Latihan Soal Kata Baku dan Tidak Baku

Latihan Soal Kata Baku dan Tidak Baku

Soal kata baku dan tidak baku dalam artikel ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya. Yaitu tentang daftar kata baku dan tidak baku.

Soal kata baku biasanya sering keluar di dalam ujian tingkat SD, SMP, maupun SMA,. Bahkan kadang juga keluar di dalam tes CPNS maupun tes perangkat desa.

Latihan soal kata baku dan tidak baku bertujuan untuk membantu Anda dalam memperbaiki penggunaan bahasa yang baik dan benar. Dalam latihan ini, Anda akan diberikan sejumlah kata yang harus diidentifikasi apakah termasuk kata baku atau tidak. Kata baku adalah kata yang dianggap benar atau sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku, sementara kata tidak baku adalah kata yang dianggap salah atau tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.

Dalam latihan ini, Anda akan diberikan beberapa contoh kata yang umumnya membingungkan dalam penggunaannya, seperti kata yang sering kali disalahgunakan dalam penulisan, ejaan, maupun pengucapan. Contoh kata-kata tersebut antara lain, “mengangsur” yang benar adalah “mengalihkan”, “melenceng” yang benar adalah “menyimpang”, “mensholatkan” yang benar adalah “mensalatkan”, dan sebagainya.

Dengan berlatih membedakan kata baku dan tidak baku, Anda akan lebih mudah dan cepat dalam memperbaiki kesalahan dalam penulisan dan pengucapan kata. Hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dan mencegah kesalahan dalam penulisan dan penggunaan kata-kata dalam bahasa sehari-hari. Selain itu, latihan ini juga membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang dalam berkomunikasi dengan baik dan benar dalam Bahasa Indonesia.

Petunjuk dalam pengerjaan soal.

  1. Soal kata baku dan tidak baku dalam pelajaran kali ini terdiri:
    • menghafal kata baku
    • menerapkan kata baku dalam kalimat
  2. Soal kata baku dan tidak baku yang kami tampilkan dalam latihan ini adalah 20 (dua puluh) soal yang terpilih secara acak melalui sistem komputer. (soal terdiri dari ratusan soal kata baku dan tidak baku)
  3. Pilihlah kata baku dari setiap pilihan jawaban yang muncul dengan cara mengeklik pada pilihan jawaban yang kamu anggap benar!
  4. Untuk menampilkan soal yang lain, silakan Anda refresh halaman ini.

Petunjuk cara menampilkan skor perolehan

  1. Share/bagikan melalui facebook untuk mengetahui skor perolehan. (Belum punya akun facebook? Bacalah panduan cara membuat akun Facebook di sini >> https://ciptacendekia.com/support/membuat-akun-facebook/ )
  2. Jawaban benar akan muncul warna hijau pada pilihan jawaban yang terpilih.
  3. Jawaban salah akan muncul warna merah muda pada pilihan jawaban yang terpilih.

Selengkapnya tentang petunjuk cara menampilkan skor perolehan kuis ini dapat dipelajari di sini :

https://ciptacendekia.com/support/skor-perolehan-kuis/

#1. Soal Menghafal Kata Baku dan Tidak Baku

Pilihlah mana yang merupakan kata baku!

belom atau belum

Benar! Salah!

belum = masih dalam keadaan tidak.

dekoratif atau dekoratip

Benar! Salah!

dekoratif = berkenaan dengan dekorasi

asas atau azaz

Benar! Salah!

asas = dasar (sesuatu yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat)

efektifitas atau efektivitas

Benar! Salah!

efektivitas = keefektifan

andal atau handal

Benar! Salah!

andal = 1 dapat dipercaya; 2 memberikan hasil yang sama pada ujian atau percobaan yang berulang.

Advertisement

dekrit atau dekret

Benar! Salah!

dekret = keputusan (ketetapan) atau perintah yang dikeluarkan oleh kepala negara, pengadilan, dan sebagainya

Februari atau Pebruari

Benar! Salah!

Februari = bulan ke-2 tahun Masehi (28 hari, kecuali pada tahun kabisat 29 hari)

bengap atau bengep

Benar! Salah!

bengap = berasa pekak dalam telinga (karena air masuk ke dalam telinga, pilek, dan sebagainya); 2 tidak nyaring atau jernih (tentang bunyi gendang, mata uang, dan sebagainya)

aktivitas atau aktifitas

Benar! Salah!

aktivitas = 1 keaktifan; kegiatan; 2 kerja atau salah satu kegiatan kerja yang dilaksanakan dalam tiap bagian di dalam perusahaan;

durian atau duren

Benar! Salah!

Advertisement

atmosfer atau atmosfir

Benar! Salah!

atmoster = lapisan udara yang menyelubungi bumi sampai ketinggian 300 km (terutama terdiri atas campuran berbagai gas, yaitu nitrogen, oksigen, argon, dan sejumlah kecil gas lain); 2 satuan tekanan yang besarnya sama dengan tekanan udara pada permukaan laut (1,033 kg setiap cm2); 3 Sas suasana perasaan yang bersifat imajinatif dalam naskah drama yang diciptakan oleh pengarangnya

faksimil atau faksimile atau faksimili

Benar! Salah!

faksimile = pesawat atau mesin untuk mengirim dan menerima berita dan gambar melalui telefoto atau komunikasi radio dengan sistem reproduksi fotografi

biosfer atau biosfir

Benar! Salah!

biosfer = 1 bagian atmosfer yang paling bawah di dekat permukaan bumi, tempat tinggal makhluk hidup; 2 lingkungan yang berupa segala sesuatu yang hidup (manusia, hewan, tumbuhan)

embus atau hembus

Benar! Salah!

embus = enyah; pergi; 1 bertiup (angin dan sebagainya): angin pagi mulai ~; 2 keluar ditiupkan (tentang napas, udara

atlet atau atlit

Benar! Salah!

atlet = olahragawan, terutama yang mengikuti perlombaan atau pertandingan (kekuatan, ketangkasan, dan kecepatan)

Advertisement

detil atau detail

Benar! Salah!

detail = bagian yang kecil-kecil (yang sangat terperinci); segala hal-ihwal

cabai atau cabe

Benar! Salah!

cabai = 1 tanaman perdu yang buahnya berbentuk bulat panjang dengan ujung meruncing, apabila sudah tua berwarna merah kecokelat-cokelatan atau hijau tua, berisi banyak biji yang pedas rasanya; lombok; 2 buah cabai (biasa dibuat sambal atau campuran sayur)

besok atau esok

Benar! Salah!

besok = hari sesudah hari ini

daftar atau daptar

Benar! Salah!

daftar = catatan sejumlah nama atau hal (tentang kata-kata, nama orang, barang, dan sebagainya) yang disusun berderet dari atas ke bawah;

abjad atau abjat

Benar! Salah!

abjad = 1 kumpulan huruf (aksara) berdasarkan urutan yang lazim dalam bahasa tertentu; 2 sistem aksara yang melambangkan bunyi bahasa yang dipakai untuk menuliskan bahasa

Advertisement

azan atau adzan

Benar! Salah!

azan = seruan untuk mengajak orang melakukan salat

elite atau elit

Benar! Salah!

elite = 1 orang-orang terbaik atau pilihan dalam suatu kelompok; 2 kelompok kecil orang-orang terpandang atau berderajat tinggi (kaum bangsawan, cendekiawan, dan sebagainya);

amfibi atau amphibi

Benar! Salah!

amfibi = 1 binatang berdarah dingin yang dapat hidup di air dan di darat, misalnya katak; 2 benda yang dapat berfungsi di air dan di darat:

diagnosis atau diagnosa

Benar! Salah!

diagnosis = 1 penentuan jenis penyakit dengan cara meneliti (memeriksa) gejala-gejalanya; 2 pemeriksaan terhadap suatu hal

analisis atau analisa

Benar! Salah!

analisis = penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya)

Advertisement

antre atau antri

Benar! Salah!

antre = berdiri berderet-deret memanjang menunggu untuk mendapat giliran (membeli karcis, mengambil ransum, membeli bensin, dan sebagainya)

cendekiawan atau cendikiawan

Benar! Salah!

cendekiawan = 1 orang cerdik pandai; orang intelek; 2 orang yang memiliki sikap hidup yang terus-menerus meningkatkan kemampuan berpikirnya untuk dapat mengetahui atau memahami sesuatu;

apotek atau apotik

Benar! Salah!

apotek = toko tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis; rumah obat

fondasi atau pondasi

Benar! Salah!

fondasi = dasar bangunan yang kuat, biasanya (terdapat) di bawah permukaan tanah tempat bangunan itu didirikan; fundamen

ekstra atau extra

Benar! Salah!

ekstra = 1 tambahan di luar yang resmi; 2 sangat; luar biasa:

Advertisement

blanko atau blangko

Benar! Salah!

blangko = 1 a kosong (belum diisi); 2 a tidak memberikan suara (dalam pemungutan suara): 3 surat isian

efektif atau efektip

Benar! Salah!

efektif = 1 ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); 2 manjur atau mujarab (tentang obat); 3 dapat membawa hasil; berhasil guna (tentang usaha, tindakan); mangkus; 4 mulai berlaku (tentang undang-undang, peraturan)

Soal Kata Baku
Luar biasa!

Luar biasa! Kamu memang hebat
Coba lagi!

Sebaiknya kamu pelajari dulu tentang daftar kata baku yang tertera di website ini. Kemudian coba lagi mengerjakan soal ini.

Bagikan hasil perolehan Anda:

Mau latihan soal yang lebih lengkap dan menarik yang berkaitan dengan soal kata baku?

Klik link berikut ini: https://ciptacendekia.com/kursus/menguasai-kata-baku/

Apa selanjutnya?

Dari skor perolahan yang kamu dapatkan melalui soal latihan ini. Kamu dapat mengetahui sejauh mana pengetahuanmu tentang kata baku dan kata tidak baku. Jika hasilnya masih kurang memuaskan ada baiknya kamu membaca konsep kata baku berikut pula daftar kata baku dan tidak baku. (Karena soal-soal yang kami ambil di halaman ini juga berkaitan erat dengan daftar kata baku dan tidak baku tersebut.)

Setelah mempelajari daftar kata baku dan tidak baku kamu dapat mencoba kembali mengerjakan kembali soal-soal di halaman ini.

Setelah dirasa cukup menguasai tentang hafalan kata baku, ada baiknya kamu juga berlatih soal tentang Penggunaan Kata Baku dalam Kalimat. Sehingga pemahaman kamu tentang kata baku ini semakin baik.

Klik untuk menuju materi dan soal kalimat baku

Kiranya demikian, artikel tentang latihan soal kata baku dan tidak baku ini. Jika kamu merasa latihan soal seperti ini bermanfaat, silakan untuk membagikan tulisan kepada tetangga, teman, atau saudaramu melalui media sosial.

Caranya mudah, klik salah satu icon media sosial (facebook, twitter, google plus) yang terdapat di bawah artikel ini.

Sekian, semoga sukses selalu untukmu!

Salam hebat luar biasa,

Wiji Hatmoko

Admin CiptaCendekia.com

19 Maret 2023

2 Tanggapan pada "Latihan Soal Kata Baku dan Tidak Baku"

  1. MANTAP KANG…MASIH INGAT TEMENMU INI…SUMARDI PGSD UNS

Berikan Komentar Anda

Halo Kak selamat datang! Bila ada yang mau ditanyakan bisa langsung hubungi kami ya..

Kursus Perangkat Desa