Mengasah Kepahaman Konstitusi: Latihan Soal UUD 1945

📜 Mempelajari UUD 1945 bisa menjadi tantangan besar, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan materi ini. Bahasa hukum yang rumit dan banyaknya istilah teknis seringkali membuat orang merasa kewalahan. Bagi pelajar, mahasiswa, atau masyarakat umum yang ingin memahami konstitusi negara Indonesia dengan lebih baik, mencari sumber belajar yang efektif bisa menjadi pekerjaan rumah yang sulit. Selain itu, ketidakpastian dalam mempersiapkan diri untuk ujian atau tes yang mencakup UUD 1945 dapat menjadi beban tersendiri. Semua ini bisa menghambat kemajuan dan peningkatan pengetahuan kita tentang konstitusi negara. 🤯

Pernahkah Anda merasa kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang UUD 1945 yang tampak begitu rumit? Adakah saat-saat di mana Anda merasa bingung oleh terminologi hukum yang sulit dimengerti atau merasa tertekan oleh teks UUD yang tampil begitu kompleks? Bagaimana jika ada cara yang efektif untuk mengatasi semua rasa khawatir dan kesulitan ini? Bagaimana jika Anda bisa memahami UUD 1945 dengan lebih baik dan merasa percaya diri saat menghadapi ujian atau tes yang relevan? 💡🔍

Kami punya jawabannya! Salah satu cara terbaik untuk memahami UUD 1945 adalah dengan berlatih soal. Dengan berlatih soal, Anda dapat menguji pemahaman Anda tentang konstitusi negara dan mendalami konsep-konsep kunci dengan lebih baik. 📚🧠

Berlatih soal UUD 1945 di ciptacendekia.com adalah langkah cerdas yang akan membantu Anda mengatasi semua masalah di atas. Apa yang membuat latihan soal kami begitu unggul? Mari lihat:

  • #1. Mengatasi Masalah Pemahaman: Latihan soal kami dirancang untuk membantu Anda memahami materi UUD 1945 dengan lebih baik. Kami menyediakan penjelasan yang jelas dan mendalam untuk setiap soal sehingga Anda dapat memahami konsep-konsep yang sulit dengan lebih mudah. 📝📖
  • #2. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis: Dengan berlatih soal, Anda juga akan melatih kemampuan berpikir kritis dan logis Anda. Ini adalah keterampilan penting yang akan membantu Anda dalam berbagai aspek kehidupan. 🤔💭
  • #3. Persiapan Ujian yang Efektif: Latihan soal kami juga akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian atau tes yang mencakup UUD 1945. Dengan mempraktikkan soal-soal yang serupa dengan yang akan Anda hadapi dalam ujian, Anda akan merasa lebih percaya diri dan siap menghadapinya. 📊📈

Sekarang, Anda dapat mulai berlatih soal UUD 1945 di website ciptacendekia.com. Kami menyediakan ribuan soal UUD 1945 yang lengkap dengan kunci jawaban (Kami sediakan khusus peserta kursus). Tim ahli kami di bidang pendidikan telah merancang soal-soal ini untuk membantu Anda meraih pemahaman yang kuat tentang UUD 1945. 🌐🏆

Latihan Soal UUD 1945 Gratis

Kerjakan soal di bawah ini dengan cara mengeklik salah satu jawaban yang Anda anggap paling benar!

Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, dimana kekuatan utama untuk itu menjadi tugas dan tanggung jawab ….

Benar! Salah!

Pasal 30 ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung”.

Pasal 28D ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945 yang telah diamandemen selengkapnya menjadi ….

Benar! Salah!

Berdasarkan soal tersebut di atas, usulan untuk memberhentikan Presiden dan/ atau Wakil Presiden diajukan setelah terlebih dahulu mengajukan permintaan kepada ….

Benar! Salah!

Dalam hal terjadi kekosongan Wakil Presiden, selambat-lambatnya dalam jangka waktu beberapa hari Majelis Permusyawaratan Rakyat menyelenggarakan sidang untuk memilih Wakil Presiden dari dua calon yang diusulkan oleh Presiden?

Benar! Salah!

Pasal 8 ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “Dalam hal terjadi kekosongan Wakil Presiden, selambatlambatnya dalam waktu enam puluh hari, Majelis Permusyawaratan Rakyat menyelenggarakan sidang untuk memilih Wakil Presiden dari dua calon yang diusulkan oleh Presiden”.

Mahkamah Konstitusi dibentuk selambatlambatnya pada tanggal 17 Agustus 2003 dan sebelum dibentuk segala kewenangannya dilakukan oleh .…

Benar! Salah!

Pasal III Aturan Peralihan Undang- Undang Dasar 1945 berbunyi “Mahkamah Konstitusi dibentuk selambat-lambatnya pada tanggal 17 Agustus 2003 dan sebelum dibentuk segala kewenangannya dilakukan oleh Mahkamah Agung”.

Undang-Undang Dasar 1945 telah mengalami empat kali amandemen. Amandemen keempat dilakukan pada tanggal ….

Benar! Salah!

Undang-Undang Dasar 1945 telah mengalami empat kali amandemen: a. Perubahan pertama disahkan pada tanggal 19 Oktober 1999 b. Perubahan kedua disahkan pada tanggal 18 Agustus 2000 c. Perubahan ketiga disahkan pada tanggal 10 November 2001 d. Perubahan keempat disahkan pada tanggal 10 Agustus 2002

Sekurang-kurangnya berapa persen (%) dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah yang diprioritaskan negara untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional?

Benar! Salah!

Pasal 31 ayat (4) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional”.

Menurut Undang-Undang Dasar 1945 pasal 2 ayat (1), Majelis Permusyawaratan Rakyat terdiri atas .…

Benar! Salah!

Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “Majelis Permusyawaratan Rakyat terdiri atas anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah yang dipilih melalui pemilihan umum dan diatur lebih lanjut dengan undang-undang”.

Menurut Undang-Undang Dasar 1945 pasal 24A ayat (3), calon Hakim Agung diusulkan …. kepada ….

Benar! Salah!

Pasal 24A ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “Calon hakim agung 42 diusulkan Komisi Yudisial kepada Dewan Perwakilan Rakyat untuk mendapatkan persetujuan dan selanjutnya ditetapkan sebagai hakim agung oleh Presiden”.

Perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas ….

Benar! Salah!

Pasal 33 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan”.

Menurut Undang-Undang Dasar 1945 pasal 23 ayat (3), apabila Dewan Perwakilan Rakyat tidak menyetujui rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara yang diusulkan oleh Presiden, maka, langkah yang dilakukan pemerintah adalah ….

Benar! Salah!

Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain. Penjelasan tersebut terdapat dalam pasal .…

Benar! Salah!

Menurut Undang-Undang Dasar 1945 pasal 20, pemegang kekuasaan untuk membentuk undang-undang adalah .…

Benar! Salah!

Menurut Undang-Undang Dasar 1945 pasal 13, Presiden memiliki hak sebagai berikut ….

Benar! Salah!

Menurut Pasal 13 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan: Ayat (1) berbunyi “Presiden mengangkat duta dan konsul”. Ayat (2) berbunyi; “Dalam mengangkat duta, Presiden memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat”.

Bunyi alinea ketiga Pembukaan Undang- Undang Dasar 1945 secara lengkap adalah “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini ….

Benar! Salah!

Menurut Undang-Undang Dasar 1945 pasal 26, yang menjadi warga negara ialah ….

Benar! Salah!

Perihal Warga Negara dan Penduduk, Undang-Undang Dasar 1945 pasal 26 ayat (1) berbunyi, “Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undangundang sebagai warga negara”.

Putusan untuk mengubah pasal-pasal Undang-Undang Dasar dilakukan dengan persetujuan sekurang-kurangnya …. dari seluruh anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Benar! Salah!

Pasal 37 ayat (4) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “Putusan untuk mengubah pasal-pasal Undang-Undang Dasar dilakukan dengan persetujuan sekurang-kurangnya lima puluh persen ditambah satu dari seluruh anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat”.

Undang-Undang Dasar 1945 yang mengatur bahwa setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat ditegaskan dalam pasal ….

Benar! Salah!

Pasal 28E ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat”.

Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh ….

Benar! Salah!

Pasal 34 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “Fakir miskin dan anakanak yang terlantar dipelihara oleh negara”.

Pasal 35 Undang-Undang Dasar 1945 selengkapnya berbunyi ….

Benar! Salah!

Menurut Undang-Undang Dasar 1945 pasal 18A ayat (1), Hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah provinsi, kabupaten, dan kota, atau antara provinsi dan kabupaten dan kota, diatur dengan memperhatikan .…

Benar! Salah!

Menurut Undang-Undang Dasar 1945 pasal 7A, Presiden dan/atau Wakil Presiden dapat diberhentikan dalam masa jabatannya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat atas usul ….

Benar! Salah!

Usul perubahan pasal-pasal Undang- Undang Dasar dapat diagendakan dalam sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat apabila diajukan oleh ….

Benar! Salah!

Pasal 37 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “Usul perubahan pasalpasal Undang-Undang Dasar dapat diagendakan dalam sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat apabila diajukan oleh sekurang-kurangnya 1/3 dari jumlah anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat”.

Komisi dalam Majelis Permusyawaratan Rakyat yang bertugas membahas Garis- Garis Besar Haluan Negara (GBHN) adalah ….

Benar! Salah!

Pasal 18 ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945 yang telah diamandemen selengkapnya menjadi ….

Benar! Salah!

Soal UUD 1945
Selamat

Selamat, Anda memang hebat!
Silakan ulangi kembali kuis ini

Sebaiknya ulangi kembali kuis ini untuk mendapatkan skor maksimal

Bagikan hasil perolehan Anda:

Selain latihan soal UUD 1945 gratis ini, website kami juga menyediakan berbagai materi belajar lainnya, termasuk rangkuman materi, video pembelajaran, dan forum diskusi yang kami kemas dalam bentuk Kursus Online. 📹🗂️🗣️

Dapatkan akses ke semua materi belajar ini dengan berlangganan Kursus CPNS Online di website ciptacendekia.com. Kursus ini akan membantu Anda mempersiapkan diri secara menyeluruh untuk menghadapi ujian CPNS. 🚀📚📆

Catatan Penting: Bagi Anda yang berlangganan Kursus CPNS Online, Anda akan mendapatkan akses eksklusif ke semua soal UUD 1945 yang tersedia di website ciptacendekia.com. Soal-soal ini dirancang berdasarkan materi yang dipelajari dalam Kursus CPNS Online kami. Dengan berlatih soal-soal ini, Anda akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi ujian CPNS. 🏅📖👩‍🏫

Ayo Daftar Sekarang!

Segera daftarkan diri Anda di Kursus CPNS Online di website ciptacendekia.com dan mulailah belajar untuk meraih masa depan yang cerah! 💪📚🚀

Bonus🎁:

Khusus bagi peserta yang mendaftar kursus sekarang, dapatkan diskon 20% dengan menggunakan kode diskon CIPTACENDEKIA20 pada proses checkout.

Banner Belajar Tes CPNS Online

0 Tanggapan pada "Mengasah Kepahaman Konstitusi: Latihan Soal UUD 1945"

Berikan Komentar Anda

Halo Kak selamat datang! Bila ada yang mau ditanyakan bisa langsung hubungi kami ya..

Kursus Perangkat Desa