah!

Legitimasi adalah keterangan (surat) yang mengesahkan dan membenarkan serta menerangkan bahwa tahun pemegang surat itu benar-benar dia.

Etnis Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, memiliki kekayaan seni budaya yang beragam. Salah satu diantaranya adalah naskah lontar atau takepan yang masih banyak disimpan masyarakat. Naskah lontar antara lain berisi ajaran akhlak, cerita, falsafah, upacara adat, keagamaan, dan solidaritas sosial. Naskah ini beraksara Jawa Kuno, Jawa, Bali, dan Sasak atau Jejawan. Keberadaan naskah ini kemudian melahirkan tradisi membaca naskah lontar.

Tradisi membaca naskah lontar biasanya diselenggarakan pada acara tertentu, seperti khitanan, ngurisang atau potong rambut pada anak balita, dan pernikahan. Naskah yang dibacakan pada beragam acara tersebut disesuaikan dengan permintaan si empunya hajat. Dalam acara ngurisang, naskah yang dibacakan bisa takepan Indrajaya, sedangkan dalam acara pernikahan dapat dibacakan naskah Dewi Rengganis. Takepan Indrajaya berisi kisah putri bisu yang kemudian bisa berbicara setelah disapa seorang pemuda. Adapun naskah Dewi Rengganis berisi pedoman muda-mudi dalam memilih jodoh.

Salah satu pembaca takepan yang relatif popular adalah Nari Amak Nurmini atau Mini. Usianya sudah lanjut, 70 tahun. Namun, ia masih sering kali mendapat permintaan warga Lombok untuk membaca takepan demi meramaikan acara yang mereka selenggarakan.

Pernyataan yang berhubungan dengan isi bacaan di atas adalah ….

Benar! Salah!

Pernyataan yang berhubungan dengan isi bacaan tersebut adalah Nari adalah salah seorang pembaca naskah lontar. Pernyataan tersebut ada dalam paragraf ke-3.

KAPABEL >< ....

Benar! Salah!

Kapabel diartikan pandai; cakap; sanggup. Lawan kata kapabel adalah bodoh.

PERTANYAAN : JAWABAN = STIMULUS : ….

Benar! Salah!

Jika dilihat dari soal, pertanyaan dihubungkan dengan jawaban karena pertanyaan membutuhkan jawaban. Sehingga stimulus sangat tepat dihubungkan respon. Karena stimulus sendiri mempunyai arti rangsangan yang tepat dihubungkan dengan respon.

Etnis Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, memiliki kekayaan seni budaya yang beragam. Salah satu diantaranya adalah naskah lontar atau takepan yang masih banyak disimpan masyarakat. Naskah lontar antara lain berisi ajaran akhlak, cerita, falsafah, upacara adat, keagamaan, dan solidaritas sosial. Naskah ini beraksara Jawa Kuno, Jawa, Bali, dan Sasak atau Jejawan. Keberadaan naskah ini kemudian melahirkan tradisi membaca naskah lontar.

Tradisi membaca naskah lontar biasanya diselenggarakan pada acara tertentu, seperti khitanan, ngurisang atau potong rambut pada anak balita, dan pernikahan. Naskah yang dibacakan pada beragam acara tersebut disesuaikan dengan permintaan si empunya hajat. Dalam acara ngurisang, naskah yang dibacakan bisa takepan Indrajaya, sedangkan dalam acara pernikahan dapat dibacakan naskah Dewi Rengganis. Takepan Indrajaya berisi kisah putri bisu yang kemudian bisa berbicara setelah disapa seorang pemuda. Adapun naskah Dewi Rengganis berisi pedoman muda-mudi dalam memilih jodoh.

Salah satu pembaca takepan yang relatif popular adalah Nari Amak Nurmini atau Mini. Usianya sudah lanjut, 70 tahun. Namun, ia masih sering kali mendapat permintaan warga Lombok untuk membaca takepan demi meramaikan acara yang mereka selenggarakan.

Inti bacaan di atas adalah …

Benar! Salah!

Inti bacaan merupakan hasil dari kegiatan menyarikan bacaan. Inti bacaan tersebut adalah Membaca naskah lontar menjadi tradisi di Lombok

Bila Anda masuk sekolah pilot, Anda akan jadi penerbang. Kebanyakan penerbang adalah pekerja keras.

Benar! Salah!

Bila Anda masuk sekolah pilot Anda akan menjadi penerbang.

Kebanyakan penerbang adalah pekerja keras.

Kesimpulannya:

Semua siswa sekolah pilot akan menjadi penerbang.

Pilihlah salah satu kata dari kata yang ada, yang memiliki perbedaan dengan kata yang lain!

Benar! Salah!

Tenggorokan bukan termasuk saluran pencernaan. Sedangkan kata yang lainnya merupakan bagian dari saluran pencernaan.

Jika nilai x terletak antara a dan b, sedangkan b < y, maka ….

Benar! Salah!

Nilai x terletak antara a dan b, maka :

a < x < b

Sedangkan b < y, maka hubungannya jelas bahwa :

a < x < b < y

Jadi, x < y

Jika suatu sarana merupakan sarana yang up to date maka sarana itu harus dioperasikan dengan sistem yang modern. Jika sistem itu modern maka sistem itu harus terkomputerisasi. Sarana y selalu masih dioperasikan secara manual dan belum terkomputerisasi.

Benar! Salah!

Jika suatu sarana merupakan sarana yang up to date, maka sarana itu harus dioperasikan dengan sistem modern. Jika sistem itu modern, maka sistem itu harus terkomputerisasi.

Karena sarana y selalu masih dioperasikan secara manual dan belum terkomputerisasi, maka sarana y belum modern, yang artinya sarana y pasti bukan sarana yang up to date.

Berlari pagi adalah aktivitas yang pasti dilakukan Alam di hari Minggu. Hari Minggu ini Alim banyak pekerjaan.

Benar! Salah!

Berlari pagi adalah aktivitas yang pasti dilakukan Alim di hari Minggu. Sehingga, walaupun hari Minggi ini alim banyak pekerjaan, Alim tetap akan melakukan aktivitas lari pagi.

Atau : Hari Minggu ini Alim berlari pagi meskipun banyak pekerjaan.

Seseorang pemeriksa akan memeriksa 5 kantor yakni E, F, G, H, dan I. Karena lima kantor tersebut saling berhubungan maka pemeriksa harus melakukan pemeriksaan dengan urutan sebagai berikut:

• H dapat diperiksa jika F sudah diperiksa

• G diperiksa sebelum E diperiksa

I diperiksa pada urutan keempat

Urutan yang benar adalah …

Benar! Salah!

Jika klm < 0, dengan k = m, maka ….

Benar! Salah!

Klm < 0, dengan k = m

Ada dua kemungkinan:

K dan m adalah bilangan negatif semua, atau k dan m adalah dua bilangan positif semua.

Dari dua kemungkinan tersebut, hasil dari :

k/m > 0 dan km > 0

Karena klm < 0, maka nilai dari l haruslah bilangan negatif, atau l < 0.

Sekumpulan data terdiri dari 5 bilangan asli, memiliki rata-rata hitung 8 dan rentang 12. Bilangan asli terkecil yang tidak mungkin menjadi anggota dari kumpulan tersebut adalah ….

Benar! Salah!

SUAP : POLITIK = ….. : ….

Benar! Salah!

Dalam berPOLITIK dilarang melakukan tindakan SUAP. Sebagaimana dalam UJIAN dilarang MENYONTEK.

Penulisan huruf kapital yang mengikuti EYD terdapat dalam kalimat berikut ….

Benar! Salah!

Penulisan huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat Sebagaima diungkapkan oleh Jassin surat dari PSSI yang berisi penegasan bahwa Piala AFF bukanlah gratifikasi itu telah diterima KPK.

Opsi ( a ) kata pasar Jumoyo seharusnya ditulis Pasar Jumoyo.

Opsi ( b ) tidak boleh menggunakan dua kata hubung sekaligus, yaitu setelah sejak. Seharusnya menghilangkan kata sejak.

Opsi ( c ) kata kota Salatiga seharusnya ditulis Kota Salatiga.

Opsi ( e ) setelah kata adil seharunya diberi tanda koma (,)

Etnis Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, memiliki kekayaan seni budaya yang beragam. Salah satu diantaranya adalah naskah lontar atau takepan yang masih banyak disimpan masyarakat. Naskah lontar antara lain berisi ajaran akhlak, cerita, falsafah, upacara adat, keagamaan, dan solidaritas sosial. Naskah ini beraksara Jawa Kuno, Jawa, Bali, dan Sasak atau Jejawan. Keberadaan naskah ini kemudian melahirkan tradisi membaca naskah lontar.

Tradisi membaca naskah lontar biasanya diselenggarakan pada acara tertentu, seperti khitanan, ngurisang atau potong rambut pada anak balita, dan pernikahan. Naskah yang dibacakan pada beragam acara tersebut disesuaikan dengan permintaan si empunya hajat. Dalam acara ngurisang, naskah yang dibacakan bisa takepan Indrajaya, sedangkan dalam acara pernikahan dapat dibacakan naskah Dewi Rengganis. Takepan Indrajaya berisi kisah putri bisu yang kemudian bisa berbicara setelah disapa seorang pemuda. Adapun naskah Dewi Rengganis berisi pedoman muda-mudi dalam memilih jodoh.

Salah satu pembaca takepan yang relatif popular adalah Nari Amak Nurmini atau Mini. Usianya sudah lanjut, 70 tahun. Namun, ia masih sering kali mendapat permintaan warga Lombok untuk membaca takepan demi meramaikan acara yang mereka selenggarakan.

Ide pokok bacaan di atas adalah ….

Benar! Salah!

Ide pokok atau gagasan utama paragraf adalah hal pokok yang diungkapkan dalam suatu paragraf, menjadi inti keseluruhan isi paragraf. Ide pokok terdapat pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal, tengah, atau akhir kalimat. Ide pokok bacaan tersebut adalah membaca naskah lontar sebagai tradisi di Lombok.

0, 5, 2, 6, 6, 8, 14, 12, ….

Benar! Salah!

Jika xy = 3 dan x^2 + y^2 = 16, maka pernyataan berikut yang benar adalah ….

Benar! Salah!

Diketahui xy = 3 dan x2 + y2 = 16

Sehingga,

(x - y)2 = (x - y) (x - y)

= x2 - xy - xy + y2

= x2 + y2 - 2xy

= 16 - 2.3

= 16 - 6

= 10

A, Z, C, U, F, R, K, ….

Benar! Salah!

Pilihlah salah satu kata dari kata yang ada, yang memiliki perbedaan dengan kata yang lain!

Benar! Salah!

Tetangga bukan atau belum tentu merupakan bagian dari keluarga

DELUSI = ...

Benar! Salah!

Delusi adalah suatu keyakinan yang dipegang secara kuat namun tidak akurat, yang terus ada walaupun bukti menunjukkan hal tersebut tidak memiliki dasar dalam realitas.

Belakangan ini mafia hukum dan mafia pajak sering dibahas, juga disorot mafia pengadilan, pertambangan, dan narkotika. Keadaannya terasa absurd karena perbincangan tentang bahaya mafia hanya menimbulkan kegaduhan dan kehebohan ketimbang menggalang upaya keras untuk mengatasinya. Semua seperti tampak tidak berdaya. Tidak hanya masyarakat yang mengeluh, tetapi juga pejabat pemerintah. Apakah negara kalah menghadapi mafia?

Terdapat kesalahan pada kalimat-kalimat pembentuk paragraf di atas, yaitu ….

Benar! Salah!

Kesalahan pada bacaan tersebut adalah kata 'Apakah' pada kalimat keenam mestinya diganti dengan 'Mengapa'.

OPAS >< ....

Benar! Salah!

Pesuruh, tukang jaga, porter mempunyai arti yang sama dengan opas. Jadi lawan kata dari opas adalah pemimpin

Seseorang pemeriksa akan memeriksa 5 kantor yakni E, F, G, H, dan I. Karena lima kantor tersebut saling berhubungan maka pemeriksa harus melakukan pemeriksaan dengan urutan sebagai berikut:

• H dapat diperiksa jika F sudah diperiksa

• G diperiksa sebelum E diperiksa

I diperiksa pada urutan keempat

Jika G diperiksa pada urutan kedua maka ….

Benar! Salah!

2, 6, 9, 3, 9, 12, 4, 12, ….

Benar! Salah!

Anto memasuki lift di sebuah lantai. Kemudian lift itu naik 4 lantai lalu turun 3 lantai kemudian naik lagi 4 lantai. Sekarang Anda berada di lantai 7. Di lantai berapakah Anto masuk lift?

Benar! Salah!

Misal, lantai awal Anto masuk = L

Ketika lift naik 4 lantai lalu turun 3 lantai kemudian naik lagi 4 lantai, maka = L + 4 - 3 + 4 = L + 5

Karena Anto sekarang di lantai 7, maka

L + 5 = 7

L = 7 - 2

L = 5

Jadi, Anto awalnya berada di lantai 2.

Jika x = 4, maka y = x/4 - x/5 + x/6 - x/8 adalah .…

Benar! Salah!

Jika x = 4, maka

y = x/4 - x/5 + x/6 - x/8

y = 4/4 - 4/5 + 4/6 - 4/8

y = 1 - 4/5 + 2/3 - 1/2

y = 1/5 + 2/3 - 1/2

y = (6 + 20 −15)/30

y = 11/30

y = 0,37

Seseorang pemeriksa akan memeriksa 5 kantor yakni E, F, G, H, dan I. Karena lima kantor tersebut saling berhubungan maka pemeriksa harus melakukan pemeriksaan dengan urutan sebagai berikut:

• H dapat diperiksa jika F sudah diperiksa

• G diperiksa sebelum E diperiksa

I diperiksa pada urutan keempat

Jika E diperiksa pada urutan kedua, maka ….

Benar! Salah!

Sebuah komputer mengalami penurunan harga secara berturut-turut 40% dan 20%. Berapa penurunan total harga komputer tersebut?

Benar! Salah!

Sebuah komputer mengalami penurunan harga secara berturut-turut 40% dan 20%.

Untuk mencari penurunan total dari harga komputer semula, kita bisa memisalkan terlebih dahulu untuk harga komputer awal = 100 ( untuk memudahkan dalam perhitungan)

Penurunan awal sebesar 40%, maka harga jualnya = 60% dari harga awal

= 60% x 100

= 60

Penururan berikutnya 20%, maka harga jualnya = 80% dari harga setelah penuruan pertama

= 80% x 60

= 48

Jadi, penurunan totalnya (dari harga awal 100) adalah 100 - 48 = 52

Dalam persentase = 52/100 x 100%

= 52%

Soal TIU CPNS
Selamat!!! Anda memenuhi nilai passing grade untuk soal TIU

Anda berhak mendapatkan kode diskon senilai Rp25.000,- untuk mengikuti kursus CPNS Online di ciptacendekia.com. Gunakan kode diskon : LOLOSCPNS2018. Selanjutnya, kunjungi halaman deskripsi Kursus CPNS untuk informasi selanjutnya.
Mohon maaf!!! Anda belum memenuhi passing grade untuk Soal TIU

Silakan coba kembali untuk mendapatkan kode diskon senilai Rp25.000,- untuk pembelian kursus CPNS online di ciptacendekia.com. Atau Anda dapat langsung berkunjung di halaman deskripsi Kursus CPNS untuk informasi selanjutnya.

Bagikan hasil perolehan Anda:

Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan latihan soal berkualitas lainnya

🎁 BONUS: Kursus CPNS Online untuk Sukses Lebih Jauh 🎁

Selain latihan soal, kami juga menawarkan kursus CPNS online yang komprehensif. Kursus ini mencakup materi TIU, strategi mengerjakan soal, dan simulasi ujian. Dengan mengikuti kursus ini, Anda mendapatkan panduan yang lebih terarah dalam mencapai nilai tertinggi dalam ujian TIU CPNS.

Apalagi Selanjutnya?

Dari hasil pengerjaan kuis di atas, berapakah skor perolehan Anda?

Semoga hasilnya memuaskan ya..

Selanjutnya, yuk kita bandingkan skor perolehanmu dengan nilai passing grade yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Untuk menghitungnya mari gunakan tabel di bawah ini!

Nilai Passing Grade CPNS Formasi Umum

Kategori Tes Jumlah Soal Skor Persoal Nilai Maksimal Ambang Batas Nilai Ambang Batas
TWK 30 5 150 43,33% 65

TIU

35

5

175

45,71%

80

TKP 35 1 – 5 175 72% 126

Jika nilaimu kurang dari nilai ambang batas diatas, maka Anda dianggap tidak memenuhi syarat (tidak lulus). Wah, ruapanya cukup menantang ya untuk sekedar lolos tes TIU CPNS. 🙂

Untuk lulus TWK, setidaknya Anda harus menjawab benar 13 soal dari 30 soal.

Untuk lulus TIU, minimal jawabanmu yang benar adalah 16 soal dari 35 soal.

Untuk lulus TKP, minimal skor perolehanmu adalah 126

Ketentuan nilai passing grade diatas adalah untuk pelamar CPNS dari pelamar umum. Sedangkan nilai passing grade dari kebutuhan formasi khusus tentu berbeda penilaiannya ya…

Berikut di bawah ini adalah (formasi) kebutuhan khusus:

  • Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian” / Cum Laude;
  • Penyandang Disabilitas;
  • Putra/Putri Papua dan Papua Barat;
  • Diaspora.

Oke, sampai di sini masih kuat untuk membaca kan? 🙂

Nilai Passing Grade CPNS Formasi Khusus

Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 bagi peserta yang mendaftar pada jenis formasi khusus, adalah sebagai berikut:

  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude) dan Diaspora paling sedikit 271 (dua ratus tujuh puluh satu), dengan nilai TIU paling rendah 85 (delapan puluh lima);
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Penyandang Disabilitas paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU serendah-rendahnya 70 (tujuh puluh);
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putra Papua dan Papua Barat paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling sedikit 60 (enam puluh).

Nilai Passing Grade Formasi Umum dengan Pengecualian

Untuk jabatan Dokter Spesialis, Dokter Gigi Spesialis, Dokter Pendidik Klinis, Dokter, Dokter Gigi, Instruktur Penerbang, Rescuer, Bosun, Jenang Kapal, Juru Mesin Kapal, Juru Minyak Kapal, Juru Mudi Kapal, Kelasi, Kerani, Oiler, Nakhoda, Mualim Kapal, Kepala Kamar Mesin Kapal, Masinis Kapal, Mandor Mesin Kapal, Juru Masak Kapal dan Pengamat Gunung Api pada penetapan kebutuhan Formasi Umum, nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar diberikan pengecualian.

Pengecualian nilai ambang batas nilai SKD bagi jabatan-jabatan diatas adalah:

  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi formasi jabatan Dokter Spesialis, Dokter Gigi Spesialis, Dokter Pendidik Klinis, Dokter, Dokter Gigi, Instruktur Penerbang, paling sedikit 271 (dua ratus tujuh puluh satu), dengan nilai TIU paling rendah 80 (delapan puluh); dan
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi formasi Rescuer, Bosun, Jenang Kapal, Juru Mesin Kapal, Juru Minyak Kapal, Juru Mudi Kapal, Kelasi, Kerani, Oiler, Nakhoda, Mualim Kapal, Kepala Kamar Mesin Kapal, Masinis Kapal, Mandor Mesin Kapal, Juru Masak Kapal dan Pengamat Gunung Api paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling rendah 70 (tujuh puluh).

Lihat Diagram di bawah ini untuk mengetahui passing grade masing-masing formasi!

nilai passing grade

Update Soal TIU Lainnya

Mau mendapatkan update soal TIU CPNS lainnya?

Dapatkan gratis update soal TIU dan pembahasannya melalui grup telegram kami. Jika Anda mempunyai akun telegram, bisa bergabung di grup kami ya.

Klik link berikut : https://t.me/joinchat/DUDoClRpvuV3mP00YfCDlg

Channel Youtube Pembahasan Latihan Soal CPNS

Kami menyediakan channel youtube untuk pembahasan soal-soal CPNS.

Silakan cek di sini lalu klik subscribe agar setiap ada video pembahasan terbaru, Anda bisa menjadi orang pertama yang mendapatkan notifikasinya.

https://www.youtube.com/channel/UCiGrHX-6fa7HUkz5Icdvq1w

Kesimpulan dari Latihan Soal TIU CPNS ini

Anda telah memasuki langkah penting menuju kesuksesan sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil. Kami telah menguraikan betapa pentingnya persiapan yang matang dalam menghadapi Tes Intelegensi Umum CPNS. Melalui latihan soal yang konsisten, pemahaman mendalam terhadap materi, serta pengembangan strategi yang tepat, Anda akan mempersiapkan diri dengan penuh percaya diri untuk menghadapi ujian ini.

Ingatlah, setiap usaha yang Anda lakukan sekarang bukanlah hanya sekadar aktivitas rutin, melainkan investasi berharga bagi masa depan Anda. Kekuatan latihan soal yang Anda lakukan saat ini akan menjadi pondasi yang kokoh untuk kesuksesan Anda sebagai seorang PNS yang berprestasi.

Jangan Ragu-Ragu untuk Memulai!

Jangan biarkan kesempatan berharga ini lewat begitu saja. Jadilah pribadi yang proaktif dalam mencapai tujuan Anda. Mulailah langkah pertama menuju kejayaan CPNS dengan memanfaatkan latihan soal TIU yang telah terbukti efektif ini. Setiap langkah yang Anda ambil sekarang adalah upaya nyata dalam menggapai mimpi Anda menjadi kenyataan.

Bergabunglah dalam Perjalanan Menuju Kesuksesan!

Dan jangan lupa, kami telah menyediakan Kursus CPNS Online yang merangkum ribuan soal latihan secara komprehensif. Dengan mengikuti kursus ini, Anda akan mendapatkan panduan terarah dan berharga untuk meraih nilai tertinggi dalam ujian TIU CPNS. Kunjungi Kursus CPNS Online kami dan raih diskon senilai Rp25.000,- sebagai apresiasi kami kepada Anda yang telah berkomitmen untuk berprestasi.

Pandangan Menyeluruh atas Perjalanan Anda

Sekarang, Anda telah memiliki pemahaman mendalam tentang materi yang akan diujikan dalam Tes Intelegensi Umum CPNS. Anda juga telah melihat contoh-contoh latihan soal TIU CPNS yang membantu Anda memahami tipe-tipe soal yang mungkin muncul. Dengan skor perolehan Anda, Anda telah membandingkannya dengan standar skor passing grade yang ditetapkan oleh pemerintah.

Terus Berjuang Menuju Puncak!

Jika Anda termasuk yang berhasil, Anda juga telah mendapatkan kupon senilai Rp25.000,- sebagai bagian dari perjalanan menuju kesuksesan Anda. Sekarang, sebagai tahap selanjutnya, mari beralih ke latihan soal Tes Kompetensi Bidang (TKP). Sebelum melanjutkan, jika Anda merasa perlu memantapkan pemahaman Anda terhadap soal-soal TIU CPNS yang telah diberikan, jangan ragu untuk mengulanginya.

Cara Sederhana untuk Mengulang:

Caranya cukup mudah. Refresh atau reload halaman ini, dan soal-soal TIU CPNS akan muncul kembali untuk Anda kerjakan. Jadi, tanpa ragu lagi, mari lanjutkan perjalanan belajar Anda menuju kejayaan CPNS. Anda lebih dekat daripada yang Anda pikirkan!

Yuk, belajar sambil beramal!

Jika Anda merasa latihan soal seperti ini bermanfaat, silakan share latihan soal TIU CPNS ini kepada rekan, saudara, atau tetangga Anda melalui tombol media sosial (facebook, twitter, google plus) yang terdapat di bawah artikel ini.

Mudah-mudahan dengan cara share latihan soal Tes Intelegensi Umum ini, Anda bisa memberikan manfaat kepada orang-orang yang Anda sayangi.

Apalagi Selanjutnya?

Setelah Anda lolos pengerjaan soal TIU ini, silakan menuju ke latihan soal TKP CPNS (Tes Karakteristik Pribadi) yang telah saya sediakan melalui link / tombol di bawah ini:

Selanjutnya : SOAL TKP CPNS >>

Sekian, semoga bermanfat ya… Aamiin.

Sukses selalu untuk kita bersama.

Salam hangat,

Wiji Hatmoko

CiptaCendekia.com

5 September 2023

8 Tanggapan pada "Soal TIU CPNS + Kunci dan Pembahasan"

  1. Soal versi gratis yang kami tampilkan di dalam posting ini hanya merupakan sedikit bagian soal yang terdapat di dalam KUIS Kursus Online CPNS.

    Semoga bermanfaat untuk para pengunjung ciptacendekia.com

  2. terimakasih bapak…..saya semakin punya banyak referensi untuk berlatih…semoga saya bs menjadi ASN..salam sukses

Berikan Komentar Anda

Halo Kak selamat datang! Bila ada yang mau ditanyakan bisa langsung hubungi kami ya..

Kursus Perangkat Desa