7 Prinsip Hidup Agar Sukses dan Bahagia

Ada 7 Prinsip Hidup yang harus Anda miliki dan lakukan agar kehidupan Anda bisa sukses dan bahagia.

Tahukah Anda bahwa kehidupan yang luar biasa sebenarnya bisa diwujudkan oleh siapa saja. Hidup bahagia, pekerjaan yang membuat bahagia, hubungan yang membawa kebahagiaan, siapapun dapat memiliki kebahagiaan itu.

Jika Anda menginginkan kehidupan yang hebat, Anda pun harus berkomitmen untuk menjalani kehidupan yang hebat. Tetapi untuk menjalani kehidupan yang hebat, Anda pun harus melakukan hal-hal yang luar biasa. Karena sejatinya tidak ada hal-hal yang luar biasa dilakukan dengan cara-cara yang biasa saja.

Saya ulangi, tidak ada hal-hal yang luar biasa dilakukan dengan cara-cara yang biasa.

Ada 7 Prinsip Hidup yang harus dijalani agar hidup kita bisa sukses, bahagia, dan penuh berkah.

Prinsip nomor 1 yang harus dijalani adalah

1# Kita Hidup di Dunia Ini Hanya untuk Sementara.

Ya, hidup kita hanya sementara. Kita akan mati. Semua yang hidup di dunia ini akan mengalami kematian. Mungkin 50 tahun yang akan datang, 50 minggu, atau bahkan kurang dari itu. Saya tidak tahu, Anda tidak tahu, dan semua orang tidak ada yang tahu kapan dan di mana dirinya akan meninggalkan dunia ini.

Dari pada kita hidup hal ketakutan terhadap kematian, fakta pentingnya adalah kita hidup singkat atau lama tidak ada yang bisa memprediksi. Jika kita menyadari bahwa hidup ini hanya sementara, harusnya kita bisa memberikan yang terbaik untuk hari ini.

Ini bukan berarti bahwa saya membuat Anda menjadi down atau tidak melakukan apa-apa ketika tahu hidup itu hanya sementara, tetapi sebaliknya hal ini bisa membuat Anda memberikan energi yang terbaik untuk hari ini, memberikan senyum yang terbaik hari ini, memberikan yang terbaik hari ini untuk pekerjaan Anda, dan melakukan pekerjaan yang terbaik untuk keluarga Anda.

Bukankah kita semua menginginkan ketika kita mati nanti akan dikenang sebagai orang yang hebat?

Maka lakukanlah hal-hal yang hebat mulai dari hari ini!

Ketika Anda sudah memahami bahwa hidup kita hanya sementara, dan semua adalah titipan maka Anda akan hidup sangat bahagia. Dan yang paling penting adalah Anda akan membuat orang-orang di sekitar Anda dikelilingi oleh kebahagiaan.

2# Tidak Ada yang Tidak Bisa Anda Lakukan atau Miliki

Jika ada seseorang ataupun satu orang di planet ini yang pernah melakukan sebelumnya, itu berarti Anda juga bisa melakukannya. Itu tidak berarti mudah dilakukan, tetapi itu berarti mungkin.

Dan yang selama itu menjadi mungkin, Anda dapat mengusahakannya. Tidak ada yang mustahil selama kita meyakini hal tersebut.

Kita bisa membuat rencana yang maksimal dan bersedia bekerja untuk melakukan rencana tersebut. Hingga akhirnya kita pun bisa memiliki apapun yang kita inginkan.

3# Tidak Ada Satupun yang Berharga, Jika Hal Itu Tidak Membuat Anda Bahagia

Kebahagiaan bukanlah hasil dari sebuah perjuangan. Namun, kebahagiaan adalah hadiah dari sebuah usaha. Sehingga, tidak pernah ada kata “salah” dari menang atau kalah. Kesalahan yang sesungguhnya adalah ketika Anda mempunyai harapan kemenangan tetapi tidak ada perjuangan.

Ketika Anda ingin melakukan sesuatu tanyakan pada diri Anda, apakah ini bisa membuat Anda bahagia? Atau kalau Anda memperjuangkan sesuatu, tanyakan sekali lagi, apakah apa yang saya perjuangkan dengan kesakitan hari ini akan membuat orang-orang yang saya sayangi menjadi bahagia?

Jika jawabannya adalah “Ya”, maka PERJUANGKAN!

4# Jadilah Dirimu Sendiri Selalu, Tanpa Ada Pengecualian

Sungguh begitu tragis, ada begitu banyak orang di planet ini yang menjalani kehidupan yang sebenarnya tidak ingin mereka jalani. Mereka menjalani kehidupan hanya karena mereka mendengarkan atau melihat orang lain lalu melakukan hal yang sama dengan apa yang mereka dengar atau lihat tersebut.

Untuk hidup lebih sukses dan bahagia maka Anda harus menjadi diri Anda sendiri.

Mari kita ulangi, karena bisa saja ini merupakan hal yang paling penting yang harus Anda terapkan dalam hidup Anda sendiri.

Anda hanya akan hidup sukses dan bahagia jika Anda menjadi diri Anda sendiri.

Anda tidak akan pernah benar-benar bahagia dalam hidup, jika Anda terus menerus melakukan sesuatu untuk menyenangkan orang lain, untuk bersaing dengan orang lain, ataupun untuk menjadi seperti orang lain.

Anda itu unik. Dan keunikan Anda tersebut merupakan hadiah terbesar dari Tuhan untuk Anda. Karena jika Anda mengikuti jalan Anda sendiri, terlepas dari orang lain cocok atau tidak, hal tersebut akan membuka “ruang” bagi hal-hal yang besar untuk masuk dalam kehidupan Anda.

Semua manusia diciptakan menjadi pemimpin di muka bumi ini. Manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tuhan selalu mempunyai blueprint mengapa kita harus lahir

Manusia lahir tidak ada yang sama. Jangan bandingkan diri Anda dengan siapapun di dunia ini.

Anda itu unik. Buatlah keputusan Anda sendiri karena hal tersebut akan mengarah kepada KEHIDUPAN TERBESAR seperti yang Anda inginkan.

5# Semua Yang Anda Butuhkan Sudah Ada di Dalam Diri Anda

Banyak contoh orang-0rang di dunia ini yang kelihatannya memiliki semuanya, tapi kehidupannya berakhir dengan tidak baik. Mereka berkecukupan, mereka mempunyai semuanya, tapi mengapa hidup mereka berakhir dengan penderitaan?

Ya, karena mereka selalu merasa “kurang”.

Bahagia itu datang dari diri kita sendiri. Bahagia itu kita ciptakan sendiri. Bahagia itu tidak datang dari orang lain.

Ketika Anda merasa bahwa Anda sudah cukup dan semua sudah ada di dalam diri Anda, maka hal tersebut akan membuka ruang untuk hal-hal yang menakjubkan memasuki kehidupan Anda.

Kebahagiaan sejati tidak akan pernah Anda temukan dari luar. Harta dan kekayaan tidak selalu bisa membuat Anda bahagia. Sahabat-sahabat Anda pun tidak selalu bisa membuat Anda bahagia. Bahagia itu datang dari diri Anda sendiri.

6# Tidak Ada Ruang untuk Orang-Orang Negatif

Kelilingilah diri Anda setiap hari dengan orang-orang yang bisa memberi Anda energi positif. Jangan beri ruang kepada teman-teman atau sekitar orang Anda dengan energi negatifnya. Karena energi negatif itu bisa “membunuhmu”.

Hindarilah para pengeluh, hindari para pembohong, hindari orang-orang yang suka ngomongin temennya dari belakang, dan hindari orang-orang yang suka bermuka dua. Jangan beri ruang pada energi negatif jika Anda ingin selalu hidup sukses dan bahagia.

Memang, ada diantara keluarga kita atau sahabat dekat kita yang mempunyai energi negatif. Apakah kita harus menjauhinya?

Saya pikir kita tidak harus mengindari orang tersebut. Biarlah energi positif kita akan memudarkan energi negatif mereka. Mungkin butuh waktu. Tapi, buatlah energi positif itu lebih kuat dan selalu kuat. Sehingga energi Anda tidak pernah redup hanya karena energi negatif orang lain. Justru energi positif Anda akan memendarkan energi negatif mereka.

Bersinarlah terang!

Orang-orang yang melihat sinar Anda, pasti akan bersinar bersama Anda.

Ingat, tidak ada kehidupan yang hebat di dalam lingkungan yang negatif.

7# Apapun yang Anda Fokuskan, Anda Akan Temukan

Jika Anda mencari hal-hal negatif di dunia ini, Anda akan menemukan banyak sekali hal-hal negatif di dunia ini. Jika Anda mencari kebencian, kemarahan, dan kesedihan, Anda akan menemukan hal tersebut. Tetapi, hal yang sama juga berlaku dalam sisi yang berbeda.

Jika satu-satunya niat Anda adalah menemukan yang baik, maka Anda hanya akan menemukan yang baik.

Apapun makna yang Anda berikan ke dalam hidup Anda, itulah yang akan hidup. Hal itu bisa berupa kegagalan atau pelajaran, hancur hati atau membangun karakter, hidup ini bisa membuat lemah atau menjadikan Anda kuat. Semua itu tergantung ke arah mana Anda memfokuskannya.

Jadikanlah niat Anda untuk mencari hal yang baik dalam hidup Anda. Untuk memerhatikan hal yang baik pada orang lain, bersyukur dengan apa yang Anda miliki, dan untuk melihat tantangan sebagai peluang.

Berlatihlah untuk melihat hal baik dalam hidup Anda dan orang lain!

Pikirkanlah yang terbaik, harapkanlah yang terbaik, dan selalu bertanya pada diri sendiri bagaimana hidup ini bisa bermanfaat bagi saya dan orang lain.

Cintailah diri Anda dan proses hidup Anda! Sekarang, besok, dan insya Allah nanti sampai mati.

Kesimpulan Tentang Prinsip Hidup Sukses dan Bahagia

Prinsip hidup yang harus Anda miliki dan lakukan agar hidup Anda selalu sukses dan bahagia ada 7, yaitu:

  1. Hidup ini hanya sementara
  2. Tidak ada yang tidak bisa Anda lakukan atau miliki jika ada orang lain yang pernah melakukan atau memiliki sebelumnya
  3. Tidak ada satupun yang berharga, jika hal itu tidak membuat Anda bahagia
  4. Jadilah diri Anda sendiri, tanpa ada pengecualian
  5. Semua yang Anda butuhkan, sejatinya sudah ada dalam diri Anda sendiri
  6. Tidak ada ruang untuk orang-orang negatif
  7. Apapun yang Anda fokuskan, Anda akan menemukannya

Sumber: Materi 7 Prinsip Hidup ini kami ambil dari video motivasi Abdi Suardi.

Semoga motivasi tentang 7 prinsip hidup ini bisa Anda praktikkan dalam kehidupan Anda setiap hari. Sehingga, hidup Anda jauh lebih sukses dan bahagia daripada hari-hari sebelumnya. Aamiin.

Sukses selalu untuk Anda,

Salam hangat,

 

Wiji Hatmoko

17 April 2020

0 Tanggapan pada "7 Prinsip Hidup Agar Sukses dan Bahagia"

Berikan Komentar Anda

Loading...