KODE DISKON 30% Kursus Perangkat Desa = CIPTACENDEKIA30

Definisi kecerdasan

Kecerdasan

Pada awal abad ke-20 seorang pakar psikologi Perancis Alfred Binet memperkenalkan tes Intelegence Quotien (IQ) untuk mengidentifikasi anak-anak yang masalah belajarnya membutuhkan pendidikan perbaikan. Hingga akhirnya selama bertahun-tahun IQ seseorang menjadi ukutan standar kecerdasan. Meskipun banyak pula kalangan akademisi, pendidik, dan publik yang masih memperdebatkannya.

Secara khusus tes IQ mengukur kemampuan individu dengan soal-soal linguistik (kebahasaan) dan logis-matematis disamping beberapa tugas pandang dan ruang (visual dan spasial).

Menurut Gardner, IQ tidak boleh dianggap sebagai gambaran mutlak seperti halnya tinggi, berat, dan tekanan darah. Salah besar jika kita mengasumsikan bahwa IQ adalah suatu entitas tunggal yang tetap , yang bisa diukur dengan tes menggunakan pensil dan kertas. Guru besar pendidikan dari Universitas Harvard ini juga mengungkapkan bahwa IQ bukanlah seberapa cerdas Anda tetapi bagaimana Anda bisa menjadi cerdas. 

prof gardner
howard gardner

Masih menurut Profesor Gardner, sebagai manusia kita semua memiliki sejumlah keterampilan untuk memecahkan masalah yang berbeda. Beliau mendefinisikan kecerdasan adalah kemampuan memecahkan masalah atau menciptakan suatu produk yang bernilai dalam salah satu latar belakang budaya atau lebih.

Dengan kata lain, kecerdasan dapat bervariasi menurut konteksnya. Jika Anda tersesat bersama seorang Aborigin di tengah hutan raya Australia tanpa membawa makanan atau minuman, si Aborigin mungkin menjadi seorang yang cerdas, karena ia dapat mengetahui cara untuk bisa bertahan hidup. Ajaklah ia ke kantor Anda dan mintalah ia untuk mengoperasikan komputer, maka siapakah yang Anda sebut cerdas sekarang?

Sumber: Buku Accelerated Learning for 21 st Century (Cara Belajar Cepat Abad XXI) karya Colin Rose dan Malcolm J. Nicholl

0 Tanggapan pada "Definisi kecerdasan"

    Berikan Komentar Anda