Nilai yang Dapat Ditanamkan pada Anak Agar Tidak Terjebak Gaya Hidup Hedonisme

Nilai yang Dapat Ditanamkan pada Anak Agar Tidak Terjebak Gaya Hidup Hedonisme

Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Bagi para penganut paham ini, bersenang-senang, pesta-pora, dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. Karena mereka beranggapan hidup ini hanya sekali, sehingga mereka merasa ingin menikmati hidup senikmat-nikmatnya. Di dalam lingkungan penganut paham ini, hidup dijalani dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas.

Berikut beberapa nilai yang dapat ditanamkan pada anak agar mereka tidak terjebak gaya hidup hedonisme:

Dekatkan diri pada Tuhan

Ajarkan nilai ini bahwa sebenarnya tujuan penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada-Nya. Ini merupakan pondasi dari seluruh rangkaian kegiatan ada di dalam hidupnya. Dengan cara demikian, insya Allah si anak akan dapat bertahan dari cobaan hidup.

 

Hidup sederhana

Kesederhanaan adalah awal dari kebahagiaan. Oleh karena  itu, sejak anak-anak beri pengertian bahwa sederhana itu bukan berarti seba kekurangan, melainkan sebuah pola hidup yang bertujuan untuk menjauhkan diri dari sifat tamak dan serakah. Anda dapat pula menceritakan kisah-kisah sahabat Nabi Muhammad SAW seperti Abu Bakar dan Umar bin Khotob tentang sifat-sifat kesederhanaan beliau.

 

Bekerja Keras

Anak-anak perlu memahami bahwa untuk bisa bertahan hidup, mereka harus mau bekerja keras. Bekerja adalah sebuah kewajiban sehingga bekerja juga termasuk bentuk amal ibadah.

 

Tidak konsumtif

Didiklah anak supaya mereka mampu memanfaatkan uang dengan bijaksana. Arahkan supaya mereka tidak bersikap konsumtif dan menghambur-hamburkan uangnya untuk berbelanja kebutuhan yang tidak perlu. Sebaliknya, mendidik anak untuk produktif adalah langkah tepat agar hidup mereka penuh dengan kegiatan yang memberi kemanfaatan pada sesama.

Berhenti selalu menuruti keinginannya

Cara terbaik untuk menjerumuskan anak ke sifat egois dan manja adalah dengan selalu menuruti apa saja keinginannya. Jadi hindari cara mendidik anak seperti ini ya.

 

Selalu bersyukur

Mengajarkan anak untuk selalu mensyukuri nikmat atas apa yang diberikan oleh Tuhan merupakan cara cerdas untuk menjauhkan anak dari sifat hedonisme. Terlebih jika sejak kecil sudah dibiasakan untuk saling berbagi dengan sesama.

 

Berhati-hati dalam memilih teman

Tidak semua teman adalah baik bagi si anak. Karena sifat dasar anak adalah peniru, maka dengan mempunyai teman yang beriman dan baik merupakan metode bagus untuk belajar si anak.

 

Harta benda bukanlah segalanya

Anak-anak perlu memahami bahwa harta di dunia ini bukanlah segalanya. Toh, kalau kita mati tidak akan pernah dibawa ke liang lahat. Tanamkan bahwa kebahagiaan sejati hanya datang dari nurani yang merasa tenteram dan keluarga yang bahagia.

 

Berikan contoh melalui teladan Anda

Karena sifat dasar anak mulanya adalah mitasi atau meniru, maka biarkan mereka melihat contoh nyata melalui teladan Anda. Karena itu berikanlah mereka contoh hidup yang bersahaja supaya mereka terdorong untuk melakukan hal yang sama.

18 Maret 2017

0 Tanggapan pada "Nilai yang Dapat Ditanamkan pada Anak Agar Tidak Terjebak Gaya Hidup Hedonisme"

    Berikan Komentar Anda