Menyusun Kalimat Menjadi Paragraf Padu

Paragraf Padu

Paragraf padu

Paragraf padu merupakan paragraf yang kalimat-kalimatnya tersusun secara logis dan serasi. Sehingga untuk menyusun kalimat menjadi paragraf padu, kalimat-kalimat penyusunnya haruslah memiliki urutan yang logis. Selain itu, antara kalimat satu dengan kalimat yang lain disambungkan dengan kata sambung atau konjungsi yang sesuai membentuk keserasian.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai paragraf padu, kita perlu memahami terlebih dahulu tentang apa itu paragraf. Sehingga ketika kita menyusun kalimat menjadi paragraf padu tidak banyak mengalami kendala.

 

Paragraf

Paragraf merupakan bagian dari sebuah karangan yang terdiri atas beberapa kalimat. Paragraf memiliki satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan baris baru. Paragraf yang baik terdiri atas satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama.

Paragraf dapat disusun berdasarkan kalimat acak. Kalimat acak adalah kalimat lepas yang dapat dijadikan sebagai paragraf. Dari kalimat-kalimat acak tersebut kita dapat menyusun paragraf deskripsi, eksposisi, persuasi, argumentasi, maupun narasi.

 

Langkah Menyusun Paragraf Padu

Untuk menyusun paragraf yang padu kita dapat menggunakan langkah sebagai berikut.

  1. Pilihlah tema atau topik yang akan dibahas dalam paragraf.
  2. Buatlah kalimat utama yang memuat ide pokok atau masalah yang akan dibahas dalam paragraf.
  3. Letakkan kalimat utama tersebut di awal, akhir, atau awal dan di akhir paragraf. Letak kalimat utama ini tergantung jenis paragraf apa yang hendak dibuat, bisa deduktif, induktif, atau deduktif-induktif.
  4. Buat beberapa kalimat penjelas yang menjelaskan kalimat utama. Hubungkan antar kalimat dengan konjungsi atau kata hubung.
  5. Membaca keseluruhan paragraf yang telah disusun. Perbaiki apabila ada kalimat yang belum padu dengan kalimat lain.

 

Contoh Paragraf Padu 

Taman Titik Nol Yogyakarta keindahannya berkurang. Di kanan dan kiri bangku taman terdapat sampah berserakan. Selain itu, bau tidak enak tercium dari tempat ini. Banyak pengamen dan anak jalanan yang menambah buruk pemandangan.

Pada paragraf di atas, kalimat utama atau kalimat yang mengandung ide pokok adalah pada kalimat “Taman Titik Nol Yogyakarta keindahannya berkurang” yang terletak di awal paragraf. Kalimat kedua, ketiga, dan keempat merupakan kalimat penjelas yang mendukung bahwa Taman Titik Nol Yogyakarta keindahannya berkurang. Antara kalimat kedua dan kalimat ketiga dihubungkan dengan konjungsi “selain itu” yang berfungsi untuk memperkuat penjelasan dari kalimat sebelumnya.

 

Berlatih soal menyusun kalimat-kalimat menjadi Paragraf Padu

 

Glosarium:

konjungsi : kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat;
logis : sesuai dengan logika; benar menurut penalaran; masuk akal
serasi : cocok; sesuai; kena benar; selaras; sepadan; harmonis
17 Maret 2017

2 Tanggapan pada "Menyusun Kalimat Menjadi Paragraf Padu"

Berikan Komentar Anda

WeCreativez WhatsApp Support
Butuh dukungan teknis? Kami siap membantu
Hubungi Kami