KODE DISKON 30% Kursus Perangkat Desa = CIPTACENDEKIA30

Soal UKK SD Kelas 5 disertai dengan kisi-kisi

Soal UKK SD Kelas 5 ini kami sediakan sebagai persiapan siswa kelas 5 dalam menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) semester II.

Di bagian akhir tulisan ini, saya sediakan link menuju soal UKK Kelas 5 beserta kisi-kisinya. Soal-soal tersebut saya sediakan beserta kisi-kisinya sehingga siswa dapat belajar mempersiapkan diri menghadapi ulangan kenaikan kelas lebih baik.

Sekilas tentang UKK

UKK atau sering disebut ulangan kenaikan kelas merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap pada satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket.

Bobot nilai UKK untuk penentuan nilai raport senilai dengan 2x nilai Ulangan Tengah Semester. Juga dua kali nilai rata-rata ulangan. Oleh sebab itu, siswa perlu belajar dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas.

 

Permasalahan Belajar yang Dialami Siswa Menjelang UKK secara Turun Temurun

Perlu diketahui bahwa soal-soal yang tersedia dalam soal UKK biasanya diambil dari materi semester 2 untuk setiap mata pelajaran. Karenanya, siswa biasanya mempelajari semua materi menjelang ulangan kenaikan kelas. Inilah yang sering saya temukan terhadap siswa-siswi saya dalam beberapa tahun saya mengajar.

Kabar buruknya, inilah kesalahan yang tidak diketahui siswa.

Kesalahan paling umum yang dilakukan siswa adalah mempelajari semua materi tanpa ada persiapan mempelajari materi sedikit demi sedikit. Mereka baru belajar ketika ada ulangan kenaikan kelas. Terlebih, mempelajari semua materi dari awal hingga akhir. Hal tersebut biasanya dilakukan dalam semalam. Jadi, jika besoknya terdapat 2 mata pelajaran dalam Ulangan Kenaikan Kelas, mereka biasanya mempelajari semua materi yang terdapat dalam 2 mata pelajaran tersebut selama 1 hari.

Mengapa perlu latihan mengerjakan soal Ulangan Kenaikan Kelas?

Jawablah pertanyaan ini secara jujur! Mungkinkah sebagian besar isi materi yang dipelajari dalam semalam dapat terserap di otak siswa?

Tentu saja tidak. Meskipun kemampuan otak manusia tidak terbatas, tetapi bagi sebagian besar siswa, mereka belum terlatih menggunakan otaknya untuk mengorganisasi materi.

Untuk itu, siswa perlu memahami prinsip sederhana ini untuk mempersiapkan diri dalam Ulangan Kenaikan Kelas:

Banyak baca, banyak lupa.

Sedikit baca, sedikit lupa.

Tidak baca, tidak lupa.

Jadi, cara belajar yang paling baik adalah mempelajari rangkuman materi yang telah kita buat sebelumnya. Apalagi belajar menggunakan mindmap. Apa itu mind map?

Saya telah menulis artikel yang membahas tentang mind map. Jika saya bahas di sini rasanya terlalu panjang.

Baca selengkapnya tentang mind mapdi : https://ciptacendekia.com/lejitkan-potensimu-dengan-mind-map/

Selain menggunakan mind map dalam belajar, kabar baik lainnya adalah siswa dapat belajar lebih efektif dalam menghadapi UKK dengan cara berlatih soal yang disertai dengan kisi-kisi. Dengan berlatih soal, siswa dapat mengetahui tentang kondisi persiapan belajarnya. Mereka dapat lebih tahu soal mana yang sudah bisa dan soal mana yang masih salah. Dengan demikian, siswa menjadi tahu materi mana yang perlu dipelajari lebih mendalam dan materi mana yang telah dikuasainya.

Oleh sebab itu, website ini berusaha membantu sedikit permasalahan yang dialami siswa tersebut dengan cara menyediakan soal-soal Ulangan Kenaikan Kelas 5.

Jadwal Ulangan Kenaikan Kelas

No.

Hari

Mata Pelajaran

1

Senin

Pendidikan Agama dan IPA

2

Selasa

Bahasa Indonesia dan PKn

3

Rabu

Matematika dan IPS

4

Kamis

Mulok Pilihan Provinsi (Jawa Tengah: Bahasa Jawa) dan Penjas

5

Jumat

Praktek

6

Sabtu

Praktek

Keterangan:

  • Jadwal UKK biasanya berlangsung sekitar bulan Juni minggu ke-I atau ke-II. Lebih tepatnya dapat dilihat pada kalender pendidikan
  • Untuk jadwal praktek ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing

Link Soal UKK SD Kelas 5 berikut ini:

Soal Tertulis:

 

Soal Praktek:

  • Soal Praktek Bahasa Indonesia UKK Kelas 5
  • Soal Praktek IPA UKK Kelas 5
  • Soal Praktek Seni Budaya dan Keterampilan UKK Kelas 5
  • Soal Praktek Bahasa Jawa UKK Kelas 5
  • Soal Praktek Suara Daerah UKK Kelas 5
  • Soal Praktek UKK Kelas 5

Penjelasan Tambahan terkait soal UKK SD Kelas 5 di atas

  • Soal diambil dari materi kelas 5 semester II
  • Soal terdiri dari pilihan ganda, isian, dan uraian
  • Waktu pengerjaan untuk Mata Pelajaran BI, Matematika, dan IPA adalah 120 menit, sedangkan mata pelajaran yang lain adalah 90 menit

Kesimpulan

Guru perlu memberikan soal-soal latihan menjelang kenaikan kelas. Soal dapat diambil dari bank soal Ulangan Kenaikan Kelas tahun lalu. Tidak hanya guru, tapi orang tua juga perlu mencarikan soal-soal latihan ulangan kenaikan kelas untuk putra-putrinya. Hal ini penting karena dengan berlatih soal, belajar mereka akan lebih terarah dan efektif.

Siswa juga sebaiknya rajin dalam belajar. Janganlah hanya belajar ketika hendak menghadapi ulangan. Alangkah lebih baiknya jika siswa telah mempersiapkan diri untuk menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas dengan cara:

  • Merangkum materi pelajaran menggunakan mind map
  • Berlatih soal yang terkait dengan ulangan.

Semoga dengan keberadaan website ciptacendekia.com ini dapat membantu orang tua maupun siswa yang hendak mencari soal-soal UKK SD Kelas 5 yang berkualitas. Aamiin

Apalagi selanjutnya?

Kami juga sedang berusaha melengkapi website ini dengan menyediakan soal-soal berkualitas untuk kelas yang lain. Juga menyediakan kursus online gratis dan berbayar untuk pembahasan materi  dan soal secara detail.  Untuk itu, pastikan kamu telah mendaftarkan diri menjadi member di website ini.

Panduan Pendaftaran Bimbel CiptaCendekia.com >>

 

 

 

11 September 2017

2 Tanggapan pada "Soal UKK SD Kelas 5 disertai dengan kisi-kisi"

    Berikan Komentar Anda