Naskah Pidato Perpisahan Sekolah dan Kerangkanya

Naskah pidato perpisahan saya sediakan sebagai bahan referensi bagi Bapak/Ibu Guru atau siswa kelas VI yang mendapatkan tugas untuk mencari naskah pidato.

Ibarat roti oreo yang terdiri dari 3 lapis. Pidato juga terdiri dari 3 lapisan:

  1. Pembuka
  2. Isi
  3. Penutup

Oleh sebab itu, untuk membuat sebuah naskah pidato perlu dibuat kerangka yang terdiri dari pembuka, isi, dan penutup pidato.

kerangka pidato

Kerangka Naskah Pidato Perpisahan

Pembuka :

– Salam Pembuka

– Sapaan Penghormatan

– Ucapan Puji Syukur

– Sholawat kepada nabi Muhammad SAW

– Tujuan Pidato

Isi pidato:

– Ucapan terima kasih kepada guru

– Ucapan permohonan maaf atas kesalahan selama ini

– Harapan-harapan

Penutup Pidato

– Terima kasih atas perhatian hadirin

– Mohon maaf atas kesalahan kata-kata yang tidak berkenan

– Salam penutup

Catatan Penting:

Naskah pidato di bawah ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi di sekolah masing-masing. Beberapa hal yang biasanya diubah antara lain:

  • nama sekolah
  • salam penghormatan (tergantung pada tamu yang hadir pada saat itu)

Berikut ini adalah Naskah Pidato Perpisahan Kelas VI di SDN 2 Watusomo tahun 2017 dengan daftar tamu yang hadir antara lain:

  • Kepala sekolah SDN 2 Watusomo
  • Guru dan Karyawan SDN 2 Watusomo
  • Kepala Desa Watusomo
  • Ketua Komite Sekolah beserta anggotanya
  • Orang tua/wali murid kelas VI SDN 2 Watusomo
  • Siswa-siswa kelas VI SDN 2 Watusomo
  • Perwakilan siswa kelas I sampai V SDN 2 Watusomo

Silakan untuk salam sapaan penghormatan di dalam naskah pidato di bawah ini, kamu sesuaikan dengan kondisi siapa saja yang menghadiri pada acara perpisahan tersebut.


Naskah Pidato Perpisahan Sekolah (Bagi Perwakilan Siswa Kelas VI)

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Alhamdulillaahirobbil ‘aalamin,
Washsholaatu wassalaamu ’alaa asyrofil ambiyaa i walmursaliin
Wa ‘alaa aalihi washohbihii ‘ajma’iin. Ammaba’du.

Yang kami hormati:

– Bapak Kepala Desa Watusomo,
– Bapak kepala sekolah SDN 2 Watusomo,

– Bapak/Ibu Guru SDN 2 Watusomo,

– Bapak Ketua Komite Sekolah beserta anggotanya,

– Bapak ibu wali murid yang hadir,

– Dan teman-teman yang di rahmati Allah.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, zat yang memberikan kenikmatan-kenikmatan yang tidak bisa dihitung dan dibandingkan dengan hal lain. Dialah Allah yang telah memberikan kita nikmatnya iman dan indahnya Islam, dan Allah juga yang memberikan nikmatnya sebuah pertemuan dan perpisahan.

Shalawat dan salam marilah senantiasa kita hadiahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Suri tauladan umat yang telah mengajarkan umatnya kebaikan dengan keteladanannya. Beliaulah yang telah mengajarkan arti tanggung jawab dan mengajarkan kewajiban kepada kita semua, sehingga kita sebagai umatnya selalu ingin menjadi umat terbaik sepanjang zaman.

Bapak Ibu Guru yang di rahmati Allah,
Mungkin…
Ini adalah hari terakhir kami di sini setelah enam tahun bersama. Tapi itu bukan berarti kami akan melupakan segala jasa-jasamu dalam menunjuk ajari kami hingga detik ini. Begitu banyak hal yang sudah Bapak Ibu Guru berikan untuk kami, tidak hanya ilmu, bahkan waktu sengaja engkau berikan untuk kami agar hidup kami lebih berarti.

Bapak dan Ibu Guru,
Kami di sini ingin mengucapkan terima kasih atas apa yang telah Bapak dan Ibu Guru berikan kepada kami. Semoga semua yang Bapak Ibu Guru berikan dicatat sebagai amal kebaikan dan amal ibadah di sisi Allah SWT. Aamin…

Bapak dan Ibu Guru,
Pada kesempatan kali ini pula, kami semua memohon maaf apabila selama ini tingkah laku kami secara sengaja maupun tidak sengaja telah melukai hati dan membuat bapak dan ibu guru marah. Kami berharap Bapak dan Ibu Guru sudi untuk memaafkan semua kesalahan kami.

Kami juga memohon doa restu, semoga setelah kelulusan ini, kami dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Kami juga memohon doa agar dimudahkan segala urusan untuk menggapai cita-cita kami.

Untuk adik-adikku,
Disini kami sebagai kakak-kakak yang akan meninggalkanmu di sekolah tercinta ini ingin berpesan, belajarlah dengan baik, tuntutlah ilmu jangan sampai kalian merasa bosan dengan ilmu yang kalian cari, dan janganlah lupa untuk selalu  menghormati dan patuh kepada Bapak dan Ibu Guru.

Untuk orang tua kami,
Terima kasih, karena telah menyekolahkan kami di sini, SDN 2 Watusomo. Sekolah yang tak hanya mengajarkan ilmu-ilmu dunia, tapi juga ilmu yang berhubungan dengan bekal di akhirat. Insya Allah ilmu tersebut bisa menjadi penuntun jalan hidup ini.

Bapak, Ibu Guru, teman-teman dan orang tua kami.

Ada bangau hinggap di dahan,

lihat si parkit terbangnya tinggi.

Jikalau kita diizinkan Tuhan,

pastilah nanti bertemu lagi.

Kiranya cukup sampai disini pidato yang dapat saya sampaikan. Kurang dan lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Billaahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

 

Download naskah pidato ini di sini : https://drive.google.com/file/d/1tK1bNifEJLDtp-pt-5Wdj4YS-Fxkpn0S/view?usp=sharing


Naskah Pidato Tanggapan Siswa Kelas V

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Kepada Bapak Kepala Desa Watusomo yang kami hormati;

Kepada Bapak Kepala Sekolah beserta Bapak Ibu Guru yang kami hormati;

Kepada Bapak Ketua Komite beserta anggota yang kami hormati;

Kepada Bapak Ibu Wali Murid kelas VI yang kami hormati pula.

Kakak-kakak kelas VI yang akan meninggalkan sekolah ini dan teman-teman serta adik-adik kelas yang kami cintai.

 

Tiada kata yang paling indah dalam pembukaan sambutan kami ini, selain puja dan puji bagi Allah yang Maha Rahman Dan Rahim, mengasihi setiap insan muslim serta menyayangi setiap hamba-Nya yang shaleh.

Shalawat dan salam tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Kepada kelurga dan para sahabatnya. Semoga kita dapat meneladani sunah-sunah beliau. Sehingga nanti di hari kiamat kita mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Bapak/Ibu Guru dan para hadirin yang kami hormati,

Perkenankan saya berdiri di hadapan Bapak dan Ibu tamu undangan, mewakili teman-teman kelas V dan adik-adik kelas I hingga kelas IV untuk mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan kakak-kakak kelas VI yang telah menempuh ujian di tingkat sekolah dasar. Kami berharap kakak-kakak kelas VI mampu mengamalkan ilmu yang sudah dimiliki, baik untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Kakak-kakak kelas VI yang kami banggakan!

Bertahun bersama terasa sekejap saja. Berat rasanya hati kami melepas langkah kakimu. Betapa banyak kenangan yang telah tercipta. Baik yang manis maupun yang pahit. Semua cerita indah disini pastilah akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Alangkah senangnya apabila pertemanan yang telah dijalin selama ini dapat bertahan selamanya.
Betapapun beratnya, setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Akan tetapi, kami sadar bahwa jalan yang harus kakak tempuh masih panjang, Mudah-mudahan acara ini bisa menambah erat tali persaudaraan kita dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.

Kami, adik-adik kelasmu mengucapkan selamat jalan dan mohon maaf, bilamana selama kita bersama-sama menuntut ilmu di sekolah ini, kami pernah menyakiti hati kakak semua. Sebaliknya, apabila kakak-kakak memiliki kesalahan kepada kami, dengan tulus ikhlas kami bersedia untuk memaafkan.

Kakak-kakak kelas VI yang kami cintai!

Kami mohon janganlah melupakan jasa bapak dan ibu guru, muliakanlah dan hormatilah mereka. Karena jasa-jasanyalah kita menjadi anak yang terdidik, berilmu, dan berprestasi.
Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada kakak-kakak kelas VI untuk melanjutkan belajar di jenjang yang lebih tinggi. Semoga sukses sesuai dengan yang dicita-citakan untuk meraih masa depan yang gemilang. Tak lupa, kami juga memohon doa restu, semoga kami yang masih di sekolah ini diberi kekuatan untuk melanjutkan keteladanan yang telah kakak-kakak berikan.

Pohon talas dibuat jamu,
Janganlah malas menuntut ilmu
Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi…

Demikian sambutan kami, kurang dan lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Selamat jalan kakak-kakak ku tercinta, selamat berjuang untuk meraih cita-cita!

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

 

Download naskah pidato tanggapan siswa ini di sini : https://drive.google.com/file/d/1FfFJUrHgf0TLHkLyfd6NXshZS0mZ2J4y/view?usp=sharing

 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Naskah Pidato Perpisahan

Sebaik apapun naskah pidato jika tidak bisa membawakan naskah tersebut dengan baik, rasanya pidato tersebut hanya sekedar menjadi teks bacaan biasa.

Tapi jika dibawakan dengan cara dan metode yang tepat, pastilah pidato perpisahan tersebut akan berkesan dan membawa kenangan yang mendalam.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam membacakan naskah pidato perpisahan?

  1. Lafal. Pembacaan huruf vokal (a,e,i,o,u) dan konsonan harus jelas dan mantap. Tidak hanya huruf, tapi pembacaan setiap kata hingga dirangkai menjadi kalimat harus jelas.
  2. Intonasi. Membaca pidato tidak sama dengan membaca puisi. Apalagi pantun atau menyanyi. Dalam berpidato, intonasi (nada) harus disesuaikan dengan makna dalam setiap kalimat.
  3. Jeda. Pidato yang baik tidak boleh terlalu cepat. Tapi juga tidak boleh terlalu lambat atau kelamaan. Berhentilah bersuara disertai dengan memandang hadirin yang hadir.
  4. Volume. Dalam berpidato, volume suara harus terdengar oleh semua hadirin yang hadir. Namun tetap juga memperhatikan kesanggupan telinga dalam mendengar. Yaitu tidak boleh sambil berteriak-teriak.
  5. Ekspresi. Berpidatolah secara wajar. Tidak dibuat-buat. Hayatilah setiap kata hingga makna tiap kalimatnya. Ekspresikan rasa terima kasih, mohon maaf, dan meminta doa restu secara tulus dan apa adanya.

Hal terpentingnya adalah latihlah berpidato bersama dengan Bapak / Ibu Gurumu. Biarkan Bapak/Ibu Guru mengamati lalu menilai tentang penampilanmu dalam hal berpidato. Mintalah saran apa saja yang perlu diperbaiki tentang pidatomu.

 

Kesimpulan

Berpidato merupakan keterampilan yang perlu dikuasai oleh siswa. Salah satunya adalah berpidato dalam acara perpisahan sekolah. Adapun teknik berpidatonya dapat menggunakan teknik membaca naskah pidato. Cara ini lazim digunakan oleh siswa yang sedang berlatih berpidato.

Sebaiknya, sebelum pelaksanaan pidato perpisahan, perlu dilakukan persiapan latihan berpidato di depan kelas. Apalagi dilakukan bersama bimbingan guru. Tentu hasilnya lebih baik. Karena bapak atau ibu guru dapat langsung memberikan perbaikan terhadap hal-hal yang kurang tepat.

Apalagi Selanjutnya?

Ikutlah menyebarkan kebaikan dengan cara ikut membagikan tulisan naskah pidato perpisahan sekolah ini. Caranya mudah. Cukup klik salah satu icon media sosial (facebook, twitter, google plus) di bawah ini.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Aamiin.

 

Latihan Soal Menentukan Isi Pidato >>
7 Februari 2018

1 Tanggapan pada "Naskah Pidato Perpisahan Sekolah dan Kerangkanya"

  1. Allhamdulillah, Terimakasih, dengan ini saya menjadi lebih mengerti arti kata “pidato” dengan kerangkanya, Syukron.. Semoga Selalu Bermanfaat Bagi Orang lain

Berikan Komentar Anda

WeCreativez WhatsApp Support
Butuh dukungan teknis? Kami siap membantu
Hubungi Kami