Mengamankan Data Aplikasi Ijazah Itu Sangat Penting

Mengamankan data aplikasi ijazah itu sangat penting. Apakah Anda percaya? Untuk menjawabnya, silakan baca artikel ini sampai tuntas ya..

Tahukah Anda apa yang paling penting dari sebuah laptop yang Anda miliki?

Jika Anda menjawab yang paling penting adalah laptop itu sendiri maka saya tidak sependapat dengan Anda.

Menurut saya, hal paling penting dari laptop adalah datanya.

Lho, kok data?

Sekarang bayangkan apa jadinya jika data-data berupa file dan folder yang ada di laptop kita rusak atau hilang? Bagaimana perasaan Anda? Tentu kita akan mengalami kesulitan, kecemasan, kebingungan, dan bahkan tidak enak makan bukan?

Ya, itu semua karena data begitu berharga.

Kita tidak akan akan mudah mengembalikan data yang telah rusak atau hilang. Apalagi sebelumnya tidak pernah melakukan backup data.

Tujuan Tulisan Ini

Nah, pada tulisan ini saya ingin mengajak Anda untuk mengamankan data yang telah Anda masukkan pada aplikasi ijazah. Cara mengamankan data aplikasi ijazah ini saya tulis untuk Anda yang saat ini telah selesai membagikan blangko ijazah asli pada siswa. Sehingga suatu saat jika Anda membutuhkan file aplikasi ijazahnya, sewaktu-waktu dapat Anda temukan dengan mudah dan cepat.

Tulisan ini juga merupakan sebuah panduan aplikasi pengolahan nilai ijazah yang telah Anda gunakan selama ini.

Sebelum saya lanjut, saya ingin memberitahukan sebuah pengalaman yang saya alami. Setelah sekian lama saya membuat aplikasi ijazah, saya sering ditanya oleh orang yang kehilangan ijazah dan SKL tentang bagaimana cara mengurus ijazah yang hilang.

Akhirnya, saya buatkan tulisan tentang bagaimana cara mengurus ijazah hilang di sini:

Cara Mengurus Ijazah Hilang

Salah satu tahap penting dari mengurus ijazah yang hilang adalah menghubungi pihak sekolah untuk mencetak SKPI (Surat Keterangan Pengganti Ijazah).

Sedangkan di dalam format SKPI terdapat format nilai yang harus disertakan di dalam Surat Keterangan tersebut. Sekarang apa jadinya, jika sekolah tidak mempunyai arsip ijazah dari alumni. Dan apa jadinya jika si alumni sendiri juga tidak mempunyai arsip pribadi? Tentu akan sangat merepotkan bukan?

Oleh karena itu, meskipun arsip berupa ijazah merupakan dokumen pribadi tapi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan maka sebaiknya pihak sekolah juga melakukan upaya backup data berupa file aplikasi ijazah maupun arsip fotokopi ijazah siswa tiap tahunnya.

Alasan Utama Mengapa Anda harus Mengamankan Data Aplikasi Ijazah

  1. Data Anda sangat penting, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya maka Anda juga harus bisa menemukan data tersebut meskipun dari perangkat yang berbeda.
  2. Hardisk komputer memiliki masa waktu tertentu, sehingga jika hardisknya rusak, kita masih memiliki backup datanya.

Cara Mengamankan Data Aplikasi Ijazah

Setelah Anda mengetahui dan menyadari bahwa data di dalam aplikasi ijazah merupakan hal yang sangat penting, kini saatnya Anda mengamankan data tersebut. 

Ikuti panduan berikut ini agar Anda dapat mengamankan data aplikasi ijazah.

  1. Login ke akun google (saya merekomendasikan menggunakan akun sekolah Anda).
  2. Setelah itu ke bagian Google Drive.
  3. Buat folder baru dengan Nama “Aplikasi Ijazah”.
  4. Buat subfolder tahun untuk mempermudah melacak tahun berapa.
  5. Upload file aplikasi ijazah ke dalam folder tersebut.
  6. Tunggu sampai proses upload selesai.
  7. Nah, data Anda sekarang sudah aman dan dapat diakses kapanpun Anda mau.

Untuk memahaminya secara mudah, silakan ikuti panduan video berikut ini.

Cara Mengarsipkan Fotokopi Ijazah Siswa

Setelah ijazah sudah ditulis dengan acuan dari aplikasi pengolahan nilai ijazah, maka pihak sekolah perlu untuk melakukan pengarsipan terhadap fotokopi ijazah siswa tiap tahunnya.

Hal tersebut sangat penting dilakukan oleh pihak sekolah agar ketika ada alumni yang meminta fotokopi arsip ijazah yang hilang maka mereka dapat dengan mudah mendapatkan salinan ijazah aslinya.

Dalam membuat arsip fotokopi ijazah siswa sebaiknya memang dibuat berdasarkan tahun, kemudian disimpan di dalam almari. Pastikan arsip tersebut aman dari 3 hal berikut:

  1. Api
  2. Air
  3. Rayap

Tak jarang saya temui, arsip-arsip di sekolah tidak aman terhadap rayap. Maka sekolah perlu memberikan perhatian khusus terhadap kemungkinan nomor tiga tersebut. 

Salah satu caranya adalah dengan meletakkan arsip ke dalam etalase kaca dan disimpan ke dalam filebox yang tersusun berdasarkan urutan tahun.

Kesimpulan

Kini Anda telah mengetahui bahwa data itu sangat berharga dan Anda juga bisa melakukan upaya untuk mengamankan data tersebut. Tujuan utama kita melakukan backup data ada dua:

  1. Upaya pencegahan kehilangan data jika sewaktu-waktu hardisk mengalami kerusakan
  2. Upaya menemukan data secara cepat jika sewaktu-waktu dibutuhkan meskipun dari perangkat yang berbeda.

Jadi, apakah Anda juga melukukan upaya backup data aplikasi ijazah yang telah Anda kerjakan?

Yuk, sharing pengalamannya di kolom komentar ya…

 

Semoga informasi ini bermanfaat.

Sukses selalu untuk kita bersama, salam cerdas luar biasa.

1 Juni 2022

0 Tanggapan pada "Mengamankan Data Aplikasi Ijazah Itu Sangat Penting"

Berikan Komentar Anda

Kursus Perangkat Desa