4 Dasar Kehidupan yang Harus Seimbang

4 dasar kehidupan yang harus seimbang ini saya tulis untuk kamu yang :

  1. Merasa sudah mencapai kemakmuran, tapi hal lain seperti kesehatan, spiritual, dan percintaan belum sepenuhnya tercapai dan seimbang.
  2. Merasa belum tahu tentang apa saja yang harus dicapai di dalam kehidupan dan bagaimana menyeimbangkannya.

Sahabat cendekia,

kita tahu bahwa sejak kecil kita disekolahkan untuk bisa menggapai cita-cita. Ada yang cita-citanya jadi guru, dokter, pilot, dan lain-lain.

Kemudian, setelah dewasa apa yang diinginkan tersebut akhirnya tercapai juga.

Tapi tahukah kamu, tidak jarang saya temukan mereka yang sudah cukup sukses dalam karir tapi belum memiliki pasangan hidup. Padahal kalau segi umur sih sudah matang dalam meniti kehidupan bersama belahan jiwa.

Mungkin, kamu juga sering mengamati orang-orang di sekitarmu yang ternyata sukses dalam satu segi, tapi ternyata tidak untuk segi yang lain.

Yuk, pelajari lebih mendalam tentang apa saja yang sebaiknya orang seimbangkan di dalam kehidupan ini.

4 Hal Dasar Kehidupan yang Harus Diseimbangkan oleh Semua Orang

#1. Percintaan

Bagi kamu yang sudah merasa cukup umur, yuk jangan hanya mengejar karir saja. Percintaan juga seharusnya kamu upayakan agar kehidupanmu semakin lengkap dan sempurna.

Jika kamu masih ragu untuk memulainya, maka lebih baik kamu mempelajari terlebih dahulu tentang ilmu dalam berumah tangga.

Untuk kehidupan percintaan yang sempurna, kamu bisa mencontoh orang yang paling baik yang pernah terlahir di dunia ini. Yaitu Rasulullah Muhammad SAW.

Pelajarilah bagaimana kehidupan beliau dalam berumah tangga. Mulai dari hak dan kewajiban suami, hak dan kewajiban istri, cara menggapai sakinah, mawadah, dan warohmah, hingga sampai ilmu mawaris.

Semua itu bisa kamu dapatkan ilmunya dari membaca buku-buku yang bisa kamu dapatkan di gramedia. Atau kamu bisa langsung belajar hadist tentang kehidupan rumah tangga Rasulullah kepada ustadz atau ustadzah.

Mudah-mudahan dengan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan warohmah maka kamu segera dipertemukan dengan pendamping yang tepat di dalam kehidupanmu.

Oh iya, pembahasan perihal percintaan ini juga tidak sesempit hanya sebatas dengan pasangan hidup ya..

Tapi berkaitan pula dengan hubungan orang-orang dekat yang kita cintai seperti anak, orang tua, saudara, tetangga, dan teman-teman. Mereka adalah orang-orang yang paling kita butuhkan saat kita membutuhkan pertolongan. Begitu pula sebaliknya.

Pokoknya, masalah percintaan adalah hal pertama yang harus kamu seimbangkan di dalam kehidupanmu.

Lanjut ke nomor 2 ya..

#2. Kemakmuran

Yap, karir dan uang biasanya hal yang paling pertama dikejar oleh sebagian besar orang. Kenapa?

Karena dengan karir yang tinggi, maka kamu jauh lebih mudah untuk melakukan ibadah tambahan.

Kamu bisa pergi haji, umroh, lebih banyak sedekah kepada orang miskin, anak yatim, dan bahkan bisa membangun tempat ibadah.

Semua itu hanya bisa dicapai saat kamu memiliki kemakmuran yang mapan.

Beberapa hal yang termasuk dalam kategori kemakmuran ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan kekayaan finansial seperti pendapatan dan pengeluaran, keuntungan bisnis, investasi, tabungan, aset, dsb.

Ingat, percintaan dan kemakmuran harus kamu raih di dalam perjalanan hidupmu. Tapi jangan hanya fokus pada satu hal, tetapi upayakan untuk menyeimbangkan keduanya.

Setelah itu kita pahami hal dasar kehidupan poin ketiga.

#3. Kesehatan

Ya benar, kesehatan adalah salah satu dari 4 hal dasar kehidupan yang harus kamu seimbangkan.

Kesehatan juga merupakan harta yang sangat mahal tapi banyak orang yang tidak menyadarinya.

Banyak orang ketika masa mudanya mengejar kemakmuran tapi mengesampingkan perihal kesehatannya. Dan tidak sedikit pula orang yang dimasa tuanya sering mengalami masalah kesehatan disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat ketika masa mudanya.

Jangan sampai, gara-gara mengejar kemakmuran dan percintaan kamu melupakan masalah kesehatan ini ya.

Beberapa hal terkait kesehatan yang harus kamu perhatikan antara lain kualitas tubuh jasmani seperti vitalitas, berat badan, makanan, olahraga, istirahat, dsb.

Karenanya, tetap lakukan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan, pola istirahat, dan olahraga secara teratur.

Ingat ini selalu dalam kehidupanmu:

Jika kamu hanya sibuk mengejar uang dan melupakan kesehatanmu, maka adakalanya uangmu akan habis untuk membiayai kesehatanmu.

Tetaplah kejar percintaan, kemakmuran, dan kesehatanmu. Jangan hanya fokus pada salah satu diantaranya, tapi cobalah untuk menyeimbangkannya ketiganya.

Setelah itu, kita lanjut ke perihal yang nomor 4.

#4. Spiritual

Nah, ini yang seringnya orang lupa.

Sangat banyak orang yang terlena dengan gemerlapnya hidup dunia. Mereka banyak yang mengejar harta, tahta, dan wanita. Tapi ada hal yang paling penting tapi dilupakannya. Apa itu?

Hal itu adalah iman dan takwa kepada Sang Pencipta.

Buat apa mengejar dunia, toh kelak semua itu tidak akan kita bawa mati. Hanya amal yang pernah kita lakukan didunialah yang akan menjadi bekal perjalanan kita nanti dikehidupan yang abadi.

Maka sungguh beruntung orang yang menjadikan kehidupan dunianya sebagai bekal perjalanan abadinya. Mereka gunakan harta yang mereka memiliki untuk beramal sholih dan beramal jariyah. Membangun masjid tempat ibadah, memberi makan orang-orang miskin, dan menyantuni anak yatim.

Tapi jangan hanya fokus pada hubungan vertikal ini. Kamu juga harus menyeimbangkan antara hubungan vertikal kepada Tuhan dan hubungan horizontal dengan sesama makhluk ciptaan-Nya.

Mudah-mudahan kita semua selalu senantiasa diberi petunjuk dan kemudahan dalam menyeimbangkan 4 hal dasar kehidupan ini. Yaitu percintaan, kemakmuran, kesehatan, dan spiritual.

Cara Menyeimbangkan 4 Hal Dasar Kehidupan Ini

Nah, kini sampai juga pembahasan pada bagaimana cara menyeimbangkan 4 hal dasar kehidupan ini.

#1. Memahami Start Poin

Sebelum mencapai semua keinginanmu (yaitu menyeimbangkan percintaan, kemakmuran, kesehatan, dan spiritual), kamu perlu tahu terlebih dahulu posisimu saat ini.

Yuk, kita analogikan cara kerjanya dengan cara kerja teknologi GPS (Global Positioning System).

Mirip sebuah cara kerja GPS, alat itu perlu tahu terlebih dahulu dimana posisi saat ini kemudian kamu perlu mensetting kemana arah tujuanmu.

Jika dua hal tersebut sudah tersedia, maka alat GPS baru bisa bekerja.

Nah, manusia pun demikian. Untuk menyeimbangkan 4 hal dasar ini, kamu perlu tahu dulu dimana posisimu saat ini terkait percintaan, kemakmuran, kesehatan, dan spiritualmu.

Untuk lebih mudahnya, saya berikan sedikit gambaran tentang hal ini yang saya kutip dari aplikasi perencanaan impian.

posisi saat ini 4 hal dasar kehidupan
Gambar aplikasi perencanaan impian

Pada gambar di atas, setelah mengisi skala antara level 1 sampai 10, kini kamu bisa mengetahui wheel of lifemu.

Wheel of life tiap orang berbeda-beda, tergantung pada apa yang menjadi fokus dan prioritas setiap hari yang dilakukan oleh orang tersebut.

Kamu bisa mengetahui letak perbedaannya seperti dijelaskan pada gambar di bawah ini.

Gambar Wheel of life di dalam aplikasi perencanaan impian

Penjelasan tipe wheel of life:

a. Small

Selama ini kamu belum terlalu memperhatikan keempat hal dasar kehidupan yang meliputi percintaan, kemakmuran, kesehatan, dan spiritual. Namun meskipun demikian, kamu masih memiliki kesempatan untuk bertumbuh.

b. Big

Kamu sudah berada di jalur yang tepat untuk memiliki kehidupan yang seimbang dan bahagia.

c. Unbalanced

Kamu mungkin terlalu fokus pada 1 atau 2 dari hal dasar kehidupan saja. Artinya, masih ada hal penting lain yang masih terabaikan

d. Perfect

Nah, ini adalah ideal life yang diidamkan oleh semua orang. Yaitu kehidupan yang seimbang dan bahagia.

Nah, setelah memahami dimana start poin kamu, maka kamu perlu melakukan langkah selanjutnya yaitu menentukan bagaimana ideal life kamu.

#2. Ideal Life

Nah, setelah kamu mengetahui bagaimana tipe wheel of life kamu saat ini, langkah selanjutnya adalah menentukan ideal life seperti apa yang kamu inginkan.

Gambar ideal life di dalam aplikasi perencanaan impian

Di dalam contoh gambar di atas, kamu bisa membuat daftar apa saja yang kamu inginkan terkait 4 hal dasar kehidupan yang kamu inginkan.

Buat saja daftar yang kamu inginkan terjadi di dalam hidupmu yang meliputi perihal percintaan, kemakmuran, kesehatan, dan spiritualmu.

#3. Buat Perencanaan yang Matang

Langkah selanjutnya setelah membuat daftar atau list apa saja yang kamu inginkan maka kamu bisa membuat perencanaan yang matang tentang langkah-langkah apa saja yang ingin kamu lakukan untuk mencapai semua daftar keinginan tersebut.

Untuk mempermudah membuat perencanaan mulai dari nol hingga mencapai semua target keinginanmu, kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi perencanaan impian yang telah kami susun menggunakan excel.

#4. Berikan Batasan waktu

Ingat, setiap langkah yang telah kamu rencanakan perlu diberikan batas waktu agar kamu bisa bersemangat untuk mencapainya. Selain itu, dengan adanya batasan waktu yang jelas, kamu bisa mengetahui sejauh mana progres yang telah kamu lakukan.

#5. Review kembali tiap week end

Bagi orang-orang biasa, akhir pekan akan digunakan untuk kegiatan yang tidak produktif. Tapi bagi orang yang hebat, akhir pekan merupakan momentum yang tepat untuk mereview kembali ketercapaian dari agenda mingguan yang telah dibuat sebelumnya.

Ingat, kamu tetap perlu mereview kembali ketercapaian terhadap 4 hal dasar kehidupan yang meliputi percintaan, kemakmuran, kesehatan, dan spiritual.

Gambar weekly planner di dalam aplikasi perencanaan impian

Setelah membuat review, ingat kembali bahwa kamu perlu merencanakan kembali agenda mingguan yang akan kamu lakukan selama satu minggu ke depan.

Kamu bisa membuat komitmen kecil yang bisa kamu capai dalam agenda mingguanmu.

Untuk memotivasimu dalam menggapai ideal life yang kamu idamkan kamu harus ingat kata-kata ini:

Komitmen besar selalu dimulai dari komitmen kecil.

Kemudian diakhir pekan kamu lakukan review lagi secara menyeluruh terkait ketercapaian keempat hal dasar tersebut. Begitu seterusnya, hingga ideal life yang telah kamu rencanakan di awal menjadi terwujud.

Kesimpulan

Kini kamu telah mempelajari bahwa ada 4 hal dasar kehidupan yang seharusnya menjadi fokus dan prioritasmu setiap hari.

Kamu juga sudah mengetahui bagaimana cara mereview progres ketercapaianmu serta bagaimana cara menggapai ideal life yang kamu idamkan.

Mudah-mudahan dengan cara menentukan dimana posisimu saat ini yang dilanjutkan dengan kearah mana target impianmu serta dilanjutkan perencanaan dan melakukan review ulang tiap minggunya, maka kamu bisa mengetahui progres ketercapaian cita-citamu.

Yang pada akhirnya, kamu bisa menyeimbangkan 4 hal dasar kehidupan sehingga ideal life yang perfect bisa terwujud dengan sendirinya.

Semoga melalui tulisan ini kamu semakin termotivasi dalam menggapai semua impian-impianmu.

Sukses selalu untuk kita bersama,

Salam cerdas, luar biasa!

28 Desember 2020

0 Tanggapan pada "4 Dasar Kehidupan yang Harus Seimbang"

Berikan Komentar Anda

Loading...