KODE DISKON 30% Kursus Perangkat Desa = CIPTACENDEKIA30

Teman Toxic yang Harus Kamu Hindari dan Waspadai

Teman toxic atau sahabat toxic ini merupakan tulisan motivasi untuk melengkapi tulisan kami sebelumnya tentang 7 prinsip hidup untuk menjadi sukses dan bahagia. Karena, mau jadi seperti apa 5 tahun kehidupan kita di masa depan ditentukan oleh 3 faktor utama:

  1. Buku apa yang kita baca;
  2. Dengan siapa kita bergaul; dan
  3. Siapa yang kita follow/subscribe

Jika kamu menyukai buku-buku politik, yang kamu lihat adalah masalah politik, bergaul dengan komunitas politik, yang kamu dijadikan tontonan setiap hari adalah masalah politik, maka bisa diprediksi bahwa 5 tahun ke depan kamu akan menjadi politikus.

Jika kamu suka membaca buku-buku bisnis, mengikuti seminar bisnis, workshop bisnis, dan bergaul dengan orang yang menyukai bisnis, maka juga bisa diprediksi bahwa 5 tahun ke depan nanti kamu akan menjadi pebisnis.

Jadi, sangat penting untuk memilih dengan siapa kita bergaul dalam kehidupan ini. Karena mau menjadi seperti apa kita dalam 5 tahun ke depan ternyata sangat ditentukan oleh faktor dengan siapa teman kita.

Kalau kita suka berteman dengan komunitas orang yang suka mengeluh, suka nyinyiran orang, suka gosip, maka kita juga akan menjadi orang yang suka mengeluh, suka nyinyir, dan menggosipkan kehidupan orang lain.

Jika kita hidup dengan komunitas teman yang positif, produktif, suka memotivasi, dan selalu mengajak kepada hal yang baik, maka insya Allah dalam 5 (lima) tahun ke depan hidup kita pun juga akan menjadi lebih positif dan lebih produktif.

Dalam lingkungan kita ini teman itu dibagi jadi 2 (dua). Yaitu teman yang baik dan teman yang buruk. Kalau istilah sekarang ini, teman yang buruk ini disebut dengan teman toxic.

Teman toxic (beracun) ini harus kamu hindari jika kamu ingin menjadi orang yang semakin sukses dan bahagia setiap hari.

Ciri-ciri teman toxic yang utama adalah mereka akan semakin menjadikan kamu menjadi negatif dan terjauh dari hal-hal yang positif.

Nah, kali ini saya akan membahas apa saja ciri teman toxic yang harus kamu hindari agar kehidupanmu menjadi lebih positif dan produktif.

Berikut ini adalah tipe teman toxic yang harus kamu hindari yang kami rangkumkan dari berbagai sumber.

Ciri Teman Toxic

1# Suka Mengeluh

Pernahkah kamu menjumpai orang yang selalu mengeluh di setiap keadaan?

Setiap kamu menjumpai para pengeluh ini, selalu saja ada yang dia keluhkan. Mau berangkat kerja mengeluh, sampai di tempat kerja mengeluh, dapat banyak pekerjaan mengeluh, apalagi tidak ada pekerjaan, pasti dia selalu mengeluh. Tidak jarang, tindakan mengeluh ini disertai dengan menyalahkan keadaan atau situasi di luar kendalinya.

Bagi para pengeluh ini, lingkungan atau apapun selain dirinya adalah sumber masalah. Ia bisa melihat sisi negatif dari setiap segala sesuatu lalu memfokuskan hanya pada hal negatif tersebut.

Orang yang suka mengeluh adalah orang yang melihat masalah di setiap solusi. Bukan sebaliknya yaitu orang yang memandang solusi di setiap masalah.

Hati-hati dengan para pengeluh ini. Karena mereka membawa energi negatif yang kuat. Dan jika energi positif yang kamu miliki tidak cukup kuat, bisa jadi kamu akan terbawa arus menjadi seorang yang pengeluh, menyalahkan keadaan, dan tidak dapat berkembang menjadi pribadi yang berkarakter positif.

2# Baperan atau Sensitif

Sangat tidak nyaman memiliki sahabat yang baperan. Sedikit-sedikit baper (bawa perasaan), bercanda sedikit dianggap serius, mudah tersinggung, dan seolah-olah dia adalah orang paling terluka di dunia.

Kita harusnya mempunyai hak untuk hidup bahagia. Senyum lepas bahagia, tertawa bahagia, dan bergaul dengan bahagia. Tapi sahabat baperan ini mengharuskan kita untuk menahan hak kebahagiaan tersebut.

Bukan karena kita tidak bisa tertawa bahagia, tapi kita harus menyesuaikan diri agar si baperan ini tidak tersinggung ketika kita berada di dekatnya. Akhirnya, waktu kita habis untuk menyelesaikan masalah dia yang baperan ini.

3# Orang Munafik

Orang yang munafik adalah orang yang bermuka dua. Saat di depan kita, memuji. Tapi saat dia di belakang kita, suka menusuk melalui kata-katanya.

Cirinya utama dari orang munafik ini tampak pada saat kamu bergaul dengan dia, lalu dia ngomongin kejelekan atau keburukan orang lain. Maka sudah bisa dipastikan bahwa teman munafik ini juga akan ngomongin kamu nanti ketika dia ngomong dengan teman yang lain.

Pada saat kamu senang dia ada, tapi pada saat kamu sedang susah dia akan meninggalkan kamu.

Orang munafik ini adalah orang yang oportunis. Dia akan ada jika dia membutuhkan kamu, tapi dia tidak akan ada saat kamu membutuhkan dia.

Jadi, kamu harus berhati-hati dengan orang yang munafik ini. Dia adalah musuh dalam selimut yang bisa jadi akan sangat mudah menghancurkan kamu dari dalam.

4# Tukang Kritik

Ciri teman tukang kritik ini adalah suka mengkritik apapun yang ada disekitarnya. Baju orang lain dikritik, postingan di media sosial dikritik, dan semua hal yang dia lihat pasti dikritik.

Nah, coba bayangkan apa jadinya jika mereka ada dalam kehidupan kamu. Pasti tidak nyaman bukan bergaul dengan orang yang suka mengkritik orang lain apalagi orang yang dikritik tersebut adalah diri kita. Kita tidak menjadi apa adanya kita, kita tidak menjadi apa yang kita mau, dan kita harus menjadi seperti yang dia mau.

Padahal, dalam kehidupan ini tidak ada orang sukses tanpa menjadi diri kita apa adanya. Begitu halnya dengan bahagia. Tidak ada bahagia jika kita harus menjadi orang lain.

Maka sebaiknya, berhentilah berpura-pura hanya untuk menyenangkan orang lain. Berhentilah berpura-pura untuk menyenangkan teman yang suka mengkritik.

Kita juga merupakan manusia biasa yang butuh kesenangan. Dan kesenangan itu bisa kita dapatkan jika kita hanya menjadi diri sendiri. Menjadi diri kita apa adanya.

Jika kamu berteman dengan orang yang suka mengkritik dirimu, maka kamu akan mudah stres. Akhirnya, waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk belajar dan melakukan hal-hal yang positif, tapi banyak kamu habiskan hanya untuk menyenangkan para pengkritik ini.

5# Kebanyakan Drama

Orang yang kebanyakan drama ini membayangkan dirinya sebagai figur sebagai seorang tokoh film atau sinetron di TV. Seolah-olah dia orang yang paling teraniaya, dialah orang yang paling tersakiti, setiap hari dia selalu mengadu tentang nasib yang dia alami. Besuknya mengadu lagi, lalu besoknya berulang lagi setiap hari. Media sosialnya penuh dengan story drama, keluhan, patah hati, dan hal negatif lainnya.

Ciri paling menonjol dari orang yang penuh drama ini biasanya adalah hanya ingin mencari sensasi (center of attantion). Dia ingin diperhatikan saat dia ngomong, suka menceritakan orang lain, dan selalu melebih-lebihkan cerita.

Hingga pada akhirnya saat kita mempunyai sedikit kesalahan, dia nanti akan menceritakannya pada orang lain dengan berita yang heboh dan dilebih-lebihkan.

Haduh, capek kan menghadapi orang yang kebanyakan drama?

Tiap hari kita harus mendengarkan drama dia dan keluhan dia. Dan pada akhirnya waktu yang seharusnya kita gunakan untuk hal positif hanya kita habiskan untuk menyelamatkan orang yang penuh drama ini.

Agar kamu tidak menjadi bagian dari orang yang penuh drama ini, ingatlah sebuah quote ini.

Hanya karena mereka berakfting di dalam panggung drama, bukan berarti kita harus meniru mereka.

Kita juga berhak berbahagia dengan menjadi diri kita apa adanya.

6# Egois

Orang egois adalah orang yang hanya mau dilayani, permintaan dia ingin selalu diikuti, tanpa mengerti bagaimana kondisi kita. Pokoknya pusatnya hanya dia, dia, dan dia.

Pastinya sangat tidak nyaman bergaul dengan orang yang egois ini. Orang yang hanya mementingkan diri sendiri dan sementara tidak mau memikirkan bagaimana keadaan diri orang lain.

Orang egois datang saat dia butuh, sedangkan saat kita sedang membutuhkannya, dia tidak akan datang.

Demikian tadi pembahasan tentang ciri-ciri teman toxic yang harus kamu hindari. Selanjutnya, mari kita simpulkan apa yang bisa kita ambil dari tulisan ini.

Kesimpulan Tentang Teman Toxic

Untuk mencapai kesuksesan, dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu buku apa yang kita baca, dengan siapa kita bergaul, dan siapa yang kamu subscribe.

Dan salah satu dari tiga faktor tadi, kita perlu teman agar bisa mencapai kesuksesan.

Siapapun dirimu, entah kamu ini memiliki karakter melankolis, sanguinis, plegmatis, atau koleris, kamu tetap butuh teman untuk sukses.

Sangat penting memilih teman yang memudahkan dirimu mencapai kesuksesan seperti yang kamu inginkan. Kamu oun perlu menghindari teman toxic yang akan menghambat kamu mencapai kesuksesanmu.

Untuk mencapai kesuksesanmu kamu perlu memiliki teman yang baik. Teman yang baik adalah adalah teman yang:

  • selalu membuat dirimu apa adanya dirimu
  • mencintai kamu apa adanya
  • selalu membuat kamu menjadi nyaman
  • selalu membuat kamu bertumbuh
  • selalu membuat kamu bahagia
  • selalu membuat kamu jadi positif
  • selalu mendekatkan dirimu pada Tuhan
  • selalu membuat dirimu semakin dekat dengan kesuksesan

Apalagi Selanjutnya?

Untuk melengkapi tulisan ini, ada baiknya kamu perlu membaca tentang 7 prinsip hidup agar kamu bisa sukses dan bahagia.

7 Prinsip Hidup Agar Sukses dan Bahagia

Demikian, semoga pembahasan teman toxic ini bermanfaat bagi kita semua. Dan saya juga berdoa, semoga kita selalu senantiasa dikelilingi dengan orang-orang yang positif, produktif, dan semakin membantumu mencapai kesuksesan dan kebahagiaan. Amiin.

Jika kamu menemukan ciri lain selain yang telah kami sebutkan di atas, kamu juga dapat menambahkannya ke dalam bagian komentar. Terima kasih.

Salam hangat,

Wiji Hatmoko

1 Mei 2020

0 Tanggapan pada "Teman Toxic yang Harus Kamu Hindari dan Waspadai"

    Berikan Komentar Anda