4 Karakter Manusia yang Harus Kamu Ketahui

4 Karakter Manusia ini saya tulis untuk kamu yang:

  1. Ingin memiliki persahabatan yang langgeng
  2. Ingin memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  3. Ingin menjadi seorang leader yang disukai karyawannya
  4. Dan masih banyak lagi keuntungan lain yang tidak saya sebutkan satu persatu.

4 Karakter manusia ini juga saya tulis untuk melengkapi tulisan saya sebelumnya yaitu tentang ciri teman toxic yang harus kamu hindari dan waspadai. Bagi kalian yang belum membacanya, silakan luangkan waktu sejenak untuk membacanya ya.

Linknya di sini: https://ciptacendekia.com/teman-toxic-yang-harus-kamu-hindari-dan-waspadai/

Secara garis besar, manusia itu dikelompokkan menjadi 4 karakter utama. Yaitu:

  1. sanguinis,
  2. kholeris,
  3. melankolis, dan
  4. phlegmatis.

Seperti apa pengertian, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangannya masing-masing, serta bagaimana kita bisa mengetahui seseorang termasuk tipe karakter yang mana?

Nah, melalui tulisan ini saya ingin membahas tentang apa saja ciri 4 karakter manusia tersebut, kelebihan dan kekurangannya, serta di akhir tulisan ini nanti saya ingin mengajak kamu untuk melakukan tes karakter agar kamu bisa mengetahui termasuk dalam kelompok karakter manusia yang mana.

Oke, yuk pelajari lebih detail.

4 karakter manusia:

1# Sanguinis (Populer)

Karakter Sanguinis
Tipe Karakter Sanguinis

Tipe karakter manusia yang pertama adalah sanguinis. Sanguinis merupakan karakter atau kepribadian yang suka menjadi pusat perhatian, ingin selalu disenangi orang lain, menyukai kepopuleran, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan senang menjadi pusat perhatian.

Karakter sanguinis selalu senang dalam situasi yang gembira, pesta, berkumpul dengan teman dalam kondisi ramai.

Orang yang mempunyai karakter sanguinis juga senang terhadap aktivitas kebersamaan yang menyenangkan. Namun, hidupnya tidak teratur dan selalu susah berkonsentrasi jika diajak melakukan hal yang serius. Selain itu, orang sanguinis biasanya memberikan keputusan setelah berpikir yang pendek.

Orang sanguinis adalah orang yang memiliki kepribadian yang menarik. Mereka suka berbicara, suka tampil di depan umum, mampu menghidupkan pesta, memiliki rasa humor yang baik, memiliki ingatan yang kuat terhadap warna, emosional dan demonstratif, serta ekspresif dalam mengutarakan keinginannya.

Masih tentang sanguinis, mereka adalah orang yang memiliki rasa antusias yang tinggi, periang, penuh semangat, memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan baik dalam menguasai panggung, penuh keingintahuan, mudah beradaptasi mengikuti perubahan, berhati tulus, dan tampak kekanak-kanakan.

Dari penjelasan di atas dapat kita rangkum tentang kelebihan dan kelemahan sanguinis sebagai berikut:

Kelebihan Sanguinis

  • hangat, bersahabat, mudah bergaul dengan siapa saja
  • memiliki sifat belas kasih
  • responsif
  • antusias
  • ramah
  • banyak bicara

Kekurangan Sanguinis

  • tidak disiplin
  • emosi labil
  • tidak produktif
  • egosentris
  • membesar-besarkan masalah
  • terlalu mudah ditipu
  • kurang serius dalam hal apapun
  • memercayakan pada orang lain untuk melakukan pekerjaan
  • mempunyai ide cemerlang namun tidak menyelesaikannya sampai tuntas
  • pelupa
  • tidak dewasa

2# Kholeris (Kuat)

Karakter manusia yang kedua adalah kholeris.

kholeris
Tipe Karakter Kholeris

Kholeris merupakan tipe karakter manusia yang tegas dan seorang pemimpin.

Orang kholeris adalah orang yang sangat suka mengatur, suka petualangan, menyukai tantangan baru, memiliki ketegasan dalam menentukan keputusan, tidak mudah menyerah, dan tidak mudah mengalah.

Biasanya orang kholeris adalah sosok yang selalu diidam-idamkan oleh orang lain karena terlihat sangat keren dan kuat jika dilihat dari luar. Namun, dibalik kesempurnaan dirinya dan jiwa kepemimpinannya yang besar, orang kholeris cenderung jarang bersenang-senang dengan apa yang telah mereka capai.

Orang dengan tipe kholeris memiliki kemampuan dan bakat menjadi seorang pemimpin, bersikap dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, selalu menginginginkan perubahan dan memperbaiki kesalahan. Mereka juga memiliki kemauan yang tegas dan kuat, tidak emosional dalam bertindak, tidak mudah patah semangat, memiliki jiwa yang bebas dan mandiri, serta memiliki keyakinan yang teguh dan bisa menjalankan kegiatan apa saja.

Dalam hal sebagai pekerja, orang kholeris lebih cenderung berorientasi pada target, melihat suatu gambaran secara menyeluruh, terorganisasi dengan baik, mencari pemecahan praktis dan efisien, bergerak cepat dalam bertindak, mendelegasikan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab, menekankan pada hasil membuat target tujuan, merangsang kegiatan, berkembang karena saingan dalam pekerjaan, serta selalu ingin mendapatkan hal yang baik.

Dalam hal sebagai orang tua, orang kholeris mampu memimpin keluarganya dengan baik, memiliki tujuan yang jelas, mampu memberikan motivasi kepada anggota keluarga, dan mampu mengorganisasi rumah tangga dengan baik.

Dari penjelasan di atas, kita dapat rangkum mengenai kelebihan dan kekurangan kholeris sebagai berikut:

Kelebihan kholeris

  • berkemauan keras
  • independen
  • memiliki visi
  • praktis
  • produktif
  • tegas
  • pemimpin

Kelemahan kholeris

  • dingin
  • cepat puas diri
  • ceroboh
  • dominan
  • sulit mengampuni kesalahan
  • pemarah
  • kejam
  • terlalu terpacu dan menyukai hal-hal yang serius sehingga melupakan kebutuhan akan waktu yang santai dan menyenangkan.

3# Melankolis (Sempurna)

Karakter Melankolis
Tipe Karakter Melankolis

Karakter melankolis merupakan tipe karakter yang menyukai kesempurnaan. Cenderung rapi, teratur, terencana, dan mampu mempertimbangkan segala sesuatu bahkan untuk hal yang sangat kecil dan spesifik.

Dari penampilan fisik, orang dengan tipe melankolis terlihat rapi, baju mulus, sepatu bersih, barang bawaan yang tertata rapi, buku yang tertata rapi, bahkan tulisannya tampak rapi.

Selain itu, jika kamu melihat ke dalam ruangan kamarnya, maka akan tampak rapi dan bersih. Dan secara akademis, orang dengan tipe melankolis tergolong orang yang pandai.

Orang melankolis biasanya suka mengatur orang lain, suka mengingatkan orang lain yang tidak sesuai dengan keinginannya, suka mengontrol semuanya sendiri, tidak mau mengalah, bicaranya dingin, dan menyukai aturan yang baku. Mereka juga mempunyai keingintahuan yang tinggi serta membutuhkan jawaban yang mendalam dari setiap pertanyaan yang ia ajukan.

Secara emosional, orang dengan tipe melankolis memiliki pikiran yang mendalam dan rumit. Dia merupakan seorang analitik atau menyukai hal yang berkaitan dengan analisis, keseriusan, dan ketekunan. Melankolis juga memiliki bakat dan tingkat kreatifitas yang tinggi. Dia juga artistik dalam seni maupun musik, seorang filosofis dan puitis.

Orang melankolis sangat menghargai keindahan, sensitif terhadap perasaan orang lain, rela berkorban untuk orang lain, penuh dengan kesadaran, serta memiliki idealisme yang tinggi.

Jika berperan sebagai orang tua, tipe melankolis ini selalu berusaha menjaga rumahnya tampak rapi dengan merapikan barang-barang anaknya. Selain itu, orang tua melankolis mampu mendorong intelegensi dan bakat anaknya. Serta mempu mempersiapkan segalanya dan memprediksi hal-hal yang mungkin akan terjadi dalam kehidupan rumah tangga.

Dalam hal pekerjaan, seorang melankolis biasanya beroirentasi terhadap jadwal dan memiliki standar capaian yang tinggi. Mereka adalah pekerja yang sadar mengenai perincian yang berkaitan dengan hal-hal kecil, seorang yang gigih dan cermat, tertib dan terorganisasi. Selain itu, mereka juga mampu melihat potensial masalah dalam pekerjaan. Mereka juga memiliki ide kreatif untuk pemecahan masalah. Mereka adalah orang yang mempunyai pedoman bahwa sesuatu yang dimulai harus diselesaikan dengan baik dan benar. Dan ciri yang paling nampak untuk pekerja dengan tipe melankolis adalah dari kerapian dan terstrukturnya ruang kerja mereka.

Dari penjelasan di atas, mari kita simpulkan apa saja kelebihan dan kekurangan karakter melankolis

Kelebihan Melankolis

Kelemahan Melankolis

  • pemurung
  • pembalas
  • berpusat pada diri sendiri
  • berpikir negatif
  • kurang bermasyarakat
  • perasa
  • teoritis

4# Phlegmatis (Cinta Damai)

Tipe terakhir dari 4 karakter manusia adalah tipe phlegmatis.

Karakter Phlegmatis
Tipe Karakter Phlegmatis

Phlegmatis adalah pribadi yang mudah diatur, cenderung diam, kalem, suka mengalah, memiliki rasa toleransi yang tinggi, mudah disuruh dan selalu mau melakukan, suka mengalah, serta tidak menyukai konflik.

Orang dengan tipe phlegmatis menyukai kehidupan yang damai dan tenang. Apabila mereka dihadapkan pada suatu masalah, maka dia akan mencari solusi dengan cara damai dan diselesaikan dengan tenang. Mereka juga seorang yang mampu bersabar dalam kondisi apapun. Namun, apabila disuruh untuk mengambil keputusan, orang dengan tipe plegmatis akan mengalami kesulitan dan cenderung untuk menunda-nunda.

Secara emosional, orang tipe plegmatis mempunyai kepribadian yang rendah hati, mudah bergaul dan bawaannya santai, diam dan tenang. Hidup mereka biasanya konsisten, mudah bersimpati terhadap orang lain, mampu menyembunyikan emosi, dan selalu bahagia dengan apapun yang dia terima.

Jika sebagai orang tua, orang plegmatis akan menjadi orang tua yang baik. Terbukti dengan selalu menyediakan waktu luang untuk anak-anaknya, tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, cenderung sabar dengan konsisi apapun yang terjadi di dalam keluarganya, serta mampu mengambil hal-hal baik dari apapun yang terjadi.

Dalam hal pekerjaan, karakter plegmatis memiliki sikap yang cakap dalam pekerjaan. Sering menyetujui keputusan apapun dengan cepat dan sepakat, mempunyai kemampuan administratif yang baik, menjadi penengah apabila terdapat suatu permasalahan di dalam pekerjaan, mampu menghindari munculnya konflik, dan tetap baik meski di bawah tekanan pekerjaan. Mereka juga menyukai cara-cara yang mudah untuk menyelesaikan pekerjaan.

Oke, dari penjelasan di atas kita dapat simpulkan kelebihan dan kekurangan phlegmatis sebagai berikut:

Kelebihan Phlegmatis

  • tenang, kalem
  • obyektif
  • diplomatis
  • efisien, teratur
  • praktis humoris
  • dapat diandalkan

Kekurangan Phlegmatis

  • cuek, tidak peduli
  • kikir
  • egois
  • tidak punya motivasi
  • suka menunda-nunda
  • tidak tegas
  • cari aman sendiri
  • cepat khawatir
  • penakut

Nah, itu tadi penjelasan tentang 4 karakter manusia mulai dari sanguinis, kholeris, melankolis, dan phlegmatis.

Selanjutnya, mari kita pelajari apa saja manfaat mengetahui 4 karakter manusia tersebut.

Manfaat Mengetahui Karakter Manusia

Mengetahui termasuk tipe kepribadian yang mana dari keempat karakter manusia di atas saya rasa sangat diperlukan bagi siapa saja. Termasuk kamu ya…

#1. Manfaat Bagi Pengembangan Diri

Poin penting yang bisa kamu ambil adalah kamu bisa mengoptimalkan perubahan diri ke arah yang lebih baik dan positif.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan karaktermu, maka kamu bisa menutupi kelemahan tersebut dengan mempelajari dan mempraktikkan karakter yang lain.

#2. Manfaat dalam hal persahabatan, komunikasi, dan negosiasi

Dalam ilmu komunikasi, saya pikir kamu juga harus mengetahui juga bagaimana karakter lawan bicaramu. Sehingga kamu bisa mengondisikan sikap atau perilaku tertentu yang sesuai dengan lawan bicara kamu.

Jangan sampai gara-gara lawan bicaramu berbeda karakter denganmu kemudian timbul masalah disebabkan karena kurangnya pengetahuanmu tentang 4 karakter manusia ini.

#3. Manfaat sebagai orang tua, guru, dan pemimpin

Nah, dalam hal parenting ternyata pengetahuan tentang karakter manusia ini juga penting lho..

Kamu juga perlu memahami bagaimana karakter masing-masing anak. Kemudian, melakukan pendekatan yang sesuai seseuai karakter mereka masing-masing.

Dan jika kamu adalah seorang leader, maka kamu juga perlu memahami karakter masing-masing dari anggotamu agar kamu bisa berkomunikasi dengan mereka secara lebih efektif.

Tes Karaktermu Sekarang

Nah, kamu telah mengetahui bahwa ternyata mengetahui karakter seseorang itu banyak sekali manfaatnya. Karenanya, saya mengajak kamu untuk menggali lebih tentang karaktermu yang sebenarnya.

Silakan pilih salah satu dari pernyataan yang paling mencerminkan karaktermu!

Saya ....

Saya ...

Saya...

Saya cenderung...

Saya...

Saya ...

Saya ...

Saya...

Saya...

Saya...

Saya adalah orang yang ...

Saya cenderung...

Saya ...

Saya adalah...

Saya...

Saya...

Saya adalah ....

Saya...

Saya...

Saya...

Saya...

Saya ...

Saya ...

Saya adalah orang yang ...

Saya lebih suka...

Tes Karakter (Sanguinis, Kholeris, Melankolis, Phlegmatis)
Sanguinis

Karakter Sanguinis

Kholeris

kholeris

Melankolis

Karakter Melankolis

Phragmatis

Karakter Phlegmatis

Bagikan hasil perolehan Anda:

Kesimpulan tentang 4 Karakter Manusia

Manusia dibagi menjadi 4 karakter utama yang meliputi Sangunis, Kholeris, Melankolis, dan Phragmatis.

Dari keempat karakter tersebut, pasti ada karakter yang lebih dominan dibandingkan dengan karakter lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kamu memiliki 2 karakter.

Dari hasil tes karakter di atas, kamu telah mengetahui mana karakter yang paling dominan dari keempat karakter tersebut.

Semoga setelah kamu mempelajari 4 karakter manusia ini semakin menambah wawasanmu dan bisa lebih baik dalam proses pengembangan dirimu menjadi manusia yang lebih baik daripada hari kemarin.

Sukses selalu untuk kita bersama,

Salam cerdas, luar biasa!

0 Tanggapan pada "4 Karakter Manusia yang Harus Kamu Ketahui"

Berikan Komentar Anda

Loading...