• Tidak ada produk dalam keranjang.

Pekerjaan Rumah (PR) Mempengaruhi Kesuksesan di Sekolah

Pekerjaan Rumah Mempengaruhi Kesuksesan di Sekolah

Penelitian menunjukkan bahwa waktu yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah secara langsung mempengaruhi kesuksesan anak. Siswa yang secara rutin menyelesaikan pekerjaan rumah mereka secara akademik memiliki kesuksesan lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah. Dengan mengerjakan pekerjaan rumah, siswa dapat meningkatkan pencapaian akademik mereka di semua bidang.

Orang tua dapat memaksimalkan keuntungan dari adanya pekerjaan rumah anak bila mereka memahami tujuan dan manfaat pekerjaan rumah.

Nilai-nilai positif dari Pekerjaan Rumah:

  1. Tanggung jawab: Pekerjaan rumah merupakan tanggung jawab Saat orang tua terlalu terlibat, mereka justru akan menghilangkan kesempatan anak untuk belajar bertanggung jawab. Tugas pekerjaan rumah tersebut mungkin akan terselesaikan, tetapi anak akan kehilangan makna sesungguhnya dari adanya pekerjaan rumah tersebut.
  2. Kebebasan: Karena mungkin ini merupakan kali pertama bagi anak mendapatkan tugas secara rutin dari orang lain selain orang tua mereka sendiri, pekerjaan rumah akan menjadi sesuatu yang baru bagi . Bagaimana anak menangani kesempatan emas ini akan berpengaruh – baik atau buruk – terhadap perkembangan mereka dalam menentukan tujuan diri mereka sendiri.
  3. Ketekunan: Tidak ada gunanya anak mengerjakan pekerjaan rumah bila setiap kali mereka menghadapi kesulitan, orang tua mereka akan ambil bagian dan. Ada baiknya bila anak berusaha untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri.
  4. Pembagian waktu: Anak perlu diberi tahu kapan mereka harus menyelesaikan pekerjaan rumah mereka, bukan kapan mereka harus mulai. Dengan demikian, anak akan belajar cara mengatur waktu secara efisien, bukan cara membuang-buang waktu.
  5. Inisiatif: Seperti juga otot tubuh, kemampuan untuk memotivasi diri sendiri juga perlu diasah dan oleh karena itu, sangat penting bagi anak untuk belajar memutuskan kapan mereka harus mulai mengerjakan pekerjaan rumah mereka.
  6. Kepercayaan terhadap diri sendiri: Pekerjaan rumah dapat mempertegas kepercayaan diri anak bahwa mereka dapat melakukan. Jika salah digunakan, pekerjaan rumah justru akan merusak kepercayaan diri tersebut. Sayangnya, tidak ada setengah-setengah untuk hal ini.
  7. Kecerdikan: Kemampuan untuk menjadi seorang yang panjang akal dalam menghadapi suatu masalah merupakan hal yang sangat penting bagi seorang. Pekerjaan rumah mendorong siswa untuk berpikir secara kreatif, mengasah kemampuan pemecahan masalah, serta mempersiapkan mereka menghadapi dunia orang dewasa.
18 Maret 2017

0 Tanggapan pada "Pekerjaan Rumah (PR) Mempengaruhi Kesuksesan di Sekolah"

Berikan Komentar Anda