5 Langkah Super Menghadapi Ujian Sekolah

Langkah Super Menghadapi Ujian

Langkah Super Menghadapi Ujian

Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional tinggal sebentar lagi. Sebentar lagi karena waktu berlalu semakin cepat. Apalagi bagi siswa kelas VI SD, kelas IX SMP dan kelas XII SMA. Tak terasa kalian akan segera menghadapi Ujian Sekolah/Nasional lalu lulus dan meninggalkan sekolah kalian tercinta. Namun, sebelum lebih jauh membahas tentang ujian, sudahkah kalian mempersiapkan diri menghadapi ujian?

Saya percaya kalian sudah berusaha dengan maksimal untuk persiapan ujian tahun ini. Namun, tahukah bahwa hanya 1 orang diantara kalian yang akan menjadi siswa terbaik di sekolah. Ya, karena tentu saja, juara itu hanyalah dipilih 1 orang terbaik diantara yang terbaik. Tapi percayalah kalian bisa menjadi juara bagi diri sendiri, dimana kalian bisa lebih baik dari rekor kemarin. Ya, itulah ciri orang yang beruntung, dimana ia lebih baik dari hari kemarin. Dan saya yakin, jika ada kemauan kalian bisa jadi juara bagi diri sendiri dan juara diantara juara.

Baiklah, melalui tulisan di bawah ini saya akan uraikan langkah-langkah strategis untuk sukses dalam menghadapi ujian. Saya katakan dalam menghadapi ujian karena langkah berikut ini dilakukan sebelum ujian berlangsung. Semakin kalian segera memulai langkah ini, semakin baik. Apalagi kalian telah memulainya sejak masa lalu dan menjadi kebiasaan hidup, tentu hasilnya lebih maksimal.

Langkah super menghadapi ujian berikut hanya terdiri dari 5 langkah, namun tentu saja dibutuhkan upaya yang maksimal untuk bisa menerapkan tiap langkahnya sehingga hasil yang diperoleh nantinya sepadan dengan upaya yang telah dilakukan. Saya percaya, kemauan kuat kalian untuk sukses ujian tahun ini akan mampu melakukan 5 langkah super menghadapi ujian berikut.

Mohon diingat, kunci melakukan 5 langkah super menghadapi ini adalah adanya kesadaran diri dari dalam siswa bahwa sebenarnya Tuhan tidak akan menyia-nyiakan orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh. Karena itulah ingat kata-kata ini ya, Man Jadda wa Jadda. Barangsiapa bersungguh-sungguh, pasti bisa!

 

5 Langkah Super Menghadapi Ujian

  1. Tetapkan Target, lalu tulis!

Menetapkan target ini adalah langkah awal yang harus kita lakukan untuk menginginkan sesuatu. Termasuk pula ketika kita hendak mendapatkan hasil maksimal dalam ujian. Menetapkan target adalah syarat mutlak utama kita kali ini.

Pertanyaan sepele ini menjadi masalah besar jika kita tidak tahu apa sebenarnya target kita. Dikarenakan ujian berhubungan dengan nilai kelulusan, tentu saja target kita adalah nilai yang memuaskan. Karena nilai tersebut sering dijadikan dasar dalam penentuan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi kita nantinya. Maka tentukanlah dengan yakin, nilai masing-masing pelajaran yang akan kita peroleh nanti.

Target nilai yang sudah kita tentukan tidak akan berdampak besar jika kita tidak menuliskan pada lembaran kertas. Karena target tadi sifatnya baru abstrak, yaitu berada di pikiran kita sehingga agar pengaruhnya lebih hebat, kita perlu membuat suatu yang abstrak tadi menjadi tampak nyata. Maka tulislah keinginan kalian dengan keyakinan bisa meraihnya.

Siapkan alat dan bahan berikut agar kekuatan dari menetapkan target tadi lebih memberikan daya dorong bagi keberhasilan ujian kita kali ini.

  • Stereofoam
  • Paku Pinest
  • Kertas HVS
  • Pulpen Warna/Spidol
  • Lem

Tuliskan nilai berapakah yang kita inginkan pada selembar kertas menggunakan pulpen warna/spidol. Tulis nilai semua mapel yang kita inginkan dengan keyakinan tinggi bahwa kita bisa meraihnya. Semakin tulisan tadi terlihat mencolok itu lebih baik. Dikarenakan pandangan mata akan menyukai sesuatu yang terlihat lebih mencolok.

Setelah tulisan keinginan sudah ditulis dengan mencolok, hal berikutnya adalah dengan memasang pada stereofoam sebagai mading. Sebisa mungkin mading tadi dipasang di tempat yang strategis di rumah, misal di kamar. Pandangilah tulisan tadi sambil berdoa pada Tuhan agar bisa dikabulkan. Upayakan setiap hari kita selalu melihat tulisan keinginan kita, semisal sebelum memulai belajar di rumah.

Ingat!

Tuhan itu disebut Tuhan karena Ia bisa mengabulkan sesuatu yang tak mungkin jadi mungkin. Mintalah pada-Nya, pasti dikabulkan. Maka tugas kita sebenarnya adalah menjadi pemungkin dari setiap keinginan kita.

Buat target keinginan tadi menggunakan mind map. Setelah jadi, lalu diprint dan dipasang di mading.

Apa itu mind map? klik link berikut! https://ciptacendekia.com/lejitkan-potensimu-dengan-mind-map/

Berikut ini adalah contoh nyata dari penjelasan langkah pertama dari 5 langkah super menghadapi ujian.

langkah super menghadapi ujian
target ujian

Cara terbaik untuk memulai adalah mulai. Maka segera ambil alat dan bahan lalu luangkan waktu sejenak untuk memulai.

 

2. Tetapkan langkah utk menggapai target

Ketika kita akan menapaki suatu gunung yang tinggi, kita perlu suatu jalan bukan? Tentu saja, tak mungkin kita bisa mencapai puncak dengan seketika. Kita perlu adanya proses berjalan dimulai dari langkah pertama hingga akhirnya mencapai puncak.

Untuk memperoleh nilai yg maksimal dalam ujian kita memerlukan suatu langkah yg dilakukan secara kontinyu. Langkah itu tidak lain adalah jadwal terstruktur. Terstruktur karena harus dikuasai sedikit demi sedikit. Hingga akhirnya keseluruhan materi dapat kita kuasai.

Soal ujian dibuat berdasarkan kisi-kisi ujian. Nah, kisi-kisi ujian inilah yg menjadi jadwal belajar kita dalam mengatasi ujian. Maka kita perlu membuat jadwal pribadi sesuai kisi-kisi hingga akhirnya keseluruhan kisi-kisi dapat dikuasai sebelum pelaksanaan ujian tiba.

Berikut ini saya beri contoh sederhana jadwal pribadi yg disesuaikan dgn kisi-kisi ujian. Kalian cukup membuat jadwal pribadi sendiri yang disesuaikan dengan kemampuan belajar kalian.

Upayakan belajar menguasai paling sedikit satu kisi-kisi setiap hari dan paling banyak satu cakupan materi. Satu kisi-kisi yang dipelajari lebih mendalam akan lebih berdampak pada penguasaan materi dan keterampilan menjawab soal daripada mempelajari banyak kisi-kisi sekaligus. Maka soal latihan yang tersedia di website Cipta Cendekia ini dibuat per kisi-kisi dengan berbagai tipe soal..

 

3. Tetapkan batas waktu dari tiap langkah yang telah ditetapkan

Sebenarnya ketika kita membuat langkah jadwal belajar pribadi pada langkah kedua di atas, secara tidak langsung kita telah menetapkan batas waktu dari penguasaan setiap kisi-kisi per mata pelajaran. Maka, jika pada tahap ini kalian belum segera membuat jadwal pribadi sesuai kisi-kisi, saya rekomendasikan untuk segera menulis jadwal belajar pribadi lalu menuju ke langkah ke-4.

Batas akhir dari seluruh jadwal penguasaan kisi-kisi soal sebaiknya 2 minggu sebelum pelaksanaan Ujian Sekolah yang sebenarnya. Sehingga masih ada sisa waktu untuk berlatih beberapa paket soal Ujian Sekolah tiap mata pelajaran. Untuk selanjutnya dari latihan paket soal Ujian Sekolah tersebut kita analisa kisi-kisi dan materi apa saja yang belum kita kuasai.

4. Laksanakan Tiap Langkah dengan Rajin dan Sabar

Inilah tahap ke-4 dari 5 langkah super menghadapi ujian kali ini. Tahap 4 ini merupakan tahap paling menantang bagi semua orang, karena sebagian besar hanya berhenti sampai langkah ke-3. Lalu akhirnya kembali ke belakang dan melupakan apa yang sebenarnya mereka inginkan sejak awal. Kembali lagi menggunakan cara-cara lama, yang sebenarnya jika mereka sadar, cara lama tersebut sudah sering banyak gagalnya ketimbang berhasil. Memang benar kata orang bijak,

Kita tidak bisa menjadi pribadi dewasa yang damai dan mapan dengan menggunakan kemampuan lama yang telah usang.

Karena diperlukan upaya yang tidak mudah.

Secara alami, kita semua mempunyai mempunyai rasa jenuh dengan rutinitas. Apalagi rutinitas yang menuntut untuk keluar dari zona nyaman setiap saat. Kita lebih menyukai hal yang kita bisa dan terbiasa melakukannya. Sehingga langkah-langkah baru yang saya utarakan dari depan hingga tahap ke-4 ini diperlukan 2 sikap yaitu rajin dan tekun.

Melakukan yang Anda sukai walaupun tidak berguna adalah mudah. Namun, melakukan hal penting yang tidak Anda sukai, adalah hal sulit tapi yang akan menghebatkan Anda.

Jika Anda adalah orang yang sungguh-sungguh mempunyai ketekatan yang kuat dalam Sukses Ujian maka diperlukan sikap rajin untuk melakukan setiap langkah menghadapi ujian. Bagi orang yang sudah terbiasa rajin dalam hidupnya, mungkin 5 langkah super menghadapi ujian ini sangat mudah dilakukan. Tapi bagi pelajar yang otak kanannya lebih dominan, melakukan 5 langkah super menghadapi ujian ini merupakan tantangan terbesar sebelum ujian daripada ujian yang sebenarnya. Namun saya yakin, kesungguhan Anda dalam sukses ujian, akan mudah melakukan sikap rajin belajar sesuai kisi-kisi ujian ini sehingga nilai maksimal pasti Anda raih.

Rajin melihat kembali catatan keinginan pada tahap ke-1.  Rajin memperbarui jadwal belajar. Rajin mempelajari kisi-kisi soal sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Rajin bertanya apabila belum menguasai materi. Rajin mempelajari mengunjungi website ini lalu mengerjakan soal-soal sesuai kisi-kisi soal di dalamnya. Dan rajin dalam pengertian hal-hal positif yang Anda lakukan.

Menurut penelitian, manusia harus memaksakan melakukan hal di luar kebiasaanya selama 5 hari berturut-turut agar menjadi kebiasaan dalam hidupnya. Maka, lakukan hal berikut ini secara rutin dalam 5 hari:

  • Membiasakan melihat catatan keinginan setiap ada kesempatan.
  • Memperbarui jadwal belajar pribadi sesuai kisi-kisi soal ujian.
  • Mempelajari kisi-kisi soal dan berlatih mengerjakan soal sesuai kisi-kisi soal ujian.
  • Bertanya pada guru, teman, atau siapapun yang dianggap bisa apabila tidak menguasai materi kisi-kisi ujian.
  • Mengunjungi website cipta cendekia dan berlatih soal-soal di dalamnya.

Kerajinan jika tidak diiringi dengan kesabaran tidak akan bertahan lama. Tidak akan tahan lama karena kita belum memiliki inner power untuk mengalahkan hambatan dan tantangan menghadapi kehidupan. Kekuatan itu tidak lain adalah kesabaran. Maka sungguhlah pantas, jika orang yang sabar disayang Tuhan.

Sabar menurut saya pribadi adalah kekuatan terdalam yang dimikili seseorang karena ia telah berusaha dengan sekuat tenaga lalu menyerahkan hasilnya pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena ia menyadari bahwa ia hanya makhluk lemah yang tak berdaya, maka segala yang terjadi tetaplah menjadi kuasa Tuhan dan itupun atas izinnya.

Jika bersabar itu mudah, maka tidak ada pembeda antara dirimu dengan orang yang tidak ikhlas dalam beriman. Bersabar adalah meyakini kepastian janji Tuhan.

Teruslah bersabar, walaupun kesabaran Anda dianggap oleh para pembenci sebagai izin untuk semakin membenci. Saat Anda super sukses nanti, para pembenci itu akan tetap membenci tapi diam-diam karena minder.

 

5. Sesuaikan Tindakanmu

Inilah langkah terakhir dan juga paling sulit bagi setiap orang. Banyak orang dapat melakukan langkah ke-1 hingga ke-4 dan berhenti di langkah ke-5 ini.

Sebelumnya kamu tentu telah memahami langkah-langkah sebelumnya. Antara lain:

  1. Tulis keinginan
  2. Tetapkan langkah
  3. Tetapkan batas waktu
  4. Lakukan dengan rajin dan sabar

Pada langkah ke-5 inilah inti dari langkah ke-1 hingga ke-4.

Banyak siswa yang keinginannya mendapat nilai maksimal dalam ujian sekolah tetapi kegiatan yang mereka lakukan jauh dari keinginan tersebut.

Mereka ingin dapat nilai 100 tapi :

  • tidak mau mempelajari materi dan soal yang belum dikuasai
  • lebih banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan yang tidak penting
  • banyak bermain game
  • tidak bertanya pada guru tentang kesulitan yang dialami
  • dan segudang kegiatan yang menjauhkan diri dari tercapainya keinginan

Itulah mengapa langkah ini sering menjadi langkah tersulit bagi setiap orang.

 

Untuk mengatasinya, cobalah ingat ini!

Ingatlah bahwa setan itu adalah musuh yang paling nyata bagi manusia. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Al Quran surat Al Baqarah : 168

dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

Tahukah kamu bahwa Iblis telah berjanji pada Allah SWT bahwa ia akan menyesatkan manusia. Sebagaimana diceritakan dalam Q.S. Al A’raaf: 16-17

Iblis berkata: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” 

Selalu ingatlah hal ini ketika kamu hendak mempersiapkan diri menghadapi ujian. Terlebih sifat malas belajar.

Ingatlah bahwa kamu sedang digoda syaitan. Karena syaitan tahu, bahwa jika kamu giat belajar tentu kamu akan berilmu. Dan syaitan tidak mau kamu menjadi berilmu karena jika kamu berilmu, Allah akan memudahkan jalanmu menuju surga.

Janji Allah melalui sabda Rasulullah :

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Barang siapa menempuh jalan mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. (H.R. Muslim).

Sekali lagi ingat ini, syaitan tidak ingin kamu mudah masuk surga lantaran kamu berilmu. Sehingga syaitan akan melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin. Mereka akan mendatangimu dari muka dan belakang, dari kanan dan dari kiri untuk menggodamu. Sehingga kamu:

  • malas belajar
  • banyak nonton TV yang tidak bermanfaat
  • menghabiskan waktu untuk kegiatan yang sia-sia
  • dan lain-lain.

 

Lalu harus bagaimana?

Ikhlaslah…

Allah sudah memerintahkan kita (manusia) untuk menuntut ilmu dari buaian hingga ke liang lahat.

Yakinlah, bahwa setiap jalan kesulitan pasti ada jalan kemudahan.

Ikhlaslah…

Kamu sedang dibentuk oleh Tuhan menjadi pribadi yang hebat dimasa mendatang.

Semakin sulit jalan yang kamu tempuh, lalu kamu berhasil melaluinya, tentu ada hadiah besar menanti di depan sana.

Ingatlah,

Sesuaikan tindakanmu dengan cita-citamu!

 

 

 

 

 

 

 

7 Mei 2017

0 Tanggapan pada "5 Langkah Super Menghadapi Ujian Sekolah"

    Berikan Komentar Anda

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Butuh dukungan teknis? Kami siap membantu
    WeCreativez WhatsApp Support
    Admin CC
    Wiji Hatmoko
    Tersedia
    WeCreativez WhatsApp Support
    Customer Service
    Lina Wulandari
    Tersedia