KODE DISKON 30% Kursus Perangkat Desa = CIPTACENDEKIA30

Tips Belajar Supaya Betah dalam Belajar

Tips belajar yang akan saya utarakan di artikel ini akan mengubah pandangan dan cara belajarmu mengenai cara belajar. Telah saya buktikan sendiri, setidaknya 2 jam sehari saya mampu belajar (membaca, menulis, mencari ide, membuat soal, dan lain-lain).

Sebelum saya bahas lebih lanjut, cobalah jawab pertanyaan berikut:

Berapa lama waktu yang kamu habiskan dalam belajar?

Hayo, banyak mana sama nonton TV atau main game?

Sebagai seorang siswa tentu saja tugas utamanya adalah belajar. Kamu harus setuju dengan pernyataan tersebut.

Percayalah banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas dibandingkan mereka yang banyak menghabiskan waktunya hanya untuk sesuatu yang tidak banyak memberi manfaat.

Sebagian besar kita dalam hal belajar, kadang kita lebih cepat bosan dibandingkan dengan menonton sinetron atau facebookan. Kita lebih asik menghabiskan waktu dalam sehari, untuk berkomunikasi dengan teman melalui jejaring sosial. Lalu kapankah kita dapat meningkatkan kemampuan diri mempersiapkan masa depan kita sendiri?

Berikut ini beberapa tips belajar dari saya pribadi agar belajar kamu lebih dapat bertahan lama dari biasanya.

Dengan tips belajar di bawah ini setidaknya minimal dalam 2 jam saya mampu belajar hal baru setiap harinya.

 

Tips 1 : Kenali AMBAK (Apa Manfaatnya Bagiku)

(apa manfaatnya bagiku) dari materi yang akan kita pelajari. Pastikan kita mengerti manfaat dari apa yang kita peroleh di masa saat ini dan masa depan.

AMBAK sama saja dengan menciptakan minat terhadap apa yang sedang kamu pelajari dengan menghubungkannya dengan “dunia nyata”. Kamu harus mencari cara untuk menjadikan apa yang kamu pelajari menjadi berarti bagi hidupmu sendiri. Tanyakan pada diri sendiri, bagaimana aku dapat memanfaatkan apa yang aku pelajari ini dalam kehidupanku sehari-hari ?

 

Tips 2: Siapkan sarana dan prasarana

Setidaknya kamu perlu siapkan salah satu dari berikut ini sebelum mulai belajar. Menyiapkan semuanya juga boleh kok. Supaya lebih berdampak positif terhadap belajar kamu.

a. Meja Belajar.

Belajar dengan posisi tubuh yang benar akan membuatmu lebih bertahan lama dibandingkan tanpa menggunakan meja belajar.

Tidak harus meja belajar seperti gambar di atas sih. Cukup kamu punya meja dan kursi yang membuatmu nyaman belajar dengan susunan buku yang tertata rapi.

b. Lampu penerangan. 

* ) Satu buah lampu khusus untuk menerangi meja belajar.

Rekomendasinya adalah 5 Watt, tidak terlalu terang, juga tidak terlalu redup. Upayakan lampu berbentuk bulat (bukan lampu jari).

*) Satu buah lampu untuk menerangi seluruh ruangan.

Perhatikan kembali gambar meja belajar di atas. Amati tentang cahaya penerangan yang mengenai tempat belajar.

Dengan demikian, pandangan mata akan lebih fokus dan tidak mudah cepat lelah.

c. Aromaterapi

Gunakan aromaterapi berupa wewangian yang aromanya lembut, dapat berupa wangi bunga mawar, atau wewangian apapun yang kita senangi. Jika tidak punya, kamu bisa menanam sendiri bunga melati di pot yang ditaruh di dekat ruang belajar. Cobalah.

d. Musik terapi

Lantunan musik dengan bit yang kalem dapat meningkatkan konsentrasi belajar. Biasanya saya mendengarkan musik instrumental. Seperti Mozart, Dan Gibson, atau Celtic.

e. Coklat

Belajar sambil makan coklat atau minum susu coklat hangat akan membuat daya konsentrasimu lebih maksimal. Mengapa coklat?

Asam phenethylamine yang terkandung di dalam coklat membuat perangsangan otak sehingga mengeluarkan endorphins, dopamine, dan serotonin, yang berfungsi sebagai penenang alami dari dalam tubuh, obat anti depresi, dan memberikan efek relaksasi.

Biasanya saya menggunakan coklat untuk pendamping belajar ketika mau menghadapi ujian, menulis raport, atau menulis ijazah.

Tips ke-3: Memulai belajar dengan berdoa

Doa adalah senjatanya orang mukmin. Dengan berdoa, membuktikan bahwa kita sangat butuh akan pertolongan Tuhan. Dia sendiri telah berjanji, bahwa siapa berdoa pada-Nya pasti dikabulkan. Maka sebelum kamu mulai belajar, mintalah tambahan ilmu yang bermanfaat.

Bagi yang beragama Islam, mungkin doa ini sudah cukup populer.

رَضِيْتُ بِااللهِ رَبَّا وَبِالْاِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًا وَرَسُوْلَا رَبِّىْ زِدْ نِيْ عِلْمًا وَا رْزُقْنِيْ فَهْمًا

Yang artinya : “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Demikian tulisan kali ini, silahkan dibuktikan sendiri dan amati perubahan yang terjadi.

Kamu memiliki tips lain selain tips saya di atas?

Mari berbagi pengalaman dengan cara berkomentar di bawah ini.

 

0 Tanggapan pada "Tips Belajar Supaya Betah dalam Belajar"

    Berikan Komentar Anda