• Tidak ada produk dalam keranjang.

Panduan Siswa Belajar dari Rumah

Belajar dari rumah merupakan tantangan baru di era pandemi Covid-19 saat ini. Tidak hanya guru, tapi orang tua dan siswa juga dituntut untuk berpikir kreatif, imajinatif, dan produktif sehingga belajar dari rumah juga mampu menghasilkan pembelajaran yang bermakna bagi siswa.

Namun, belajar dari rumah ternyata banyak menyisakan masalah baru karena banyaknya tugas-tugas yang diberikan oleh pihak sekolah. Tidak jarang pihak sekolah terkesan hanya memindahkan proses pembelajaran dari kelas ke rumah. Materi dan tugas diberikan melalui daring atau secara online, melalui berbagai platform yang disediakan pemerintah maupun swasta. Hingga akhirnya muncul masalah kuota internet yang menjadi momok bagi siswa dan orang tua.

Lalu bagaimanakah menyikapi hal ini?

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Tapi yang terpenting dan menjadi prioritas adalah hal yang menjadi kontrol kita. Tidak ada gunanya kita membahas sesuatu di luar kendali kita. Karenanya, melalui tulisan ini saya ingin membagi beberapa pengalaman yang kiranya bisa dilakukan oleh siswa. 

Dan agar pembahasan kita lebih spesifik dan sesuai judul, saya hanya ingin membahas tentang panduan belajar dari rumah bagi siswa. Pembahasan mengenai apa yang harus dilakukan guru dan orang tua, mungkin akan kita bahas di tulisan yang lain.

Panduan Siswa Belajar dari Rumah

Melalui tulisan ini saya ingin berbagi panduan belajar bagi siswa. Suatu panduan siswa belajar dari rumah sehingga mereka tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang melanda di negara kita.

1. Atur Ruang Belajar

Untuk bisa belajar dengan nyaman, kamu memerlukan ruang khusus untuk belajar. Kamu bisa mencari suatu tempat di dalam rumahmu yang mana tempat tersebut kamu rasa cukup nyaman untuk kamu bisa belajar dengan optimal. Sebisa mungkin hindari tempat tidur sebagai ruang atau tempat untuk belajar. Dan jika memungkinkan, pilihlah ruang belajar yang jauh dari televisi atau gangguan lain yang mungkin akan memecah konsentrasi belajarmu.

Tips tambahan ketika kamu mempunyai meja belajar adalah gunakan dua cahaya lampu sebagai penerangan. Satu lampu untuk menerangi seluruh kamar dan satu lampu untuk menerangi bacaan yang sedang kamu pelajari.

belajar dari rumah 2

2. Gunakan Catatan

Catatan menentukan prestasi. Iya, ini adalah jargon yang dulu sering saya pakai ketika masih sekolah. Karenanya, saya selalu mementingkan catatan terhadap materi apa yang sedang dan telah saya pelajari.

Kamu juga bisa melakukan catatan terhadap hal-hal penting yang kamu peroleh melalui webinar atau sekedar membaca materi pelajaran.

Jika perlu, gunakan buku gambar untuk membuat rangkuman dari apa yang sudah kamu pelajari dalam bentuk mindmap.

Baca jugahttps://ciptacendekia.com/lejitkan-potensimu-dengan-mind-map/

Atau jika kamu mempunyai laptop, kamu juga bisa menginstall imindmap untuk membantu melejitkan prestasimu. Selengkapnya di sini: https://ciptacendekia.com/kursus/kursus-melejitkan-prestasi-dengan-imindmap/

belajar dari rumah 3

3. Rencanakan Aktivitas Harianmu

Gagal merencakanan sama artinya sedang merencanakan kegagalan. Karenanya, kamu harus mempersiapkan dirimu untuk melakukan hal-hal positif selama satu hari penuh.

Jika kamu sudah dibuatkan jadwal kegiatan oleh pihak sekolah, kamu bisa berlatih untuk mematuhi jadwal tersebut. Sehingga kelak kamu akan menjadi orang yang disiplin dan menghargai waktu.

Tapi jika kamu tidak mempunyai jadwal kegiatan belajar dari rumah, maka kamu bisa membuatnya sendiri. 

Mulailah dengan membuat daftar tugas apa saja yang harus kamu pelajari hari ini. Lalu pecah daftar tugas tersebut menjadi tugas-tugas kecil yang harus kamu lakukan dan selesaikan pada hari ini.

Bagi bisa berinisiatif untuk mengerjakan tugas yang paling berat saat disesuaikan dengan saat kamu sedang dalam mood yang paling bagus. 

belajar dari rumah 4

4. Singkirkan Gangguan

Tips selanjutnya untuk belajar dari rumah adalah dengan menyingkirkan atau mengurangi gangguan yang mungkin timbul.

Pertama, kamu bisa memanfaatkan imajinasimu. Cobalah membayangkan bahwa kamu sedang berada di sekolah, bersama dengan teman-temanmu sekelas. Dengarkan suara gurumu yang sedang memberikan penjelasan kepadamu. Rasakan asiknya belajar bersama-sama belajar dengan teman-temanmu.

Kedua, kamu bisa mengunci handphonemu. Karena tak dapatkan dipungkiri, untuk saat ini bisa jadi handphone adalah gangguan terbesarmu dalam belajar dari rumah. Kamu juga bisa meminta orang tuamu untuk menyita handphonemu untuk sementara.

Ketiga, kamu bisa menggunakan aplikasi produktivitas. Contoh aplikasi yang saya pakai adalah dengan memanfaatkan trello. Kamu bisa mendownload trello melalui playstore kemudian membuat suatu jadwal kegiatan dengan trello tersebut. Melalui aplikasi produktivitas semacam trello atau aplikasi lain, bisa menjadi teman belajar yang hebat sehingga kamu bisa fokus 100%.

belajar dari rumah 5

5. Bersikap Luwes

Tidak dapat dipungkiri bahwa belajar dari rumah adalah tantangan tersendiri bagi kalian. Mulai dari kondisi mood yang labil hingga ada saja gangguan yang mungkin terjadi. Karenanya, meskipun kamu telah membuat jadwal harian, kamu tetap bisa menyesuaikan kegiatanmu sesuai situasi dan kondisi. Bersikaplah luwes dalam belajar.

Jika kamu mengalami kesulitan untuk fokus pada suatu materi yang sedang kamu pelajari, kamu bisa beristirahat sejenak selama 5 menit. Kemudian mengulangi lagi materi tersebut. 

Berbaik hatilah dengan pikiranmu, jika kamu perlu istirahat, istirahatlah. Tapi ingat, capaian tugasmu harus tetap kamu lakukan untuk melatih dirimu menjadi orang yang hebat di masa depan.

belajar dari rumah 6

6. Bertanyalah

maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” (QS: An-Nahl ayat: 43).

Ketika segala sesuatunya menjadi tidak mudah, janganlah hanya memaksanya. Tanyakan kepada orang tuamu. Jika mereka tidak mampu membantumu, kamu juga bisa menghubungi gurumu. Ceritakan kesulitanmu kepadanya. 

Kamu juga bisa meminta bantuan dari teman sekelasmu. Gunakan grup media sosial yang sudah ada. 

Kamu juga bisa bertanya kepada google dengan browsing terhadap materi yang sedang kamu pelajari. 

Ingatlah, selalu ada jalan bagi orang yang mau berusaha. Juga ingatlah, dukungan akan selalu tersedia selama kita memintanya.

 

belajar dari rumah 7

7. Tulislah Progresmu

Di depan, saya telah sedikit menyinggung tentang aplikasi produktivitas. Nah, kamu bisa menggunakannya untuk melacak sejauh mana kemajuanmu selama hari ini.

Atau, jika kamu tidak menggunakan aplikasi, kamu juga bisa membuat ceklist hal apa saya yang sudah kamu pelajari dan kuasai.

Kamu juga bisa menulis ceklist tentang hal apa saja yang akan kamu tanyakan kepada gurumu mengenai pelajaran yang sedang kamu pelajari.

belajar dari rumah 8

Apa Manfaat Belajar dari Rumah yang bisa kita ambil?

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari situasi saat ini yang mengharuskan kita belajar dari rumah. 

Meskipun belajar dari rumah merupakan suatu hal yang tidak mudah, tapi pasti bisa lalui asalkan ada niat dan kemauan.

Pembelajaran jarak jauh bisa membantumu memperkuat keterampilan seumur hidup seperti manajemen waktu dan energi, melatih kemandirian, dan berpikir kreatif.

belajar dari rumah 9

Karenanya, yuk kita ambil positifnya dari setiap apa yang terjadi pada kita. 

Sebenarnya, bukan kejadiannya yang penting. Tapi, respon kita terhadap apa yang terjadi itulah yang penting.

Kiranya, demikian tulisan saya yang membahas tentang panduan bagi siswa belajar dari rumah ini. Semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semua.

Jika kamu merasa tulisan ini bermanfaat, mudah-mudahan kebaikannya tidak hanya sampai di tanganmu. Kamu juga bisa menyebarkan kebaikan tulisan ini dengan cara membagikan tulisan ini kepada teman, tetangga, atau saudaramu melalui media sosial yang kamu miliki. 

Manfaatkan tombol media sosial di bawah artikel ini untuk berbagai kepada sesama.

Sekian,

Sukses selalu untuk kalian Sahabat cendekia. Salam cerdas, luar biasa.

1 September 2020

0 Tanggapan pada "Panduan Siswa Belajar dari Rumah"

Berikan Komentar Anda

Loading...