KODE DISKON 30% Kursus Perangkat Desa = CIPTACENDEKIA30

Inilah Sifat Negatif Anak yang Kemungkinan Diturunkan dari Orang Tua

Air cucuran jatuhnya ke pelimbahan juga. Mungkin ini adalah peribahasa yang tepat untuk mengawali tulisan ini. Dimana sifat atau budi pekerti anak biasanya mengikuti sifat atau budi pekerti orang tuanya.

Tentu saja, dalam hal meniru, anak adalah jagonya. Dengan segala kemampuan pengamatan dan pengalaman si anak, ia adalah fotocopy dari orang tuanya. Termasuk dalam hal sifat-sifat mereka.

Kali ini saya akan menulis tentang sifat negatif anak yang kemungkinan besar diturunkan dari orang tuanya. Mengetahui sifat negatif anak ini sangatlah penting, terutama karena mereka (baca: si anak) belum memiliki kemampuan membedakan baik dan buruk dari apa yang dilakaukan oleh orang tuanya terhadap mereka. Jadi, orang tua hendaknya berhati-hati ketika Anda mensikapi suatu hal terhadap anaknya.

Sifat Negatif Anak

Suka Mencuri

Apakah Anda telah sering menemui anak yang di dalam kehidupan sehari-harinya suka mengambil barang milik orang lain tanpa izin. Nah, bisa jadi ini dikarenakan orang tua jarang memberikan uang jajan ketika sekolah. Akibatnya, dikarenakan teman seusianya banyak yang jajan, mereka berinisiatif agar bisa jajan seperti teman-teman lainnya dengan cara mencuri. Anak mencuri karena ingin diakui keberadaannya. Ia juga bisa jajan seperti anak lainnya.

Selain masalah uang jajan, anak suka mencuri bisa jadi juga akibat orang tua yang enggan memberikan keinginan anak. Sehingga untuk memenuhi kebutuhannya, ia mengambil barang milik orang lain tanpa izin.

Bagaimana sebaiknya:

Sebagai orang tua, sebaiknya berilah anak uang jajan sesuai porsi mereka. Tidak berlebih dan juga tidak kurang. Jika berlebih, ajarkan pula sikap berhemat dengan cara menabung. Lebih baik lagi jika mengajarkan kepada anak sikap berderma kepada sesama.

sifat negatif anak suka mencuri

 

18 September 2017

0 Tanggapan pada "Inilah Sifat Negatif Anak yang Kemungkinan Diturunkan dari Orang Tua"

    Berikan Komentar Anda