Soal Menentukan Isi Pidato untuk Persiapan Ujian Sekolah

Soal menentukan isi pidato berikut ini merupakan kelanjutan dari soal menentukan pernyataan sesuai dengan isi paragraf.

< SEBELUMNYA : Soal menentukan isi paragraf

Materi :

Pidato adalah bentuk komunikasi lisan yang memiliki unsur-unsur berupa intonasi, gerak, dan mimik. Teks pidato biasanya dipersiapkan oleh seseorang yang akan berpidato. Pokok-pokok pidato meliputi pendahuluan, isi, dan penutup.

a. Pendahuluan

Bagian ini berisi uraian untuk mempersiapkan pendengar, berupa sapaan, salam, ucapan syukur, ucapan terima kasih, latar belakang masalah, dan tujuan.

b. Isi

Bagian ini berisi gagasan pokok yang hendak disampaikan.

c. Penutup

Penutup berisi simpulan, ajakan, harapan, permintaan maaf, dan penutup.

Cara menentukan isi pidato

Isi pidato merupakan maksud yang ingin disampaikan penyampai pidato. Cara menentukan isi pidato dengan cara mencermati kalimat pembuka dan isi pidato dengan saksama. Kemudian, tentukan masalah atau ide pokok dalam pidato tersebut.

Latihan soal menentukan isi pidato

Petunjuk umum :

  1. Soal terdiri dari beberapa soal yang diacak secara komputerisasi.
  2. Bacalah soal dan pilihan jawaban dengan teliti!
  3. Untuk menjawab soal, klik pada pilihan jawaban yang kamu anggap paling benar.
  4. Jawaban benar akan berwarna hijau pada pilihan jawaban kamu.
  5. Jika jawabanmu salah, pilihan jawaban tersebut akan berwarna merah.
  6. Kunci jawaban merupakan pilihan jawaban yang berwarna hijau.

Penskoran :

  • Setiap jawaban bernilai 1.
  • Di akhir sesi latihan soal menentukan pidato ini kamu akan mengetahui berapa skor yang kamu peroleh.

Sudah siap?

Mari kita mulai!

Bacalah penggalan pidato berikut!

          Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.

      Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan lingkungan sekolah kita tercinta. Apabila sekolah kita bersih, orang lain pun tidak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita. Kita sebagai penghuni sekolah juga terkena dampak positifnya. Lingkungan sekolah yang bersih membuat warga sekolah merasa nyaman. Kegiatan belajar mengajar pun menjadi nyaman.

Isi kutipan pidato tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Perhatikan kutipan pidato berikut!

    Anak-anakku yang saya kasihi. SD Taman Siswa memiliki taman bersih dan indah. Keberadaan taman tersebut membuat suasana belajar semakin nyaman. Udara di sekolah pun sejuk dan segar. Tentu saja jasa Pak Harun tukang kebun kita sangat besar dalam merawat keindahan dan kebersihan taman di SD Taman Siswa. Sebagai warga sekolah yang baik, mari kita turut menjaga kelestarian taman itu. Jangan kita mengotori taman yang indah tersebut.

Isi kutipan pidato tersebut adalah …

 

Benar! Salah!

Perhatikan penggalan pidato berikut!

Hadirin yang saya hormati.

Apotek hidup adalah tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat obat. Apotek hidup ditanam di halaman rumah. Tumbuh-tumbuhan apotek hidup ini dapat dijadikan obat penyakit tertentu. Sebagai contoh pepaya, daunnya berguna untuk menyembuhkan malaria. Buah yang masih muda sebagai sayur. Buah yang sudah matang mengandung vitamin A dan baik untuk pencernaan.

 

Isi kutipan pidato tersebut adalah ….

 

Benar! Salah!

Bacalah kutipan pidato berikut!

      Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dan budaya. Keragaman suku bangsa dan budaya menambah kekayaan budaya Indonesia. Keragaman tersebut merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang wajib kita syukuri. Sebagai anak Indonesia, kita harus bangga dengan kekayaan budaya tersebut. Menghargai perbedaan merupakan wujud dari semangat persatuan dan kesatuan.

Isi kutipan teks pidato tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Perhatikan kutipan pidato berikut!

     Saudara-saudara yang saya hormati,

     Saya sangat bangga dengan kerukunan yang terjalin diantara warga Desa Mekarsari. Sebagai Kepala Desa Mekarsari, saya merasa senang karena warga Desa Mekarsari dengan ikhlas dan senang hati melaksanakan kerja bakti. Kerukunan menyebabkan pekerjaan ringan dan cepat selesai. Kerukunan memberi manfaat besar bagi Desa Mekasari.

 

Isi kutipan pidato tersebut adalah …

 

Benar! Salah!

Advertisement

Bacalah kutipan pidato berikut!

     Pada tanggal 2 Mei kita akan memperingati hari Pendidikan Nasional. Bagaimana kabar pendidikan di Indonesia? Apakah sudah maju? Kita sebagai guru hendaknya bahu membahu untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Kita ciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia.

 

Apa isi kutipan pidato tersebut?

 

Benar! Salah!

Perhatikan pidato berikut!

Hadirin yang saya hormati,

Kecelakaan lalu lintas di jalan raya semakin hari semakin meningkat. Rata-rata kecelakaan disebabkan oleh faktor pengendara. Pengendara sering mengabaikan rambu-rambu lalu lintas. Oleh karena itu, marilah kita menaati rambu-rambu lalu lintas agar tingkat kecelakaan bisa berkurang.

 

Isi pidato tersebut adalah …

Benar! Salah!

Perhatikan cuplikan pidato berikut!

Hadirin yang terhormat, 

Di lingkungan sekitar tempat tinggal kita sering terjadi pencemaran air, udara, dan tanah. Pencemaran bisa menimbulkan penyakit dan bencana. Akibat pencemaran, kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan akan terganggu. Untuk mencemari pencemaran, dapat diupayakan dengan cara bergotong royong. Jika pencemaran berkurang, kehidupan lingkungan di sekitar kita juga lebih nyaman. Kita harus menjaga lingkungan agar tetap lestari.

 

Isi pidato yang tepat berdasarkan cuplikan pidato tersebut adalah …

Benar! Salah!

Perhatikan kutipan pidato berikut!

    Adik-adik yang saya cintai. Kegiatan pramuka diharapkan mampu membentuk anggota pramuka yang mandiri dan disiplin. Mandiri dalam melakukan semua tugasnya, mandiri dalam belajar, dan mandiri dalam menghadapi tantangan hidup. Anggota pramuka juga diharapkan menjadi pribadi disiplin baik disiplin dengan diri sendiri, keluarga, teman, maupun lingkungan.

Isi kutipan pidato tersebut adalah …

 

Benar! Salah!

Perhatikan pidato berikut!

Hadirin yang terhormat, pada kesempatan kali ini saya mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kegiatan penanaman pohon di bukit ini berjalan lancar. Semoga penanaman pohon ini dapat menghijaukan bukit dan mencegah banjir. Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada warga desa yang telah melaksanakan kegiatan ini.

 

Pidato tersebut berisi ….

Benar! Salah!

Advertisement

Perhatikan kutipan pidato berikut!

        Selama enam tahun banyak ilmu yang kami dapatkan. Kami ucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami. Mohon maaf kami sampaikan karena banyak perilaku yang kurang berkenan di hati. Kami juga minta maaf jika sering mengecewakan bapak dan ibu guru.

Isi kutipan pidato tersebut adalah ….

Benar! Salah!

Perhatikan pidato berikut!

Hadirin yang saya hormati,

Belakangan ini banyak diantara kita yang mulai tidak peduli terhadap kesehatan tubuh. Ketidakpedulian ini dapat dilihat dari gaya hidup, pola makan, serta kurangnya berolahraga. Seperti diketahui, tubuh manusia sebenarnya rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, kita diharuskan pandai dalam menjaga kesehatan.

 

Isi dari pidato tersebut adalah …

 

Benar! Salah!

BI-Menentukan isi pidato
Luar biasa

Selamat, kamu telah menguasai materi ini. Silakan lanjut dengan mengerjakan kuis lainnya
Coba lagi!

Sepertinya kamu belum menguasai materi ini. Silakan kerjakan kembali kuis ini dengan cara mereload halaman ini

Bagikan hasil perolehan Anda:

Apalagi Selanjutnya?

Jika kamu saat ini sedang mempersiapkan diri dalam ujian sekolah, kami telah merangkum materi dan latihan soal seperti ini secara lengkap dalam bentuk kursus online bahasa Indonesia.

Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat, dan semoga kamu mendapatkan nilai maksimal dalam ujian sekolah nanti.

7 Februari 2022

0 Tanggapan pada "Soal Menentukan Isi Pidato untuk Persiapan Ujian Sekolah"

Berikan Komentar Anda

Halo Kak selamat datang! Bila ada yang mau ditanyakan bisa langsung hubungi kami ya..

Kursus Perangkat Desa